[HOAX] Pelemparan Al-Quran di Mako Brimob

“Melansir dari Tempo.co , mereka yang mendapat keterangan langsung dari Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Rikwanto, jika isu liar yang beredar sangat jauh berbeda dari kondisi sebenarnya. Kerusuhan terjadi lantaran para tahanan tidak terima saat digeledah oleh Detasemen Khusus 88 Antiterorisme. Saat penggeledahan, petugas hanya memeriksa buku-buku serta menyita beberapa unit telfon seluler. Dan bisa dipastikan jika kabar mengenai pelemparan al-quran menjadi pemicu keributan dimako brimob adalah HOAX.”

 

SUMBER
Media sosial.

NARASI
“SEDANG VIRAL OKNUM BRIMOB DAN SALAH SEORANG SIPIR DENSUS MELEMPAR AL-QURAN DAN JUGA KITAB-KITAB HADIST”
“KERUSUHAN MAKO KELAPA DUA DEPOK AKIBAT SIPIR DENSUS INJAK AL-QURAN”

PENJELASAN
Dalam foto yang beredar, terlihat beberapa napi tengah berkumpul didepan sel tahanan. Sel tersebut memang dikhususkan bagi narapidana yang dihukum dengan dakwaan terorisme. Namun ditengah kerusuhan yang beredar, pihak pengujar kebencian justru memanfaatkan hal tersebut dengan membuat berita palsu alias HOAX. Oleh sebuah akun instagram dikatakan jika ada petugas yang melempar bahkan menginjak al-quran saat kerusuhan tersebut terjadi. Namun setelah dilakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar adanya. Dan untuk memperkuat isu yang beredar, tak luput foto Kapolri Tito Karnavian pun dijadikan sasaran. Didalam foto dijelaskan jika kapolri memohon maaf kepada masyarakat tentang insiden tersebut.
Melansir dari Tempo.co , mereka yang mendapat keterangan langsung dari Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Rikwanto, jika isu liar yang beredar sangat jauh berbeda dari kondisi sebenarnya. Kerusuhan terjadi lantaran para tahanan tidak terima saat digeledah oleh Detasemen Khusus 88 Antiterorisme. Saat penggeledahan, petugas hanya memeriksa buku-buku serta menyita beberapa unit telfon seluler. Dan bisa dipastikan jika kabar mengenai pelemparan al-quran menjadi pemicu keributan dimako brimob adalah HOAX.

REFERENSI
(1) http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/17/11/11/oz8xcn384-ini-fasilitas-yang-rusak-saat-rusuh-di-mako-brimob
(2) https://kumparan.com/jihad-akbar1487918664529/hoaxbuster-tak-ada-pelemparan-al-quran-di-keributan-rutan-teroris
(3) https://metro.tempo.co/read/1032824/kerusuhan-rutan-mako-brimob-polri-tak-ada-pelemparan-al-quran

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/555095131489693/