[HOAX] Budi Waseso Nyalon di Pilgub Sumut Melalui PDIP

“Kepala Biro Humas BNN Kombes Pol Sulistiandriatmoko telah membantah informasi tersebut dengan mengatakan itu adalah berita bohong, “Berita yang beredar itu hoaks,” katanya, Kamis (2/11).
Hal senada disampaikan, Ketua DPP PDIP Bidang Perekonomian, Hendrawan Supratikno yang menyatakan belum mendengar nama mantan Kepala Bareskrim Polri tersebut mendaftarkan diri ke PDIP. Menurutnya hingga saat ini partainya masih menimbang-nimbang sejumlah nama cagub atau cawagub yang memang telah lama beredar dalam beberapa bulan ini.”

 

SUMBER
Media Sosial.

NARASI
“Setelah mengerucut beberapa nama calon calon Pilgub di Pulau Jawa, Sepertinya para DPP sudah memulai konsentrasi nya ke Sumut.
Hangat berhembus kabar bahwa Pak Budi Waseso Kepala BNN sudah mendaftarkan diri dan berkomunikasi secara intens dengan DPP PDI-P.
Semakin berwarna PILGUBSU kita….!!!”.

PENJELASAN
Isu Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso (Buwas) menyalonkan diri sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) Sumatera Utara 2018 dengan mendaftarkan diri melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak benar adanya atau hoax.
Kepala Biro Humas BNN Kombes Pol Sulistiandriatmoko telah membantah informasi tersebut dengan mengatakan itu adalah berita bohong, “Berita yang beredar itu hoaks,” katanya, Kamis (2/11).
Hal senada disampaikan, Ketua DPP PDIP Bidang Perekonomian, Hendrawan Supratikno yang menyatakan belum mendengar nama mantan Kepala Bareskrim Polri tersebut mendaftarkan diri ke PDIP. Menurutnya hingga saat ini partainya masih menimbang-nimbang sejumlah nama cagub atau cawagub yang memang telah lama beredar dalam beberapa bulan ini.
Sebelum informasi majunya Buwas dibantah oleh pihak BNN dan internal DPP PDIP, isu ini dapat dikatakan berasal dari politisi PDI Perjuangan Sumut, Sutrisno Pangaribuan. Sutrisno yang diwawancara awak media pada, Selasa (31/10) memaparkan harapannya agar Buwas dapat menjadi Bacagub dari partainya. “Nama Pak Buwas sudah muncul dan jadi pembicaraan kader PDIP di Sumut. Mungkin sudah mendaftar atau melakukan komunikasi dengan DPP PDIP. Kami di sini masih menunggu,” ujar Sutrisno.
Diketahui Buwas sudah beberapa kali diisukan sebagai figur yang akan maju menjadi Bacagub, seperti di DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

REFERENSI
(1) https://news.okezone.com/read/2017/10/31/340/1805876/wah-nama-komjen-buwas-disebut-bakal-ikut-di-pilgub-sumut-2018
(2) http://www.solopos.com/2017/11/02/budi-waseso-nyalon-gubernur-sumut-lewat-pdip-ternyata-hoax-865518
(3) http://www.semarangpos.com/2017/11/02/budi-waseso-nyalon-gubernur-sumut-lewat-pdip-ternyata-hoax-865518
(4) http://www.rmolsumut.com/read/2017/11/07/52196/Nama-Budi-Waseso-Muncul-Karena-Tengku-Erry-Rawan-Kalah-

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/556307474701792/