[HOAX] “Mayat Menangis dalam Kubur”

“detikcom meminta konfirmasi kabar tersebut kepada Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan AKBP Mochamad Rifai . Dia mengatakan video dan broadcast itu beredar sejak tahun lalu. Kabar itu juga dipastikan berita bohong (hoax). “Video yang sama pernah beredar setahun lalu dan hoax. Tidak ada kejadian tersebut di wilayah Kalsel,” kata Rifai dalam pesan kepada detikcom, Jumat (26/1/2018).”

 

SUMBER
(1) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.
(2) https://goo.gl/LpaU18, sudah dibagikan 63.761 kali ketika tangkapan layar dibagikan.
(3) https://goo.gl/deL6A7, akun-akun yang membagikan post tersebut.

NARASI
“Di km 7 Banjarmasin. Kalsel… seseorang yg telah meninggal dan sudah dimakamkan selama 4 hari menangis didalam kubur. Warga sekitar yg mendengar tangisan itupun penasaran. Dan ahirnya memberitahukan kepada pihak keluarga. Kemudian makam itu dibongkar lagi. Kejadian luar biasa terjadi. Ternyata orang itu hidup kembali…!!! Allah menunjukkan kekuasaan-Nya bahwa tidak ada yg tidak mungkin apa bila allah sudah berkehendak. Subhanallah. Subhanallah. Subhanallah… silakan saksikan sendiri tanpa rekayasa…!!!
Setelah dia normal kesehatannya,dia menangis tuk memohon kpd seluruh umat terutama saudara saudaranya,agar jgn melalaikan sholat ,banyak mengingat Allah,banyak berbuat amal kebaikan karena waktu dikubur benar benar sudah dipertanggung jawabkan,(kalian jgn menyesal kelak,kalian jgn sampai menyesal kelak)itu ucapan dia berulang ulang.Subhanallah.”.

PENJELASAN
“detikcom meminta konfirmasi kabar tersebut kepada Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan AKBP Mochamad Rifai . Dia mengatakan video dan broadcast itu beredar sejak tahun lalu. Kabar itu juga dipastikan berita bohong (hoax). “Video yang sama pernah beredar setahun lalu dan hoax. Tidak ada kejadian tersebut di wilayah Kalsel,” kata Rifai dalam pesan kepada detikcom, Jumat (26/1/2018).”.

REFERENSI
https://goo.gl/bUzAue, “Jumat 26 Januari 2018, 10:44 WIB
Heboh Kabar Mayat Menangis dalam Kubur di Kalsel, Ini Faktanya
Niken Purnamasari – detikNews
Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta – Beredar sebuah video di media sosial yang membuat geger masyarakat. Dalam pesan berantai (broadcast) yang menyertai video itu, disebut ada mayat di dalam kubur yang terdengar menangis. Seperti apa faktanya?
Dalam broadcast yang beredar, lokasi kejadian yang membuat geger dikatakan berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jasad seseorang itu sudah dikubur selama empat hari.
“Seseorang yang telah meninggal dan sudah dimakamkan selama 4 hari menangis di dalam kubur. Warga sekitar yang mendengar tangisan itu pun penasaran. Dan akhirnya memberitahukan kepada pihak keluarga. Kemudian makam itu dibongkar lagi. Kejadian luar biasa terjadi. Ternyata orang itu hidup kembali…!!! Allah menunjukkan kekuasaan-Nya bahwa tidak ada yang tidak mungkin apa bila Allah sudah berkehendak. Subhanallah. Subhanallah. Subhanallah…” demikian penggalan isi broadcast yang beredar.
Di video, terlihat sejumlah orang yang menggali kubur dan mengangkat jenazah yang telah dikubur itu. Mereka kemudian membuka kain kafan.
“Dokter, ada dokter? Ada keluarganya? Dibawa ke rumah sakit langsung,” teriak beberapa orang di dekat kubur itu.
Kemudian, setelah kain kafan jenazah tersebut dibuka, banyak orang yang meneriakkan takbir.
detikcom meminta konfirmasi kabar tersebut kepada Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan AKBP Mochamad Rifai . Dia mengatakan video dan broadcast itu beredar sejak tahun lalu. Kabar itu juga dipastikan berita bohong (hoax).
“Video yang sama pernah beredar setahun lalu dan hoax. Tidak ada kejadian tersebut di wilayah Kalsel,” kata Rifai dalam pesan kepada detikcom, Jumat (26/1/2018).
(nkn/tor)”.

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/590761601256379/