[DISINFORMASI] “Pemerintah dengan asik duduk dikursi diskusi dan bilang…”

“Di bagian “Pemerintah dengan asik duduk dikursi diskusi dan bilang “makannya biar ga banjir dibangun hotel lagi aja di gunung kidul, biar ga longsor di keruk aja gunung purba jadiin hotel, makannya biar ga angin puting beliung jadiin aja bandara” kurang lebih seperti itu.” tidak menyertakan sumber valid yang bisa digunakan untuk referensi asal informasi status tersebut, tipikal teknik “AtA” (Appeal to Authority).”

 

SUMBER
https://goo.gl/6ggPBE, sudah dibagikan 2.819 kali ketika tangkapan layar dibuat.

NARASI
“Bantu #Viraklan lagi ya sob !!! Kita Rakyat Indonesia Harus Tau mereka yg Rakus2 Dunia lagi lagi #MenindasWongCilik.
Sakit Hati ini melihat saudara2 kita diperlakukan seperti itu oleh penguasa Rakus. Mreka seblumnya hidup damai sbgai petani, tapi lihat saat ini, tak ada kedamaian lagi disana. ????
#Repost @nurulnops
28 November 2017.
Kemarin dijogja banjir dimana-mana sampe-sampe jarang masyarakat jogja yang tau kalo di kulonprogo yang masih sama satu kota satu provinsi DIY sedang terjadi penggusuran. Pemerintah dengan asik duduk dikursi diskusi dan bilang “makannya biar ga banjir dibangun hotel lagi aja di gunung kidul, biar ga longsor di keruk aja gunung purba jadiin hotel, makannya biar ga angin puting beliung jadiin aja bandara” kurang lebih seperti itu.
Semangat buat teman-teman @jogja_darurat_agraria yang sampai saat ini masih ngedampingi warga Kulonprogo. Akibat reklamasi teluk benua, gunung agung sudah mengeluarkan amarahnya, tinggal tunggu gunung merapi yang akan murka.
Pak…bu doa kami bersamamu, mungkin para pekerja @polisi_indonesia @ap_airport beserta suicide @jokowi lg merasakan kebahagiaan hidup di masa jabatannya
Lemah ilang petani raiso mangan
Lemah ilang koe yo raiso mangan
#StopNYIA #JogjaOraDidol #jogjadaruratagraria #SaveKulonprogo #infokulonprogo”.

PENJELASAN
Di bagian “Pemerintah dengan asik duduk dikursi diskusi dan bilang “makannya biar ga banjir dibangun hotel lagi aja di gunung kidul, biar ga longsor di keruk aja gunung purba jadiin hotel, makannya biar ga angin puting beliung jadiin aja bandara” kurang lebih seperti itu.” tidak menyertakan sumber valid yang bisa digunakan untuk referensi asal informasi status tersebut, tipikal teknik “AtA” (Appeal to Authority).

REFERENSI
https://goo.gl/HrWu5T, tentang teknik “Appeal to Authority”: “Dalam kerja jurnalistik pernyataan narasumber lazimnya diverifikasi terlebih dahulu dan diberi penjelasan dalam kapasitas apa narasumber memberikan pernyataannya. Pernyataan tersebut mestinya diuji dengan pertanyaan-pertanyaan seperti, apa bukti dari pernyataan tersebut? Dalam konteks bagaimana narasumber bisa mendapat informasi tersebut?”.