[HOAX] BAHAYA MEMBERI UCAPAN SELAMAT DENGAN .GIF DI WHATSAPP

SUMBER : WHATSAPP

NARASI : “Info sangat penting”

Tolong jangan kirim Good Morning Wishes. Silahkan baca catatan ini ….
Berita Shanghai hari ini mengirim SOS – peringatan ke 3x nya bahwa para ahli menyarankan dan merekomendasikan: Jangan kirimkan ucapan Selamat pagi, Selamat malam, atau salam festival berupa gambar, film.

*Banyak orang melaporkan bahwa para hacker merancang gambar, film tsb
dg sempurna untuk menyembunyikan phishing/pembobolan; Ketika semua orang memakai dan mengirimkannya, mereka dirancang utk mencuri data informasi pribadi *.

Jika Anda ingin saling menyapa, ketik kata2 sendiri untuk melindungi diri sendiri, sekaligus melindungi teman! (Tinjauan 57 Eastern Financial melaporkan berturut-turut 5 set korban yang diundang, menggambarkan proses penipuan pada pukul 11:00 pagi), korban sekitar 200.000 orang !!! (Sangat penting).

Ingatlah: pastikan menghapus semua desain awal dan akhir nan indah, semua ucapan selamat, film salam tahun baru (Benar-benar wajib dilakukan meskipun enggan/sayang) untuk keamanan diri dan teman untuk menghindari hacker phishing.

Takutnya data pribadi dan milik pribadi kita akan dicuri. Kehilangan, kerugian dan kerusakan lebih banyak daripada keuntungan. Jadi, mulai sekarang, semua selamat pagi, siang, malam dan ucapan tahun baru, atau gambar, film – tolong hapus semuanya.

Menyapa satu sama lain harus dengan mengetikkan kata-kata sendiri atau menggunakan gambar yang benar-benar dibuat sendiri, film, video benar-benar bikinan sendiri. Ciptaan sendiri benar-benar aman. Peringatan diatas untuk kebaikan anda.

MEMINTA ANDA UTK TIDAK MENGIRIM PESAN SELAMAT PAGI, SELAMAT MALAM, GAMBAR2 GIFT KRN MEREKA Mengandung PROGRAM EMBEDDED UNTUK MENYATAKAN DETAIL DATA BANK DAN KARTU KREDIT ANDA, DETAIL KONTAK, DLL ..
SEKARANG JUGA JANGAN TUNGGU NANTI: HAPUS SEMUA UCAPAN2 SELAMAT TSB!!!

PENJELASAN : Mempunyai group di dalam sebuah aplikasi bernama whatsapp memang sudah menjadi hal yang lumrah. Dengan anggota yang beragam dan latar belakang yang berbeda, tentu membuat grup whatsapp menjadi sebuah grup yang amat sangat dinamis.

Dengan memiliki sebuah grup whatsapp, para anggota yang tergabung bisa berbagi informasi mengenai banyak hal. Namun tak jarang, grup whatsapp justru menjadi sasaran empuk bagi para penyebar hoax di Indonesia. Dalam grup whatsapp, hoax yang dibuat oleh oknum tak bertanggung jawab justru dengan cepat sampai ditelinga masyarakat.

Terbaru, muncul pesan berantai yang menghimbau agar para pengguna whatsapp tidak mengirim ucapan menggunakan gambar .gif. Karena apabila tetap digunakan, data-data pribadi pengguna didalam ponsel secara otomatis akan dapat diretas oleh hacker. Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, melansir dari detik.com diketahui bahwa informasi atau pesan berantai tersebut adalah palsu alias HOAX.

Jangankan bagi penerima awam, penulis yang berkecimpung di dunia malware pun perlu berfikir ulang dan harus menggali lebih dalam apakah benar jika gambar .gif dapat mencuri data penting, bahkan persis dengan apa yang dilakukan oleh internet banking malware atau seperti celah keamanan yang dikandung oleh Meltdown dan Spectre yang sedang naik daun.

Yang mampu melakukan pencurian data adalah program komputer yang memiliki kemampuan eksekusi perintah (.exe, .pif, .com) seperti Adobe Flash, Microsoft Office atau Java Script. Namun dalam prakteknya, data bisa saja digunakan untuk memicu atau mengeksploitasi celah keamanan pada program komputer tertentu yang kemudian melakukan pencurian data. Dalam banyak kasus yang terjadi adalah tampilnya gambar atau dokumen tertentu yang mengakibatkan eksploitasi celah keamanan sehingga mengakibatkan aktifnya suatu program pencuri data.

KESIMPULAN :

1. Ucapan selamat dalam bentuk multimedia atau .gif secara teknis tidak mungkin bisa mengeksekusi malware atau pencurian data. Walaupun memerlukan kemampuan teknis yang sangat tinggi, secara teknis gambar .gif, .jpg atau video bisa saja digunakan untuk mengeksploitasi program lain yang melakukan pencurian data. Namun hal ini belum pernah terjadi dalam ucapan .gif yang dikirimkan melalui WA sampai saat artikel ini dibuat sehingga broadcast ancaman .gif ucapan selamat dapat dikategorikan hoax.

2. Ucapan selamat pagi dan ucapan sejenisnya yang rutin dikirimkan mungkin dirasakan bermanfaat bagi sebagian orang. Namun Anda perlu memperhatikan juga bahwa tidak semua orang memiliki akses bandwidth seperti Anda dan banyak teman group yang terkadang mengalami keterbatasan bandwidth namun tetap ingin bergabung dengan group. Jangan menyusahkan teman dengan mengirimkan ucapan multimedia setiap hari yang pada prinsipnya akan menghabiskan bandwidth anggota grup.

3. Untuk ucapan dukacita atau ulang tahun, ada baiknya langsung dikirimkan kepada yang bersangkutan dan hindari mengirimkan ucapan selamat dan belasungkawa ke dalam grup. Tunjukkan simpati Anda dengan lebih unik dan berkualitas. Kalau memang Anda peduli, mengapa tidak menghubungi secara personal melalui telepon untuk menunjukkan Anda peduli.

4. Jika tidak memiliki waktu atau tertarik menggunakan situs layanan ucapan, hindari situs layanan ucapan yang menumpang dan menampilkan iklan atau konten lain dalam ucapan selamat, sekalipun tidak berbahaya. Pasalnya, kontrol konten tidak berada di tangan Anda dan bisa diubah sewaktu-waktu.

5. Jika memungkinkan, buat ucapan sendiri dan hindari menggunakan situs pihak ketiga. Ucapan dalam bentuk teks dan kalimat yang menyentuh lebih baik daripada ucapan kopas atau menggunakan situs ucapan yang berpotensi bahaya.

REFERENSI :

https://inet.detik.com/…/hoax-ancaman-ucapan-selamat-gif-di…

LINK FAFHH : https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/586771061655433/