[HOAX] “Tol Soreang – Pasirkoja Gratis”

“Saat mengkonfirmasi melalui petugas pintu tol, dikatakan jika berita yang beredar menyebutkan bahwa yang gratis adalah Soreang – Pasirkoja, dan sementara untuk keluar ke gerbang Pasirkoja sendiri modul pembayaran di pintu tolnya masih belum terintegrasi hingga saat ini. Oleh sebab itu para pengendara diarahkan ke gerbang-gerbang keluar tol lainnya semisal Cileunyi, Buah Batu, Baros, Pasteur, dan Moh Toha.”

 

SUMBER
Media sosial.

NARASI
“Ke Soreang yuuk! Tol SOROJA gratis seminggu, lho!”.

PENJELASAN
Tersebarnya berita yang menyatakan jika Tol Soroja gratis selama satu minggu rupanya mengundang masyarakat ingin membuktikan kebenaran hal tersebut. Namun siapa yang sangka jika berita yang menyatakan tol Soraja gratis adalah bohong alias HOAX.
Melansir dari Tribunnews.com, ada seorang wanita yang mencoba masuk ke tol tersebut dengan cuma-cuma. Ratna Wulandari (37) warga Wrung Lobak, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung terpaksa memundurkan kendaraannya karena tidak membawa kartu tol elektronik (e-toll).
Sebelumnya Ratna memang sempat menanyakan terkait dibukanya Tol Soraja untuk umum secara cuma-cuma kepada petugas pintu tol. Yang mengejutkan sang pengendara adalah, jika jawaban dari petugas sangat berbanding terbalik dengan informasi di media sosial.
Tak hanya satu pengendara mobil pribadi, saat dikonfirmasi, terdapat supir angkot yang juga menjadi korban berita hoax penggratisan pintu yang baru saja di resmikan oleh Presiden Jokowi.
Saat mengkonfirmasi melalui petugas pintu tol, dikatakan jika berita yang beredar menyebutkan bahwa yang gratis adalah Soreang – Pasirkoja, dan sementara untuk keluar ke gerbang Pasirkoja sendiri modul pembayaran di pintu tolnya masih belum terintegrasi hingga saat ini. Oleh sebab itu para pengendara diarahkan ke gerbang-gerbang keluar tol lainnya semisal Cileunyi, Buah Batu, Baros, Pasteur, dan Moh Toha.

REFERENSI
http://jabar.tribunnews.com/2017/12/05/disuruh-mundur-saat-mau-masuk-tol-pengendara-tol-soroja-gratis-itu-hoax

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/566453917020481/