[KLARIFIKASI] Video Habib Rizieq Disambut Simpatisan Di Bandara Bukan Video Kepulangannya Ke Indonesia

Sumber: Media Daring

Ringkasan:
Beredar video di media sosial yang memperlihatkan Habib Rizieq Shihab disambut simpatisannya di bandara. Menanggapi beredarnya video tersebut, dilansir dari merdeka.com, Ketua Media Alumni 212, Habib Novel, mengatakan video itu merupakan video lama tentang kedatangan Rizieq Shihab di Medan sekitar tahun 2017. “Beliau dari Jakarta ke Medan. Kan (aksi) 212 selesai. Setelah 212 kan ada momen lagi di Medan, acara seperti itu,” ujar Novel.

Penjelasan Jelas:
Tepat pada saat isu Habib Rizieq Shihab akan pulang ke Indonesia pada Rabu, 21 Februari 2018, beredar video kepulangannya di media sosial. Dalam video itu, terlihat Rizieq Shihab disambut oleh para simpatisannya.

Menanggapi beredarnya video tersebut, dilansir dari merdeka.com, Ketua Media Alumni 212, Habib Novel mengatakan bahwa video tersebut memang mendokumentasikan Rizieq Shihab namun tidak terkait dengan isu kepulangannya ke tanah air. Video tersebut, aku Novel, merupakan video lama sebelum Rizieq Shihab bertolak ke Tanah Suci.

“Video lama itu,” ujar Novel kepada merdeka.com (21/2). Peristiwa yang terekam dalam video tersebut, menurut Novel, berlangsung sekitar tahun 2017 di salah satu bandar udara di Medan. “Beliau dari Jakarta ke Medan. Kan (aksi) 212 selesai. Setelah 212 kan ada momen lagi di Medan, acara seperti itu,” tambahnya.

Lalu, simpatisan yang ada di dalam video, aku Novel, merupakan para pengurus DPP Front Pembela Islam (FPI). “Itu kan ada Ustaz Japar itu DPP semua, pakaian hijau itu Laskar FPI, loreng FPI,” bebernya.

Berdasarkan penjelasan klarifikasi tersebut maka video yang beredar di media sosial bukanlah video kembalinya Rizieq Shihab ke tanah air. Video tersebut merupakan video dokumentasi saat Rizieq tengah tiba di salah satu bandara di Medan.

Referensi:
https://www.merdeka.com/…/beredar-video-penjemputan-rizieq-…