[HOAX] “Viral Video Sekawanan Monyet di Arab Saudi Pertanda Ada Bencana Alam Besar”

“Faktanya, peristiwa monyet berimigrasi itu umum terjadi. Dikutip dari laman stepfeed.com, Rute yang digunakan monyet untuk bermigrasi diduga disebabkan banyaknya jemaah di dua Kota Suci, Mekah dan Madinah. Sebab, di daerah tersebut banyak peziarah yang memberi mereka makan.”

 

SUMBER
Media Sosial.

NARASI
“Ribuan monyet dari jeddah berhijrah ke madinah ..dipercayai akan berlaku bencana dan gempa bumi…
Allah menggoncangkan kota jeddah yg banyak kejadian haram berlaku dijeddah yg di banjiri ribuan tentera US dijeddah ..konon nak mengawal timur tengah dari ancaman pengganas,syiria dan iran.
subhanallah..jeddah banjir dan ribut taufan berlaku sekarang…
Allahhuakbar.”.

PENJELASAN
Sebuah video yang memperlihatkan sekawanan monyet yang menyeberang jalan yang menghubungkan Mekah dan Madinah, Arab Saudi, beredar luas di media sosial dan menjadi viral di Indonesia dan Malaysia. Video yang berdurasi 58 detik itu pertama kali disebar oleh akun facebook bernama Aman Shah II, pada tanggal 23 November 2017.
Untuk menguatkan kebenaran narasinya, dia juga menyisipkan beberapa potongan ceramah seorang ustaz mengenai akhir zaman dan video yang menggambarkan bencana badai.
Sejak video tersebut menjadi viral, banyak warganet yang berasumsi bahwa fenomena invasi sekawanan monyet tersebut dikaitkan dengan pertanda bencana alam besar.
Bahkan, beberapa orang yang percaya dengan kabar itu hampir membatalkan perjalanan umroh yang sudah disiapkan jauh-jauh hari. Para calon jemaah umroh khawatir terhadap bencana alam yang akan terjadi, seperti dikutip dari dream.co.id.
Faktanya, peristiwa monyet berimigrasi itu umum terjadi. Dikutip dari laman stepfeed.com, Rute yang digunakan monyet untuk bermigrasi diduga disebabkan banyaknya jemaah di dua Kota Suci, Mekah dan Madinah. Sebab, di daerah tersebut banyak peziarah yang memberi mereka makan.
Dikutip dari akun twitter media daring asal godaidnews @godaidnews yang berasal dari Arab Saudi, “Apa yang diperdagangkan di Whatsapp yang berjudul “Sekelompok monyet memotong jalan Madinah Mekkah Mekkah untuk prediksi gempa bumi” tidak benar. Dimana Pusat Nasional untuk Seismologi dan Gunung Berapi dari Komisi mengatakan bahwa bagian dari serangan monyet di jalan tidak mengindikasikan adanya gempa sama sekali,” keterangan tertulis dalam akun resmi twitter godaidnews.
Sementara video yang menampilkan bencana badai tersebut, sebenarnya menunjukkan badai yang terjadi di AVM acacia di Instambul, Turki pada tanggal 27 Juli, seperti dikutip dari tribunnews.com.

REFERENSI
(1) https://stepfeed.com/video-of-a-group-of-monkeys-crossing-saudi-highway-goes-viral-5280
(2) https://www.dream.co.id/news/monyet-monyet-jeddah-hijrah-ke-madinah-hampir-batalkan-umroh-171127l/ternyata-52r.html
(3) http://sumsel.tribunnews.com/2017/11/26/geger-video-monyet-di-arab-tanda-bencana-besar-sampai-ada-jemaah-mau-batalkan-umrah-ini-sebenarnya?page=all

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/563735483958991/