[DISINFORMASI] “Gereja Indonesia di Bandung Mendukung Zionis Yahudi”

“(1) Klarifikasi dari yang beraktivitas di lokasi, Monique Rijkers, bahwa tidak pernah ada pernyataan dukungan dari gereja yang disebutkan di narasi ke Israel. Foto diambil setelah selesai acara diskusi yang diadakan oleh Jaringan Kerjasama Antar Umat Beragama di Bandung pada 19 Desember lalu. Kegiatan tersebut adalah kegiatan pribadi, bukan kegiatan atas nama gereja, tidak berafiliasi dengan gereja, organisasi, atau lembaga pemerintahan manapun, mewakili diri dan visi pribadi (selengkapnya di poin (1) bagian REFERENSI).
(2) Mengenai video yang digunakan, salah satu sumbernya adalah dari https://on.rt.com/8viy dengan judul “Santa costume-clad Palestinian protesters clash with Israeli forces in Bethlehem (VIDEO)” (Demonstran Palestina menggunakan kostum Santa bentrok dengan pasukan Israel di Betlehem (VIDEO).”

 

SUMBER
https://goo.gl/72S3xe, sudah dibagikan 11.768 kali ketika tangkapan layar dibuat.

NARASI
“Gereja indonesia di bandung mendukung zionis yahudi..
Sementara nasrani di palestina dihajar oleh tentara israil yahudi dalam perayaan natal..
#MIRIS???”.

PENJELASAN
(1) Klarifikasi dari yang beraktivitas di lokasi, Monique Rijkers, bahwa tidak pernah ada pernyataan dukungan dari gereja yang disebutkan di narasi ke Israel. Foto diambil setelah selesai acara diskusi yang diadakan oleh Jaringan Kerjasama Antar Umat Beragama di Bandung pada 19 Desember lalu. Kegiatan tersebut adalah kegiatan pribadi, bukan kegiatan atas nama gereja, tidak berafiliasi dengan gereja, organisasi, atau lembaga pemerintahan manapun, mewakili diri dan visi pribadi (selengkapnya di poin (1) bagian REFERENSI).
(2) Mengenai video yang digunakan, salah satu sumbernya adalah dari https://on.rt.com/8viy dengan judul “Santa costume-clad Palestinian protesters clash with Israeli forces in Bethlehem (VIDEO)” (Demonstran Palestina menggunakan kostum Santa bentrok dengan pasukan Israel di Betlehem (VIDEO).

REFERENSI
(1) https://goo.gl/RrMHbt, “Hoax Tentang Hadassah of Indonesia
Ngga ada habisnya berita ngawur menerpa saya.
Kali ini teman saya menginfokan foto saya dipakai untuk membuat isu: Dukungan Gereja Untuk Israel dan diposting di grup bernama “Gubernur Muslim Untuk Jakarta”.
Saya jelaskan ya:
1. Foto itu diambil saat usai diskusi yang diadakan oleh Jaringan Kerjasama Antar Umat Beragama di Bandung, 19 Desember lalu. Lokasi di sebuah gereja, namun gereja bukan pihak penyelenggara. Gereja tersebut tidak pernah mengeluarkan pernyataan dukungan atau tidak mendukung kepada Israel. Jangan pernah kaitkan kegiatan saya dengan gereja karena saya tidak mewakili gereja dan saya tidak berafiliasi dengan gereja, tidak berafiliasi dengan organisasi atau lembaga pemerintah manapun. Saya mewakili diri dan visi saya sendiri.
2. Kaos Hadassah of Indonesia adalah kaos yang saya pesan di teman saya orang Islam yang bernama Imam Nawawi dan didesain oleh orang Islam atas permintaan saya, termasuk mencantumkan bahasa Ibrani yang bermakna “Dari Indonesia Dengan Cinta”. Desain sepenuhnya milik Hadassah of Indonesia.
3. Kaos itu dibeli oleh Bang Tobing (baju merah) dan saya membawakan untuk BangTobing saat acara. Jadi foto itu adalah foto saat serah-terima kaos.
4. Selain Bang Tobing, tidak ada yang membeli kaos saya itu. Jadi mereka yang berfoto bersama, tolong jangan disangkutpautkan karena mereka cuma peserta diskusi yang ketiban isu yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Demikian penjelasan saya.
Mohon bagi siapa saja yang membutuhkan informasi tentang yayasan yang saya dirikan resmi dengan akta notaris sesuai hukum Indonesia, bisa menanyakan langsung kepada saya.
Jika ada yang menuduh saya berafiliasi dengan Israel, saya yakin itu karena mereka tidak mengerti bahwa nama Hadassah adalah nama salah satu tokoh Alkitab dalam bahasa Ibrani yaitu ESTER. Ester dalam bahasa Ibrani adalah Hadassah. Hadasa dalam bahasa Arab artinya baik, suci sehingga Hadassah menurut saya masuk ke dua kelompok ini.
Tolong untuk teman-teman yang menemukan informasi terkait Hadassah of Indonesia atau saya, Monique Rijkers di grup WA atau media sosial lain, harap menginfokan kepada saya. Terima kasih.
Salam waras, anti hoax, anti fitnah.
Monique Rijkers”.
.
(2) https://on.rt.com/8viy, “Santa costume-clad Palestinian protesters clash with Israeli forces in Bethlehem (VIDEO)
Published time: 24 Dec, 2017 13:59
Edited time: 24 Dec, 2017 14:02
Palestinians dressed as Santa Claus stand in front of Israeli troops during a protest in the West Bank city of Bethlehem, December 23, 2017 © Ammar Awad / Reuters
Palestinian protesters wearing Santa Claus costumes clashed with Israeli forces, which used stun grenades and brute force against the crowd in Bethlehem.
Ruptly footage shows protesters waving Palestinian flags and joyfully ringing bells in the name of peace during the holiday season. Some held signs that read “All we want for Christmas is Jerusalem and Justice” and “Hey Donald! The power of justice will trump your bullying.”
The demonstrators marched towards the northern entrance of the West Bank barrier on the outskirts of the city, where they came across Israeli border police.
Soldiers tried to force protesters out of the area, with some seen arguing with civilians or pushing them away. After scuffles broke out between the two sides, Israeli forces deployed tear gas to disperse the crowd.
READ MORE: ‘Santa stands with Palestinians!’ Red-suited protesters clash with Israeli police (VIDEOS)
Earlier this week, Bethlehem, a city celebrated in Biblical history, saw violent clashes between Palestinians and Israeli police. On Friday after prayers, Palestinians engaged in clashes, throwing stones at security forces who were protecting the northern entrance to the city.
The demonstrators were protesting Washington’s decision to officially recognize Jerusalem as Israel’s capital, a move that sparked outrage and a wave of anti-American riots in some Arab and Muslim-majority countries.”.

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/576562129342993/