[HOAKS] Emil Salim Meninggal

Beredar kabar di media pesan yang menyatakan Emil Salim, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan Mantan Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup di Era Presiden Soeharto, telah meninggal dunia. Dilansir dari detik.com (4/3), Ari Kuncoro, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI), mengatakan, kabar tersebut adalah hoaks. “Ya saya dapat informasi, dan saya katakan hal tersebut hoax. Saya dapat informasi dari UI, itu hoax,” ujar Ari.

=====
Kategori: Hoaks

=====
Sumber: Whatsapp

=====
Narasi:

Aslkm wr wb

Innanilahi wa innaillahi rojiun

Selamat Jalan Papa
Bpk Emil Muhammad bin Salim bin Muhamad Djawas
Jam 02.00 dini hari
Minggu, 4 Maret 2018

=====
Penjelasan Lengkap:

Pada Minggu, 4 Maret 2018, beredar kabar melalui media pesan Whatsapp yang menyatakan Emil Salim, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, telah meninggal dunia. Pria yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup di Era Presiden Soeharto itu dikabarkan meninggal pada jam 02.00 WIB dini hari.

Menanggapi isu tersebut, dilansir dari detik.com (4/3), Ari Kuncoro, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI), mengatakan, kabar tersebut adalah hoaks. “Ya saya dapat informasi, dan saya katakan hal tersebut hoax. Saya dapat informasi dari UI, itu hoax,” ujar Ari.

Senada dengan Ari, dilansir dari kompas.com (4/3), Indra Bambang Utoyo, Kolega dekat Emil Salim sekaligus Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar, membantah kalau Emil Salim telah meninggal dunia. Ia mengatakan, Emil masih dalam keadaan sehat dan masih mampu mengikuti sejumlah acara.

Adapun, menurut Indra, pada Minggu (4/3) kemarin, Emil masih hadir di salah satu acara dengan kondisi sehat, normal seperti biasanya. “Tidak benar (kabar Emil Salim meninggal dunia). (Beliau) sehat sekali, karena beliau ikut konsep makanan sehat,” ungkap Indra.

=====
Referensi:
https://nasional.kompas.com/…/kabar-emil-salim-meninggal-du…
https://finance.detik.com/…/beredar-kabar-emil-salim-mening…