[ISU] “Uang 50 Ribu Cetakan Baru bisa Luntur”

“Menanggapi isu tersebut, Ketua Dewan Peruri sekaligus Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI, Hasiholan Siahaan menyatakan bahwa uang rupiah dicetak dengan tinta security khusus. ’’Tentunya punya ketahanan terhadap air. Dalam kondisi normal sulit untuk luntur apabila terkena air biasa,” katanya, Minggu (26/11).
Terkait kasus uang rupiah Rp. 50 ribu cetakan baru yang luntur, Hasion pun tak mau buru-buru menyimpulkannya. Menurutnya perlu dibuktikan terlebih dahulu melalui uji laboratorium. ’’Terkait gambar yang beredar, tentu kami sulit menyimpulkan karena fisik uang tersebut perlu diteliti di laboratorium Bank Indonesia,’’ tegasnya.”

 

SUMBER
Instagram mca.muslimcyberarmy dan akun Facebook L Roy Hakim.

NARASI
(1) “Sayang Tuh Duit,” tulis akun mca.muslimcyberarmy.
(2) “Gila! Uang baru bisa luntur! Nyetaknya pake apaan ye?” tulis L Roy Hakim.

PENJELASAN
Isu uang Rp. 50 ribu cetakan baru yang dapat luntur bukan terjadi pada kali ini saja. Sebelumnya juga pernah terjadi pada Februari 2017. Isu ini memperlengkap informasi sebelumnya yang mendiskreditkan pemerintah, khususnya Bank Indonesia (BI) dan Pengawas Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) yang bertanggungjawab dengan pencetakan uang rupiah.
Menanggapi isu tersebut, Ketua Dewan Peruri sekaligus Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI, Hasiholan Siahaan menyatakan bahwa uang rupiah dicetak dengan tinta security khusus. ’’Tentunya punya ketahanan terhadap air. Dalam kondisi normal sulit untuk luntur apabila terkena air biasa,” katanya, Minggu (26/11).
Terkait kasus uang rupiah Rp. 50 ribu cetakan baru yang luntur, Hasion pun tak mau buru-buru menyimpulkannya. Menurutnya perlu dibuktikan terlebih dahulu melalui uji laboratorium. ’’Terkait gambar yang beredar, tentu kami sulit menyimpulkan karena fisik uang tersebut perlu diteliti di laboratorium Bank Indonesia,’’ tegasnya.
Meski begitu, sebelumnya Gubernur BI, Agus Martowardojo menerangkan bahwa uang rupiah baru cetakan 2016 adalah salah satu uang dengan unsur pengaman terbaik di dunia. Alasannya uang pecahan baru rata-rata memiliki 9 sampai 12 unsur pengaman.
Di sisi lain Manajer Unit Distribusi Uang BI Provinsi Riau, Triyanta dalam menyikapi peredaran uang palsu di wilayahnya menerangkan bahwa penggunaan air merupakan tambahan cara untuk mengidentifikasi uang palsu, selain 3 D yakni dilihat, diraba dan diterawang. “Penggunaan air paling ampuh untuk mengetahui uang palsu, karena biasanya pelaku belum bisa menyamai kertas yang digunakan uang asli sehingga tintanya akan luntur apabila terkena air,” kata Triyanta, Rabu (22/6/2016).
Diketahui BI pernah melakukan pelaporan ke Bareskrim Polri untuk mengusut tuntas para penyebar isu dan hoax yang dinilai merugikan BI sebagai institusi. Dasarnya adalah Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Pencetakan Mata Uang.

REFERENSI
(1) http://www.inikata.com/waduh-uang-rupiah-baru-bisa-luntur/
(2) https://kumparan.com/jofie-yordan/material-dan-teknologi-cetak-uang-baru-mulai-terungkap
(3) https://www.merdeka.com/peristiwa/cara-mudah-kenali-uang-pasu-celupkan-saja-ke-air.html
(4) https://bisnis.tempo.co/read/830992/bi-lapor-ke-polisi-soal-hoax-uang-rupiah-baru
(5) https://tirto.id/deteksi-uang-palsu-dengan-air-bnYm