[KLARIFIKASI] Astronot Asal Jepang Bertambah Tinggi 9 cm di Luar Angkasa

Seorang astronot asal Jepang, Norishige Kanai, mengklaim bahwa tubuhnya bertambah sepanjang 9 sentimeter (cm) setelah melakukan sebuah misi ke ruang angkasa.

Kanai yang berusia 41 tahun dan pergi ke luar angkasa pada Desember 2017 untuk misi yang dilakukan hampir enam bulan, sebelumnya mengunggah sebuah postingan di Twitter pada bahwa dia memiliki “pengumuman besar.”

“Tinggi badan saya diukur di luar angkasa dan entah bagaimana, entah bagaimana, saya telah tumbuh 9 cm! Hanya dalam tiga minggu saya benar-benar meninggi, sesuatu yang belum pernah saya temui sejak SMA. Ini membuat saya sedikit khawatir bahwa saya mungkin tidak bisa masuk kursi Soyuz untuk kepulangan kami,” ungkapnya.

Namun kemudian, sekitar sehari kemudian dan setelah beritanya menyebar luas Kanai menyampaikan permintaan maaf.

Dia menyatakan bahwa dirinya telah mengukur kembali tingginya setelah kaptennya mempertanyakan soal pertambahan tingginya, dan ternyata diketahui bahwa dia hanya lebih tinggi 2 cm dibandingkan tinggi badannya sewaktu di Bumi.

“Salah pengukuran ini tampaknya menjadi masalah besar, jadi saya harus meminta maaf atas berita palsu yang mengerikan ini. Sepertinya saya bisa muat di Soyuz, jadi saya lega,” kata Kanai melalui akun Twitter pribadinya tanpa menjelaskan bagaimana kesalahan perhitungan dapat terjadi.

Selama di luar angkasa, tubuh para astronaut pada umumnya bertambah tinggi antara dua hingga lima sentimeter. fenomena itu terjadi karena ketiadaan gravitasi yang menyebabkan tulang punggung memanjang.

Pertumbuhan tubuh tersebut biasanya maksimal hanya beberapa sentimeter dan mereka kembali ke tinggi badan semula ketika kembali ke bumi.

Misi tke luar ankasa ini merupakan misi antariksa pertama bagi astronot Jepang yang sebelumnya adalah seorang petugas medis selam dengan Angkatan Bela Diri Maritim Jepang.

Pesawat ruang angkasa Soyuz yang membawa astronot dari dan ke Bumi memang memiliki batas ketinggian tempat duduk. Jika anggota kru menjadi terlalu tinggi, bisa menimbulkan masalah.

 

REFERENSI:

https://news.detik.com/internasional/3807647/usai-mengaku-bertambah-tinggi-9-cm-astronot-jepang-minta-maaf

https://news.okezone.com/read/2018/01/10/18/1843046/astronot-jepang-minta-maaf-karena-sebar-hoax-tingginya-bertambah-9-cm

http://www.bbc.com/indonesia/dunia-42631349

http://health.liputan6.com/read/3222995/benarkah-luar-angkasa-bikin-astronot-bertambah-tinggi