[KLARIFIKASI] Pemerintah Kota Surabaya Belum Menggelar Seleksi Penerimaan CPNS 2018

Sumber: Portal Media Daring

Ringkasan: Beredar isu yang menyebutkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah menggelar proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Menanggapi isu tersebut, dilansir dari Kumparan.com dan Inews.id, Kepala Badan Kepagawaian dan Diklat (BKD) Pemkot Surabaya, Mia Santi Dewi mengatakan, Pemkot Surabaya belum melaksanakan kegiatan penerimaan CPNS untuk tahun 2018.

Adapun, menurutnya, bila ada informasi CPNS Pemkot Surabaya akan mengumumkannya secara resmi sesuai dengan mekanisme dan prosedur berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Jadi, isu yang menyebutkan Pemkot Surabaya sudah menggelar atau melaksanakan proses seleksi CPNS 2018 adalah isu yang tidak benar.

Isi Lengkap Klarifikasi:

Muncul isu yang menyebutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah menggelar atau melaksanakan proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018. Isu tersebut pun mendapat tanggapan dari Kepala Badan Kepagawaian dan Diklat (BKD) Pemkot Surabaya, Mia Santi Dewi.

Perihal isu tersebut, Mia mengatakan, Pemkot Surabaya hingga saat ini belum melaksanakan kegiatan penerimaan CPNS untuk tahun 2018. Adapun, Mia menginformasikan, kebijakan terkait seleksi penerimaan CPNS merupakan kewenangan Pemerintah Pusat, di bawah kewenangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Dengan kata lain, Pemkot Surabaya tidak punya kebijakan untuk menentukan seleksi penerimaan CPNS.

Bilapun ada penerimaan CPNS, Mia memastikan, informasinya akan diumumkan oleh Pemkot Surabaya. “Tentu kalau ada penerimaan CPNS itu akan diumumkan sesuai dengan mekanisme dan prosedur berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Mia kepada Kumparan.com (18/2).

Oleh karena itu, Mia mengimbau, masyarakat harus lebih berhati-hati dan waspada menanggapi isu pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS yang beredar. Menurutnya, rumor atau isu semacam itu akan lebih mudah dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. “Bagi masyarakat yang mengetahui terjadinya tindak penipuan atau perbuatan melawan hukum lainnya terkait masalah ini, maka dimohon segera melapor ke pihak yang berwajib,” kata Mia yang dilansir dari Inews.id (19/2).

Mia memastikan, Pemkot Surabaya tidak akan bertanggungjawab jika ada kerugian yang disebabkan isu tersebut. Adapun, Mia menambahkan, bila benar-benar diselenggarakan, seleksi penerimaan CPNS akan dilakukan secara cuma-Cuma atau gratis. “Kami pun tidak pernah pungut biaya dalam kegiatan tersebut,” tandasnya.

Referensi:
https://kumparan.com/…/beredar-hoaks-penerimaan-cpns-warga-…
http://www.inews.id/…/pemkot-surabaya-imbau-warga-waspadai-…
https://www.lensaindonesia.com/…/beredar-info-pendaftaran-c…