[KLARIFIKASI]: Beredar Tarif Tol Bakauheni Lampung

(KLARIFIKASI) : Beredar Tarif Tol Bakauheni Lampung

(SUMBER) : Media sosial

(PENJELASAN) :

Beberapa waktu lalu, beredar di media sosial tarif yang diberlakukan untuk tol Bakauheni Lampung. Namun menurut otoritas yang berwenang, Pengendara yang melintas ruas tol simpang susun Bakauheni dan SS Lematang Kota Baru, masih gratis hingga batas waktu yang belum ditentukan. Pengelola JTTS mengatakan beredarnya tarif tol di sejumlah media sosial adalah hoax.

Penegasan itu disampaikan Kepala Cabang Ruas Tol Bakauheni, Lampung Selatan-Terbangi Besar, Hanung Hanin Dito, Kamis (25/2/2018).

“Pengguna jalan bisa melalui jalan tol tanpa dipungut bayaran. Mengenai sampai kapan digratiskan, kami masih menunggu keputusan pemerintah. Mengenai besaran tarif itu, yang menentukan mungkin bukan kami, itu dari Kementerian PUPR,” kata Hanung.

Lebih lanjut Hanung mengatakan, begitu nanti, dari Kementerian menurunkan tarif, pihaknya akan diberitahukan, dan pemberitahuan itu akan di sosialisasi kepada masyarakat.

Sebelum ditetapkan di jalan tol. Dan pihaknya juga bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI), dan BI sudah menunjuk 5 Bank BUMN, seperti BRI, BNI 46, MANDIRI, BCA DAN BTN, untuk penjualan kartu tol.

“Yang kami lakukan adalah sekarang ini, satu, sosialisasi bawah jalan tol ini menggunakan non tunai, menggunakan uang elektronik, kami sudah bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI), yang juga dengan perbankan yang ada di Lampung. Ini, untuk memberitahukan mengedukasi masyarakat, bahwa jalan tol ini sudah menggunakan uang elektronik, seperti itu. Kemudian, selain itu juga kami sudah mensosialisasikan melalui RRI, memberitahukan kepada masyarakat, bahwa jalan tol ini akan dibuka, dan dengan menggunakan namanya uang elektronik. Hingga sampai saat ini, kami masih melakukan sosialisasi seperti itu,” katanya.

Hanung menjelaskan, bahwa berita yang sudah beredar tekait tarif tol yang ada di Lampung semua itu hoax.

“Kami kaget dengan berita yang ada di media sosial (Medsos), kok sudah beredar tarif tol yang ada di Lampung, sedangkan kami saja belum tahu, dan masih menunggu tarif tol yang akan ditentukan oleh pemerintah. Kami pastikan, tarif tol yang beredar saat ini semua itu HOAX,” tutupnya.

Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Minggu (21/1/2018), ruas tol yang dioperasikan sepanjang 8,9 Km dan ruas tol SS Lematang Kota Baru sepanjang 5,6 Km.

Gunsan Ferdi, warga Bandar Lampung yang mencoba jalan tol ini mengatakan walau gratis, pengendara tetap harus membawa kartu E-Toll. “Kalau ngak bawa, nanti ngak bisa keluar,” kata Gunsan.

 

(REFERENSI) :

http://suarapedia.com/id-5259-post-tarif-tol-lampung-yang-beredar-di-medsos-hoax.html

https://lampungpro.com/post/9916/tarif-beredar-hoax-tol-bakauheni-kota-baru-lampung-masih-gratis