[HOAX] “Fetus Soup Eaten by Asians?” | “Sop Bayi Dimakan Oleh Orang-orang Asia?”

An old hoax which already debunked in 2001: “The man in the photographs is Chinese performance artist Zhu Yu, who staged a conceptual shock piece called “Eating People” at a Shanghai arts festival in 2000.

More @ EXPLANATION and REFERENCE section.

Hoax lama yang sudah terbongkar pada tahun 2001: “Laki-laki di foto tersebut adalah artis Cina yang bernama Zhu Yu, yang membuat pertunjukan menggemparkan dengan judul “Memakan Orang” di festival seni Shanghai di tahun 2000. 

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

SOURCE
(1) Question asked by one of AHSSF member (Anti Hoax Slander Sedition Forum, this forum).
(2) https://goo.gl/cpzqNP, already shared 12.606 times when screen shot was made.
(3) https://goo.gl/socQku < tap or click to see other accounts who also share (public posts).

NARRATION
(1) “Whats happening to the world? ???
Sad to say this is legal in China ??CTTO”.
(2) Other narration variations.

EXPLANATION
An old hoax which already debunked in 2001: “The man in the photographs is Chinese performance artist Zhu Yu, who staged a conceptual shock piece called “Eating People” at a Shanghai arts festival in 2000. Maintaining that “No religion forbids cannibalism, nor can I find any law which prevents us from eating people,” Zhu Yu acted out a performance in which he appeared to eat a stillborn or aborted child (likely constructed by placing a doll’s head on a duck’s carcass) and said that he “took advantage of the space between morality and the law and based my work on it.””

REFERENCE
https://goo.gl/KbkyQ7, Snopes.com: “Fetus Soup Eaten by Asians?
Rumor: Photograph shows a man eating a dead baby served at an Asian restaurant.
CLAIM: Photograph shows a man eating a dead baby served at an Asian restaurant.
FALSE
EXAMPLE: [Collected via e-mail, 2001]
Oh !! Oh !! How cruel can humans be???
Please finish your meal before open the files….
What u are going to witness here is a fact, don’t get scared !” It’s Taiwan’s hottest food…” In Taiwan, dead babies or fetuses could be bought at $50 to $70 from hospitals to meet the high demand for grilled and barbecued babies …
What a sad state of affairs!!
Please forward this msg to as many people as u can so it can be seen by the world and someone takes action on the same
ORIGINS: One of the downsides of a burgeoning Internet is it fosters the delirious spread of misinformation as revealed fact in the blink of an eye. That was the case in 2001 when widely-circulated photos which showed a large Asian man eating what appeared to be a cooked baby served at a restaurant were taken by many at face value. The pictures were later teamed with the
breathless news that roast fetus was now the hottest dining craze in Taiwan, with outraged e-mails offering the offensive pictures as proof the recipient could view for himself.
The truth proved far less horrifying than the rumor. The photographs shown above were taken seriously by a number of law enforcement agencies who viewed them, and both Scotland Yard and the FBI investigated this matter, trying to determine when and where the pictures were taken and the identities of those appearing in them.
The origins of the images were quickly uncovered: The man in the photographs is Chinese performance artist Zhu Yu, who staged a conceptual shock piece called “Eating People” at a Shanghai arts festival in 2000. Maintaining that “No religion forbids cannibalism, nor can I find any law which prevents us from eating people,” Zhu Yu acted out a performance in which he appeared to eat a stillborn or aborted child (likely constructed by placing a doll’s head on a duck’s carcass) and said that he “took advantage of the space between morality and the law and based my work on it.”
The controversial photographs have since been part of a number of art exhibits and caused another stir in 2003 when they were aired on television in the UK as part of the Beijing Swings documentary:
Channel Four has screened a controversial television programme which showed photographs of a man eating a baby. The photographs had been doing the rounds on the internet for some time. but it was the first time they had been aired on terrestrial television in the UK.
Beijing Swings showed colour pictures of Chinese artist Zhu Yu washing a dead stillborn baby in a sink and putting its dismembered parts in his mouth.
Yu, 32, said he had no need to defend himself because “an artist does not give answers”. But he conceded he was right “to be scolded” adding that it was his “responsibility” to spark debate about art and morality. He calls the piece “Eating People”.
Barbara “cry wolf” Mikkelson
LAST UPDATED: 14 May 2015″.

Previously discussed at https://goo.gl/XZxMQz.

This debunk is also posted in English since the hoax and those who also share it is from outside Indonesia.

Source: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/580174812315058/

======

[HOAX] “Sop Bayi Dimakan Oleh Orang-orang Asia?”

SUMBER
(1) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.
(2) https://goo.gl/cpzqNP, sudah dibagikan 12.606 kali ketika tangkapan layar dibuat.
(3) https://goo.gl/socQku < tap atau klik untuk melihat akun-akun lain yang membagikan (public posts).

NARASI
(1) “Whats happening to the world? ???
Sad to say this is legal in China ??CTTO”.
(2) Variasi narasi lainnya.

PENJELASAN
Hoax lama yang sudah terbongkar pada tahun 2001: “Laki-laki di foto tersebut adalah artis Cina yang bernama Zhu Yu, yang membuat pertunjukan menggemparkan dengan judul “Memakan Orang” di festival seni Shanghai di tahun 2000. Berpendapat bahwa “Tidak ada agama yang melarang kanibalisme, dan saya tidak menemukan hukum yang melarang kita memakan orang,” Zhu Yu mempertontonkan yang memperlihatkan dia memakan seorang bayi yang lahir meninggal atau diaborsi (kemungkinan dibuat dengan cara memasang kepala boneka ke badan seekor bebek) dan mengatakan bahwa dia “mengambil keuntungan dari ruang antara moral dan hukum dan mendasarkan karya saya ke hal itu.”

REFERENSI
https://goo.gl/KbkyQ7, Snopes.com: “Sop Bayi Dimakan Oleh Orang-orang Asia?
Isu: Foto memperlihatkan seorang laki-laki memakan bayi yang sudah meninggal yang disajikan di sebuat restoran Asia.
Klaim: Foto memperlihatkan seorang laki-laki memakan bayi yang sudah meninggal yang disajikan di sebuat restoran Asia.
SALAH
CONTOH: [Didapatkan melalui surat elektronik, tahun 2001]
Oh !! Oh !! Betapa kejamnya manusia!
Tolong selesaikan makan anda sebelum membuka file.
Yang akan anda saksikan adalah sebuah fakta, jangan takut! “Makanan Taiwan yang sedang tren…” Di Taiwan, bayi yang sudah meninggal atau janin dapat dibeli seharga 50 Dolar atau 70 Dolar dari rumah sakit untuk memenuhi permintaan tinggi dari bayi panggang …
Keadaan yang menyedihkan!!
Tolong kirimkan pesan ini ke orang sebanyak mungkin agar dapat dilihat dunia dan seseorang mengambil tindakan
ASAL: Salah satu efek dari berkembangnya Internet adalah menumbuhkan penyebaran informasi salah sebagai fakta dalam sekejap mata. Itulah yang terjadi pada 2001 ketika foto yang menyebar luas yang menampilkan laki-laki berbadan besar dari Asia memakan yang terlihat seperti bayi yang sudah dimasak yang disajikan di sebuah restoran yang ditanggapi secara apa adanya. Foto-foto yang belakangan dipadukan dengan berita mengagetkan bahwa bayi panggang adalah makanan yang sedang tren di Taiwan, dengan surat elektronik yang mengirimkan gambar-gambar menjijikkan sebagai bukti yang bisa dilihat sendiri oleh penerimanya.
Kebenarannya terbukti jauh tidak menakutkan dari isunya. Foto-foto diatas direspon serius oleh beberapa badan penegak hukum yang melihatnya, dan Scotland Yard dan FBI menyelidiki persoalan ini, mencoba menentukan kapan dan dimana foto-foto tersebut dibuat dan identitas dari mereka yang muncul di dalamnya.
Asal dari foto-foto tersebut segera diketahui: Laki-laki di foto tersebut adalah artis Cina yang bernama Zhu Yu, yang membuat pertunjukan mengejutkan dengan judul “Memakan Orang” di festival seni Shanghai di tahun 2000. Berpendapat bahwa “Tidak ada agama yang melarang kanibalisme, dan saya tidak menemukan hukum yang melarang kita memakan orang,” Zhu Yu mempertontonkan yang memperlihatkan dia memakan seorang bayi yang lahir meninggal atau diaborsi (kemungkinan dibuat dengan cara memasang kepala boneka ke badan seekor bebek) dan mengatakan bahwa dia “mengambil keuntungan dari ruang antara moral dan hukum dan mendasarkan karya saya ke hal itu.”
Foto-foto kontroversial tersebut setelah itu menjadi bagian dari beberapa pameran seni dan menimbulkan kegemparan di 2003 ketika ditayangkan di televisi di Inggris sebagai bagian dari dokumenter Beijing Swings: Channel Empat sudah menyaring sebuah program televisi kontroversial yang menampilkan foto-foto seorang laki-laki memakan seorang bayi. Foto-foto tersebut sudah bersirkulasi di Internet selama beberapa lama. tetapi itulah pertama kali ditayangkan di televisi di Inggris.
Beijing Swings menampilkan foto-foto berwarna dari seniman Cina Zhyu Yu mencuci seorang bayi yang dilahirkan meninggal di wastafel dan memasukkan bagian-bagian tubuh yang sudah terpotong ke dalam mulutnya.
Yu, 32 tahun, mengatakan dia tidak perlu membela diri karena “seorang seniman tidak perlu memberikan jawaban”. Tetapi dia mengakui sudah betul “dimarahi” dan menambahkan bahwa adalah “tanggungjawab” dia yang menyebabkan perdebatan tentang seni dan moral. Dia menyebut karya seninya “Memakan Orang”.
Barbara “cry wolf” Mikkelson
TERAKHIR KALI DIPERBARUI: 14 May 2015″.

Sebelumnya didiskusikan di https://goo.gl/XZxMQz.

Bongkaran hoax ini juga dipublikasikan dalam bahasa Inggris karena hoax dan yang membagikan adalah dari luar Indonesia.

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/580174812315058/