[HOAX] “Toyota Kadal Meluncur Bulan April 2018”

“Masuknya Toyota I-Road ke Indonesia belum akan terjadi di tahun 2018. Selain itu, bilapun masuk ke Indonesia, namanya masih belum direncanakan.”

 

SUMBER
Media Sosial
Facebook: https://www.facebook.com/liputannkri/videos/378224805939997/
Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=l0rv_F4Rbec

NARASI
“Namanya: Toyota Kadal
Launching: April 2018
OTR Jabodetabek: Rp. 37.000.000
Semoga ?
Mari Bergabung Bersama Kami Sekarang Juga : http://bit.ly/2vNLTFK

PENJELASAN
Kendaraan yang diklaim bernama Toyota Kadal sebenarnya bernama Toyota I-Road. Kendaraan tersebut merupakan kendaraan konsep yang tengah dikembangkan oleh Toyota untuk masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan padat penduduk.
Kendaraan futuristik itu memang telah melakukan ujicoba di Jepang dan Perancis pada tahun 2014. Namun, kabar akan masuknya ke Indonesia tahun 2018 dibantah oleh Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, saat diwawancarai Vivanews. Ia mengatakan, kalau belum ada rencana memasarkan I-Road di Indonesia tahun 2018. Berikut kutipan beritanya:
“Bahkan, ada informasi yang menyebut mobil tersebut diberi nama Toyota Kadal, dan direncanakan masuk ke Indonesia pada April 2018. Harganya juga tidak kalah menarik, yakni Rp37 juta.
Menanggapi video tersebut, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, baru mengetahui informasi tersebut.
“Saya baru dengar informasi dan lihat videonya. Setahu saya, belum ada rencana dalam waktu dekat (mendatangkan i-Road),” kata Soerjo saat dihubungi VIVA.
Ketika ditanya mengenai nama Toyota i-Road yang diganti menjadi Toyota Kadal, Soerjo mengatakan, nama itu kurang menarik.
“Memang, nama hewan enggak asing dengan dunia otomotif. Tapi, masa namanya Kadal, janganlah. Saya juga bingung, ini siapa yang kasih informasinya. Setahu saya, belum ada rencana datangkan itu dalam waktu dekat,” kata dia.”
Kesimpulan: Masuknya Toyota I-Road ke Indonesia belum akan terjadi di tahun 2018. Selain itu, bilapun masuk ke Indonesia, namanya masih belum direncanakan.

REFERENSI
(1) http://www.toyota-global.com/innovation/personal_mobility/i-road/
(2) http://www.viva.co.id/otomotif/mobil/975458-motor-keren-toyota-kadal-rp37-juta-segera-meluncur-hoaks

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/555494884783051/