[HOAX] “Arab Saudi Mengadakan Perayaan Maulid Nabi”

“Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, melalui akun instagram “Official Account of Indonesian Student Association in Madinah Saudi Arabia” jika hal tersebut tidaklah benar adanya. Melalui sebuah video yang diambil langsung dari Masjid Nabawi dan sekaligus bertepatan dengan tanggal 12 Robiul Awwal, disebutkan jika Pemerintahan Saudi sama sekali tidak melakukan perayaan maulid nabi seperti apa yang telah disampaikan Ustad Abdul Somad. Menurut video tersebut, kegiatan di masjid Nabawi terbilang sangat normal dan berjalan seperti hari-hari biasanya. Tak hanya di sekitaran masjid, sekolah-sekolah dan kampus-kampus disana bahkan tidak libur sebagaimana yang diberitakan ditanah air.”

 

SUMBER
Media sosial.

NARASI
(Sebuah video yang menunjukkan Ustad Abdul Somad sedang ceramah, dalam ceramahnya mengaku baru menerima telepon dari kerabatnya di Saudi dan menyebutkan jika pemerintah Saudi tengah mengadakan perayaan Maulid Nabi).

PENJELASAN
Perkataan yang disampaikan oleh Ustad Abdul Somad ditengah-tengah ceramahnya tentu menyita perhatian kalangan umat muslim di Indonesia. Sang Uztads menyampaikan jika saat dirinya ceramah, bertepatan dengan berlangsungnya perayaan Maulid Nabi di Masjid Nabawi, Makkah.
Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, melalui akun instagram “Official Account of Indonesian Student Association in Madinah Saudi Arabia” jika hal tersebut tidaklah benar adanya. Melalui sebuah video yang diambil langsung dari Masjid Nabawi dan sekaligus bertepatan dengan tanggal 12 Robiul Awwal, disebutkan jika Pemerintahan Saudi sama sekali tidak melakukan perayaan maulid nabi seperti apa yang telah disampaikan Ustad Abdul Somad.
Menurut video tersebut, kegiatan di masjid Nabawi terbilang sangat normal dan berjalan seperti hari-hari biasanya. Tak hanya di sekitaran masjid, sekolah-sekolah dan kampus-kampus disana bahkan tidak libur sebagaimana yang diberitakan ditanah air.

REFERENSI
(1) https://www.instagram.com/p/BcGKATOltbf/?taken-by=ppmimadinah, @ppmimadinahArab: “Saudi Merayakan Maulid Nabi ?
.
Sehubungan dengan adanya berita yang beredar bahwa negara Arab Saudi menjadikan hari libur nasional untuk memperingati maulid Nabi Muhammad _Shallallahu ‘alaihi wasallam._
.
Berikut rangkuman berita PPMI Madinah, secara langsung dari kota Madinah Al munawaarah.
.
https://m.youtube.com/watch?v=pFW3V8LIC5Y“.
(2) https://www.instagram.com/p/BcMSjRJA_Os/?tagged=hoax

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/565923583740181/