[HOAKS] Ustaz di Cimahi Menghilang Pasca Salat Subuh

Sumber: Media Sosial
https://twitter.com/Habibi212HRS/status/960877290753220608
https://www.facebook.com/Nazwa.fatma…/posts/1465267986933496
https://www.facebook.com/profile.php…

Narasi:
Ada tiga narasi, yakni narasi dari cuitan akun Twitter @Habibi212HRS, akun Facebook atas nama Nazwa Fatmawati, dan akun Facebook atas nama Ade Ardabilly.

Narasi 1:
Telah hilang seorang Ustadz di Daerah Cimuncang Cimahi Selatan, yg bernama (Ustadz Nanang) sdh 3 hari hilang, modusnya ada orang yg jemput ssdh Sholat shubuh utk Mengaji sampai sekarang blm pulang dan hp nya pun tdk bisa di hubungi.

Sumber : Haji Ijaji Majelis Arrohah Cimahi

Narasi 2:
Assalamu’alaykum

telah hilang seorang Ustadz di Daerah Cimuncang Cimahi Selatan, yang bernama (Ustadz jajang) udah tiga hari menghilang, modusnya ada orang yang menjemput sesudah Sholat shubuh untuk Mengaji sampai sekarang belum pulang dan hp nya pun tidak bisa di hubungi

Sumber Shoheh : Haji Ijaji Majelis Arrohah Cimahi

Narasi 3:
Copas dn sebarkan ..
Ustad Hilang.

LAGI KABAR USTAD HILANG ,BLOM ADA KABAR SETELAH DI JEMPUT ORANG TAK KENAL HABIS SHUBUH

telah hilang seorang Ustadz di Daerah Cimuncang Cimahi Selatan, yang bernama (Ustadz Nanang) udah tiga hari menghilang, modusnya ada orang yang menjemput sesudah Sholat shubuh untuk Mengaji sampai sekarang belum pulang dan hp nya pun tidak bisa di hubungi…

Sumber Shoheh : Haji Ijaji Majelis Arrohah Cimahi

Semoga Allah selalalu melindungi beliau di manapun saat ini ,,dan menyelematkan beliau dari kejahatan orang yg tak bertanggung jawab apa,lagi PKI . AAMIIN

Info copas valid.
—————–

Smg beliau sllu ad dlm keadaan sehat wal afiah dlm lindungan Allah dan kembali dgn selamat .. Amiin ya Allah.

Penjelasan:
Kabar mengenai seorang ustaz menghilang di daerah Cimuncang, Cimahi pertama kali dihembuskan oleh akun Twitter @Habibi212HRS. Dalam cuitannya, akun tersebut mengklaim ada seorang ustaz bernama Ustaz Nanang menghilang sudah tiga hari selepas menunaikan salat subuh.

Dalam klaim tersebut, disebutkan sumber informasinya berasal dari Haji Ijaji Majelis Arrohah Cimahi. Cuitan @Habibi212HRS itu tercatat muncul pada tanggal 6 Februari 2018 Jam 06.06.

Setelah muncul cuitan akun @Habibi212HRS, di Facebook, akun atas nama Nazwa Fatmawati membuat status dengan klaim serupa pada tanggal 6 Februari 2018 Jam 08.55. Nazwa mengklaim, ada seorang ustaz menghilang di Cimahi.

Secara isi statusnya, sangat mirip dengan cuitan akun @Habibi212HRS, mulai dari tempat kejadian, kronologis menghilangnya (pasca menunaikan salat subuh), hingga sumber informasnya (dari Haji Ijaji Majelis Arrohah Cimahi). Hanya saja, terdapat perbedaan pada nama ustaz yang menghilang. Bila pada cuitan @Habibi212HRS disebutkan namanya Ustaz Nanang, maka pada status Nazwa disebutkan namanya Ustaz Jajang.

Setelah kemunculan status Nazwa, akun Facebook atas nama Ade Ardabilly menuliskan status yang serupa. Dalam statusnya, akun Ade mengklaim ada seorang ustaz menghilang di Cimahi. Secara isi narasi, status Ade ini tidak jauh berbeda. Hanya saja, akun Ade tersebut mengklaim menghilangnya ustaz tersebut setelah dijemput oleh orang yang tidak dikenal selepas salat subuh.

Selain itu, akun Ade menuding hilangnya ustaz tersebut lantaran diculik oleh PKI. Adapun, akun Ade mengklaim nama ustaz yang menghilang adalah Ustaz Nanang dan sumber informasinya adalah Haji Ijaji Majelis Arrohah Cimahi. Pada statusnya, akun Ade Ardabilly menyertakan tangkapan layar dari cuitan akun @Habibi212HRS. Status akun Ade tersebut muncul pada tanggal 6 Februari 2018 Jam 22.45.

Bila melihat dari kronologis kemunculan isu hilangnya ustaz di Cimahi itu ada beberapa kejanggalan, yakni:
1. Nama ustaz yang menghilang berbeda antara klaim akun @Habibi212HRS dan akun Facebook Ade Ardabilly dengan klaim akun Nazwa Fatmawati. @Habibi212HRS dan akun Facebook Ade Ardabilly mengklaim namanya Ustaz Nanang sedangkan akun Nazwa Fatmawati mengatakan namanya Ustaz Jajang.
2. Sumber ketiganya sama, yakni Haji Ijaji Majelis Arrohah Cimahi, namun isi informasinya ada perbedaaan, khususnya pada nama ustaznya.
3. Pada status yang muncul terakhir, yakni pada akun Ade Ardabilly, isu tersebut dikaitkan dengan PKI. Sedangkan, pada dua akun lainnya tidak.

Berdasarkan kejanggalan tersebut, dilakukan penelusuran yang akhirnya ditemukan pemberitaan bahwa isu tersebut tidak benar. Dilansir dari Tribunnews, Kapolsek Cimahi Selatan, AKP Sutarman sudah melakukan pengecekan dan ternyata tidak ditemukan ustaz yang menghilang dan tidak ada pelaporan orang yang hilang di Polsek Cimahi. Berikut kutipan beritanya:

[…]Info yang beredar telah hilangnya seorang Ustaz, bernama Ustaz Nanang, di daerah Cimuncang Cimahi Selatan, Kota Cimahi adalah hoaks.

Pada info tersebut tertulis sudah tiga hari ustaz Nanang hilang, modusnya ada orang yang menjemput sesudah sholat subuh untuk mengaji.

Namun sampai sekarang ustaz Nanang tak kunjung pulang dan ponselnya pun tidak bisa dihuhungi.

Kapolsek Cimahi Selatan, AKP Sutarman mengatakan ketika dilakukan pengecekan ke tempat kejadian perkara (TKP) melalui RT RW setempat tidak ada yang namanya Ustaz Nanang di wilayah tersebut.

“Melalui DKM juga sudah dicek tapi tidak ada ustaz yang namanya tersebut,” ujar AKP Sutarman melalui pesan Whatsapp, Selasa (6/2/2018).

Selain itu, kata Sutarman hingga saat ini tidak ada laporan ke Polsek Cimahi Selatan dari pihak keluarga terkait hilangnya ustaz Nanang tersebut.

Jadi, info hilangnya seorang ustaz yang beredar dari sumber Haji Ijaji Majelis Arrohah Cimahi itu sudah dipastikan tidak benar.[…]

Berdasarkan penjelasan dan kutipan berita tersebut, isu seorang ustaz di Cimahi menghilang adalah tidak benar. Ketidakbenaran isu tersebut sudah dapat terlihat dari tidak konsistennya isi klaim. Dengan demikian, isu ustaz menghilang di Cimahi adalah hoax.

Referensi:
http://jabar.tribunnews.com/…/awas-hoaks-info-menghilangnya…