[HOAX] “Video Peresmian Masjid terbesar di RUSIA”

https://goo.gl/o4fZEV, video interior masjid pada saat acara peresmian. Tidak ada buah-buahan dan air mengalir seperti yang ditulis di narasi hoax.”

 

SUMBER
(1) https://goo.gl/V86fnG, sudah dibagikan 53.676 kali ketika tangkapan layar dibuat.
(2) https://goo.gl/q5zmHe < tap atau klik untuk melihat akun-akun yang turut menyebarkan.

NARASI
“Subhanallaah….
Video Peresmian Masjid terbesar di RUSIA
Dekorasi & Arsitekturnya membayangkan Surga… yang penuh dengan buah2an dan air yang mengalir di bawahnya.
AYat Al Qur’an yang dibaca adalah dari Q.S Ar Rahman.
Selamat menonton.”

PENJELASAN
(1) https://goo.gl/DHDWo5, informasi dari situs “FARS News Agency” menyatakan bahwa sebelumnya video ini dipergunakan untuk menyebarkan hoax dengan narasi “Perayaan pemerintah Iran dalam acara pertemuan ketiga para pimpinan pada acara Pertemuan Eksportir Gas yang turut hadir juga Presiden Rusia Vladimir Putin”.
(2) https://goo.gl/fgFRxn, video dari situs “FARS News Agency” yang menyatakan video tersebut ditayangkan oleh situs dimana acara tersebut berlangsung (Tajikistan) pada acara “Shanghai Cooperation Organization” di Dushanbe, ibu kota Tajikistan.
(3) https://goo.gl/pGBGTE, video streaming LIVE acara peresmian masjid terbesar di Moscow, Rusia. Acara di luar ruangan.
(4) https://goo.gl/o4fZEV, video interior masjid pada saat acara peresmian. Tidak ada buah-buahan dan air mengalir seperti yang ditulis di narasi hoax.

REFERENSI
(1) “**the truth**
But the fact is that this film is about September 93 (September 11 and 12, 2014) and on the sidelines of the 14th Summit of the member states and observer of the Shanghai Cooperation Organization in Dushanbe, capital of Tajikistan.
And the spectacular point is that the movie is said to be a welcome reception in the gardens with special fruits from the audience of the gas summit, which is not seen in Iran, and even the incident of the film, the Tajik President, The company did not come to Iran at the third summit of gas exporters.
Also, Parviz Esmaeili, Deputy Director of Communication and Information of the Head of the Office, was not produced in any of our country’s media, but was previously published on sites owned by the host country (Tajikistan). ” (Google Translate, https://goo.gl/ffXN9H).
(2) “** kenyataan **
Tapi faktanya adalah bahwa film ini adalah tentang tanggal 93 September (11 dan 12 September 2014) dan di sela-sela KTT ke-14 negara-negara anggota dan pengamat Organisasi Kerjasama Shanghai di Dushanbe, ibukota Tajikistan.
Dan yang spektakuler adalah film tersebut dikatakan sebagai resepsi selamat datang di kebun dengan buah spesial dari penonton puncak gas, yang tidak terlihat di Iran, dan bahkan insiden film tersebut, Presiden Tajik, Perusahaan tersebut tidak datang ke Iran pada pertemuan puncak ketiga eksportir gas.
Juga, Parviz Esmaeili, Wakil Direktur Komunikasi dan Informasi Kepala Kantor, tidak diproduksi di media negara kami, namun sebelumnya dipublikasikan di situs milik negara tuan rumah (Tajikistan).” (Google Translate, https://goo.gl/jmiY7w).
(3) https://goo.gl/8bvWxx, tentang “FARS News Agency”.

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/557140527951820/