[HOAX] “Ada kemungkinan bisa menyebabkan sunami besar atau bencana langit.”

“Klarifikasi dari METMalaysia (Malaysian Meteorological Department) yang dimuat di situs marufish.com (Marufish Disaster Preparedness): “Ada beberapa laporan tentang perilaku ikan paus dan ikan aneh yang menyebabkan gangguan masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya Gempa Besar di Samudra Hindia. Departemen Meteorologi Malaysia telah mengeluarkan pengumuman yang mengingkari kabar palsu yang menyebar di media sosial gempa besar yang diprediksi. Berikut ini adalah pernyataan resmi
Saat ini, situs resmi MetMalaysia tidak dapat diakses dan masyarakat disarankan untuk mengikuti update detail dari halaman penggemar facebook mereka di https://www.facebook.com/malaysiamet/”.”

 

SUMBER
(1) Pesan berantai Whatsapp.
(2) https://goo.gl/Fht2Eu, sudah dibagikan 85 kali ketika tangkapan layar dibuat.
(3) https://goo.gl/xqQbNB < tap atau klik untuk melihat akun-akun yang menyebarkan (public posts).

NARASI
“Kepada kerabat semua mohon perhatian, hari ini terjadi hal yg tidak seperti biasanya
Malaysia~Singapura~Indonesia
Ikan yg didalam laut semua tergesa-gesa lompat ke tepi laut atau daratan. Ada kemungkinan bisa menyebabkan sunami besar atau bencana langit.
Mohon kerabat sekalian sebarkan berita penting ini, agar kita semua bisa ada persiapan. Hindari aktifitas di Pantai. Berita ini disebarkan dari Master of the Law Buddhism Yuanchen pagi tadi,…. Wallahu allam besawab”.

PENJELASAN
Klarifikasi dari METMalaysia (Malaysian Meteorological Department) yang dimuat di situs marufish.com (Marufish Disaster Preparedness): “Ada beberapa laporan tentang perilaku ikan paus dan ikan aneh yang menyebabkan gangguan masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya Gempa Besar di Samudra Hindia. Departemen Meteorologi Malaysia telah mengeluarkan pengumuman yang mengingkari kabar palsu yang menyebar di media sosial gempa besar yang diprediksi. Berikut ini adalah pernyataan resmi
Saat ini, situs resmi MetMalaysia tidak dapat diakses dan masyarakat disarankan untuk mengikuti update detail dari halaman penggemar facebook mereka di https://www.facebook.com/malaysiamet/“.

REFERENSI
(1) “METMALAYSIA MENOLAK PREDIKSI GEMPA BUMI BESAR DI SAMUDERA HINDIA
marufish | 18 November 2017 | Berita Fake , Berita , Tsunami | Tidak ada komentar
Ada beberapa laporan tentang perilaku ikan paus dan ikan aneh yang menyebabkan gangguan masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya Gempa Besar di Samudra Hindia. Departemen Meteorologi Malaysia telah mengeluarkan pengumuman yang mengingkari kabar palsu yang menyebar di media sosial gempa besar yang diprediksi. Berikut ini adalah pernyataan resmi
Saat ini, situs resmi MetMalaysia tidak dapat diakses dan masyarakat disarankan untuk mengikuti update detail dari halaman penggemar facebook mereka di https://www.facebook.com/malaysiamet/” (Google Translate, https://goo.gl/kqT8F2).
.
(2) “METMALAYSIA DENIED THE INDIAN OCEAN BIG EARTHQUAKE PREDICTION
marufish | November 18, 2017 | Fake News, News, Tsunami | No Comments
There have been a few reports of whale and fish strange behaviour that causing public disturbance of the possibility of Big Earthquake in the Indian Ocean. Malaysia Meteorological Department has issued an announcement denying the fake news that spreading in the social media of the predicted big earthquake. Following is the official statement
Currently, MetMalaysia official website is inaccessible and public is advised to follow detail update from their facebook fan page at https://www.facebook.com/malaysiamet/” (English, https://goo.gl/Yt7hs7).
.
(3) https://goo.gl/v4XutD, post klarifikasi di Page Facebook METMalaysia.

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/559476881051518/