[HOAX] “31 NOVEMBER GRATIS BENSIN SATU HARI FULL DI SPBU PERTAMINA”

“Menanggapi isu yang ada, Pt pertamina langsung memberikan klarifikasi melalui akun instagram resmi mereka dengan mengatakan jika poster tersebut adalah HOAX.
Namun si pembuat hoax nampaknya pantang menyerah, ia kembali menaikkan berita palsu tersebut dengan mengganti tanggal dan bulan. Melansir dari jawapos.com, mereka yang telah melakukan konfirmasi melalui Manager External Communication Pertamina, Arya Dwi Paramita langsung membantah isu konten dalam poster digital tersebut.”

 

SUMBER
Media sosial dan Whatsapp.

NARASI
“Sebagai ungkapan rasa terimakasih kami
GRATIS ISI FULL TANGKI ANDA!
HANYA BERLAKU TANGGAL 31 NOPEMBER 2017
BERLAKU DI SELURUH SPBU PERTAMINA”.

PENJELASAN
Hoax lama yang kembali terulang, itulah yang memang tergambar tentang beredarnya pesan berantai dengan keterangan adanya bensin gratis dari SPBU pertamina kali ini. Pertamina lagi-lagi diisukan siap menggratiskan bensin pada tanggal 31 november kepada seluruh lapisan masyarakat. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika hoax seperti ini sudah pernah terjadi pada awal tahun 2017. Menanggapi isu yang ada, Pt pertamina langsung memberikan klarifikasi melalui akun instagram resmi mereka dengan mengatakan jika poster tersebut adalah HOAX.
Namun si pembuat hoax nampaknya pantang menyerah, ia kembali menaikkan berita palsu tersebut dengan mengganti tanggal dan bulan. Melansir dari jawapos.com, mereka yang telah melakukan konfirmasi melalui Manager External Communication Pertamina, Arya Dwi Paramita langsung membantah isu konten dalam poster digital tersebut.
Jika di analisa lebih jauh, kecil kemungkinan PT Pertamina akan menggratiskan bensin satu hari penuh. Mengingat banyaknya pengguna kendaraan yang ada di seluruh penjuru negeri, rasanya mustahil mereka akan menggratiskan bensin secara cuma-cuma. Terlebih lagi harga minyak saat ini berada dalam harga yang tinggi yakni 62 us dollar per barel. Dengan harga yang tinggi dan jumlah kendaraan yang luar biasa banyak, jauh dari kata mungkin pertamina akan menggratiskan bensin satu hari penuh.

REFERENSI
https://www.jawapos.com/read/2017/11/23/170167/pengendara-motor-dapat-bbm-gratis-di-seluruh-spbu-ini-kata-pertamina

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/560359907629882/

 

 

About Levy Nasution 385 Articles
Journalist, traveller