[HOAX] “Bila nampak dalam perut ikan sejenis telur ikan seperti dlm gambar ini…”

=SUMBER=
Siaran (broacast) Whatsapp.

=NARASI=
“Perhatian untuk penggemar makanan laut
Bila nampak dalam perut ikan sejenis telur ikan seperti dlm gambar ini tolong jangan di makan karena ini adalah racun bukan telur ikan.
Tumor cancer dari ikan,akibat logam berat,jgn dianggap telor ikan lalu dimakan tolong sebar kan info ini.”.

=PENJELASAN=
(1) Informasi dari indialivetoday.com: “Menurut laporan media, dokter mengatakan bahwa hal itu tidak membuat masalah kesehatan jika Glugea terkena ikan yang dimakan setelah dibersihkan, dicuci dan direbus dengan benar. Sebenarnya, ini bukan penyakit aneh atau berbahaya. Maka tak perlu hindari makan sarden setelah membaca kabar palsu.” (Google Translate, https://goo.gl/oFZHYa).
(2) https://goo.gl/45ERqR, hasil pengecekan validitas domain media sumber yang digunakan di poin (1).
(3) https://goo.gl/q4iRft, proses pembuatan makanan kaleng Ikan Sarden mengacu ke standar FAO (Food and Agriculture Organization of the United Nations, Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa) sudah termasuk proses pembersihan dan pemasakan.
(4) https://goo.gl/8sVBeY, tentang “Glugea sardinellensis”.

=REFERENSI=
(1) https://goo.gl/oFZHYa, Google Translate: “Awas! Berita palsu menyebar di media sosial, Mathi alias Sarden memiliki penyakit berbahaya
5 hari hari yang lalu | Diterbitkan oleh: Deepa Biswas
Awas! Berita palsu menyebar di media sosial, Mathi alias Sarden memiliki penyakit berbahaya. Foto: Facebook.
New Delhi, 26 Oktober: “Ikan favorit Malayalis, Sarden menjadi terserang penyakit tak dikenal. Di dalam perutnya, ditemukan beberapa hal seperti telur kecil. Tapi umumnya, Sarden tidak memiliki hal seperti telur kecil. Tapi umumnya, Sarden tidak memiliki hal seperti itu di perutnya. Mereka yang makan Sarden, hati-hati … dan bagikan ini maksimal. ”
Pesan ini telah menjadi virus di media sosial sejak dua-tiga hari.
Virus Facebook, pesan Whatsapp juga menunjukkan gambar gejala penyakit yang disebut tidak diketahui.
Pos tersebut mengklaim bahwa orang-orang Sarden itu ditangkap dari Muscat.
Gambar itu menunjukkan perut yang dipotong dari Sarden yang memiliki benda mirip telur dan seperti kristal.
Glugea mampu membuat sel-sel di sekelilingnya berbentuk bola untuk membentuk perisai.
Namun para ahli di bidang kesehatan mengklaim bahwa ini adalah berita palsu.
Hal seperti telur yang terlihat di Sarden tidak lain adalah parasit yang disebut Glugea, yang bisa tumbuh pada ikan.
Mereka tumbuh di dalam sel-sel ikan. Nama ilmiahnya adalah Glugea Sardinellensis.
Parasit ini tidak dianggap langka.
Ini terlihat seperti telur putih atau sejenis kristal.
Ini bisa tumbuh hingga ukuran 1-18 mm. Pertumbuhan ini dikenal dengan nama Xenoma.
Dimana ikan tumbuh dalam kelompok besar, Glugea akan menyebar lebih banyak.
Menurut laporan media, dokter mengatakan bahwa hal itu tidak membuat masalah kesehatan jika Glugea terkena ikan yang dimakan setelah dibersihkan, dicuci dan direbus dengan benar.
Sebenarnya, ini bukan penyakit aneh aneh atau berbahaya. Maka tak perlu hindari makan sarden setelah membaca kabar palsu.
Tags: #disease , #Mathi , #Sardines”.
.
(2) https://goo.gl/oRLvZJ, artikel asli: “Beware! False news spreading in social media, Mathi alias Sardines have dangerous disease
5 days ago | Published by : Deepa Biswas
Beware! False news spreading in social media, Mathi alias Sardines have dangerous disease. Photo: Facebook.
New Delhi, October 26: “The favourite fish of Malayalis, Sardines became afflicted with an unidentified disease. Inside its belly, it was found some small egg-like thing. But generally, Sardines do not have such a thing in its belly. Those who eat Sardines, please be careful… and share maximum.”
This message had gone viral in the social media since two-three days.
The viral Facebook, Whatsapp message has also shown pictures of the symptoms of the so-called unknow disease.
The post claimed that those Sardines were caught from Muscat.
The picture showed the cut opened belly of the Sardines which had the egg-like and crystal-like objects.
Glugea is capable of making the cells around it in the shape of a sphere to form a shield.
But the experts in the health sector claimed that it is a false news.
The egg-like thing seen in Sardines are nothing but a parasite called Glugea, which could grow in fishes.
They grow inside the cells of fishes. Its scientific name is Glugea Sardinellensis.
This parasite is not considered as a rare one. This is seen as the white egg-like or the crystal-like thing.
This could grow up to 1-18 mm size. This growth is known as Xenoma.
Where fishes grow in large clusters, the Glugea would be spread more.
According to media reports, doctors say that it does not make any health issues if the Glugea affected fish is eaten after cleaning, proper washing and boiling.
In fact, it is not a strange or dangerous disease. So no need to avoid eating Sardines after reading the fake news.
Tags: #disease, #Mathi, #Sardines”.
.
(3) https://goo.gl/MJYztw, Google Translate: “4.1 Ikan Sarden dan Sarden
Sarden biasanya dimakan oleh salah satu dari dua metode; yang pertama disimpulkan sebagai metode tradisional Mediterania (dinamakan demikian karena asal-usulnya, walaupun saat ini teknologi serupa telah diterapkan di tempat lain dan umumnya digambarkan sebagai “metode raw pack” dan yang kedua adalah metode yang memasukkan langkah merokok yang panas, bukan daripada di dapat pra-memasak Metode terakhir ini biasanya dilakukan di negara-negara Eropa Barat.
4.1.1 Metode Mediterania Tradisional
Entah sarden segar atau beku dapat digunakan untuk menghasilkan produk kalengan berkualitas baik asalkan kondisi penanganan awal telah melindungi ikan dari kerusakan yang berlebihan selama pengangkutan dan penyimpanan. Urutan di mana operasi awal dilakukan bervariasi dari prosesor ke prosesor, dan mungkin mencerminkan hal-hal seperti kompleksitas garis, kecepatan produksi, tingkat otomasi, ketersediaan tenaga kerja dan Sumber dan jenis bahan baku. Satu urutan garis pengalengan bergaya Mediterania adalah sebagai berikut: sarden ditimbang dan dicuci lalu dikebiri (dengan cara dicelupkan ke dalam larutan jenuh sampai 15 menit, tergantung pada ukuran dan kandungan lemak), diberi nilai, diberi nobel dan dikemas. Dalam urutan alternatif nobbing mendahului brining sehingga urutan operasi pra-perawatan menjadi; berat, pencucian, nobbing, brining (dalam batch, atau terus menerus dalam konveyor sekrup, sampai kadar garam akhir antara 1 dan 2%) pengepakan dan pencucian – Meskipun modifikasi prosedur ini baru-baru ini mencakup penambahan garam secara langsung ke kaleng yang diisi, yang berarti langkah brining bisa dihilangkan.
Sarden diberi makan secara otomatis atau manual ke mesin nobel di mana kepala, jeroan dan ekor dilepas. Mesin dipasang untuk memotong ikan ke panjang standar, atau menjadi potongan silang, sehingga keseragaman paket tercapai. Mesin tersedia yang melengkapi operasi nobbing tradisional dan kemudian mengemas ikan ke kaleng secara otomatis. Namun dalam banyak kasus pengepakan tetap merupakan operasi manual.
Pra-memasak sarden di kaleng yang telah diisi dilakukan di pemasak uap otomatis. Tahap pertama adalah kapal uap, beroperasi pada suhu sekitar 95 ° C, melalui mana kaleng dilewatkan saat dipegang terbalik pada konveyor berlubang untuk memungkinkan masuknya uap dan drainase kondensat dan minyak secara simultan dari daging. Pada beberapa pre-cooker kaleng dikukus dalam posisi tegak tapi dibalik dan dikeringkan sebelum sampai ke tahap kedua. Tahap akhir dari pra-memasak adalah proses pengeringan yang berlangsung sekitar 130 ° C. Sebagai metode pra-memasak alternatif, beberapa canners menggoreng sarden mereka, tapi ini umumnya lebih mahal.
Kaleng yang mengandung ikan pra-masak masuk ke stasiun pengisian cairan dimana salah satu air garam, air, minyak nabati, saus atau perendam ditambahkan secara manual atau otomatis. Untuk produk yang belum dikepang, garam ditambahkan dalam bentuk padat sebelum penambahan media cair, atau dapat dicampur dengan cairan. Kaleng-kaleng tersebut kemudian ditransfer ke mesin penyegel agar bisa dilacak seukuran dengan pre-coded. Sambil menambahkan cairan, biasanya ada beberapa kelebihan yang bisa dipulihkan. Bila bagian luar kaleng terkontaminasi sisa minyak dan / atau ikan, sebaiknya dicuci bersih dengan air dan deterjen sebelum masuk ke retort sterilisasi. Sebaiknya cuci bisa selesai sebelum, setelah sesudahnya, sterilisasi sehingga risiko kontaminasi pasca proses berkurang. Jika pencucian pasca proses tidak dapat dihindari, sangat penting dilakukan dalam air panas dengan kualitas mikrobiologis yang baik dan sebaiknya di antaranya dimasukkan agen aktif permukaan untuk membantu pengeringan – setiap saat perawatan ekstrim harus dilakukan terhadap Pastikan kaleng olahan tidak ditangani secara manual saat masih basah. Sterilisasi biasanya dalam retort batch dimana media pemanasnya adalah uap jenuh murni, air panas atau air panas yang disirkulasikan yang dipompa di atas kaleng. Karena luas permukaan yang besar, dan karena itu kelenturan. dari klub tradisional, dingley dan hansa style sardine cans ujungnya cenderung terdistorsi akibat tekanan internal yang dihasilkan saat pemrosesan. Hal ini dapat dikompensasikan dengan memproses kaleng dibawah tekanan berlebih; Tapi yang lebih penting lagi kaleng harus didinginkan dengan tekanan, setidaknya sampai suhu di dalam ruangan bisa turun. Retorting suhu dan waktu dipilih sesuai dengan sifat tekstur yang diinginkan dan target Fo value dari proses. Sebagai panduan umum 1/4 klub dan kaleng dingley diproses selama antara 45 dan 60 menit pada sekitar 115,6 ° C; meskipun beberapa prosesor memilih untuk memproses pada suhu 112 ° C, karena mereka mendapati pelunakan tulang pada suhu ini lebih baik daripada yang dicapai dengan proses yang lebih pendek pada suhu yang lebih tinggi.
Setelah mendinginkan kaleng dikeringkan di udara, dikemas dalam karton individu dan kemudian dimasukkan ke dalam karton master. Sebelum melepas produk jadi ini diadakan untuk matang guna mengembangkan ciri khas dan sifat tekstur.
4.1.2 Metode Norwegia
Perbedaan utama antara metode pembuatan sarden asal Norwegia dan Mediterania adalah bahwa dengan bekas ikan tersebut tidak dihilangkan dan biasanya dihisap panas, sedangkan metode Mediterania mencakup evisceration dan pre-cooking. Dengan metode evisceration Norwegia tidak diperlukan karena tangkapan ditangkap selama setidaknya 48 jam di jaring sebelum mendarat (proses penahanan dikenal sebagai thronging) selama waktu dimana ikan mencerna makanannya dan dengan demikian meminimalkan aktivitas enzim yang jika tidak dicentang. akan menyebabkan perut-meledak, sementara proses merokok menggantikan flash pra-memasak. Setelah memadati ikan diangkut segar ke pabrik untuk segera digunakan atau untuk penyimpanan beku. Deskripsi berikut ini khas untuk metode penyiraman kalengan tradisional Norwegia.
Jika bahan baku beku digunakan maka blok tersebut dicairkan di bawah air bersih atau air laut. Saat dicairkan dengan air laut. Seringkali tidak perlu mengairi ikan; namun saat menggunakan air tawar. atau saat ikan segar digunakan. sarden di flumed dalam larutan air garam yang mencuci mereka, menghilangkan timbangan dan memungkinkan ikan menyerap dari 1 sampai 2% garam.
Ikan secara otomatis diberi ukuran dan dilewatkan ke mesin threading dimana mereka diberi makan melalui serangkaian pipa plastik paralel yang dengannya mereka muncul. satu ikan sekaligus. dalam barisan Batang logam (meludah) dililitkan melalui mata ikan sarden. berturut-turut. Ludah digantung di bingkai dan bingkai kemudian ditumpuk di troli dan diangkut ke oven merokok.
Proses pengeringan dan pemasakan rokok berlangsung di oven bebas asap rokok. suhu yang diatur agar sesuai dengan ukuran dan kandungan lemak ikan; Suhu masuk yang khas adalah antara 40 ° dan 60 ° C, sedangkan suhu outlet normal antara 120 ° dan 140 ° C. Proses pengeringan dan pengeringan total memakan waktu sekitar satu jam. Udara panas untuk pengeringan berasal dari penukar panas dengan uap panas, sedangkan asapnya dihasilkan dengan membakar kayu ek atau keripik kayu keras lainnya. Pengambilan uap air di oven bebas asap mencegah pelepasan air berlebih saat melakukan retort. dan penambahan asap memberi rasa khas sarden. Dalam beberapa kasus, canners menggunakan minyak rasa artifisial untuk memberi rasa “asap”. namun. Bila teknik ini digunakan harus ada deklarasi yang menyertainya pada label; Dalam keadaan seperti ini, tahap-tahap lain dari proses serupa dengan yang dijelaskan di lini produksi gaya Mediterania.
Dalam proses merokok di Norwegia, ikan tersebut diasap, sambil digantung di ludah, lalu beralih ke pisau berputar dimana kepala mereka dilepas dengan potongan langsung di bawah tulang gill. Mayat jatuh ke nampan di bawah dan dipindahkan ke lantai pengisian untuk mengepakkan tangan ke kaleng. Kaleng yang diisikan secara otomatis dikirim ke pengisi minyak in-line dari mana mereka kemudian melewati ke sebuah double jamer dimana ujung kode diterapkan. Kaleng tertutup ditransfer, melalui saluran yang menyala, untuk menebus keranjang yang dibenamkan ke dalam tangki berisi air panas dan deterjen dimana minyak yang terkontaminasi dicuci dari permukaan luar wadah.
Kaleng-kaleng itu diproses dalam retort yang diseimbangkan dimana overpressure diperlukan untuk mencegah deformasi (disebabkan oleh tekanan internal yang tinggi yang dihasilkan di kaleng selama proses termal) dari ujung yang relatif besar dan fleksibel. Biasanya untuk 1/4 dingley kaleng tekanan total dalam sistem adalah sekitar 122 kPa (18 psig). Ini berarti bahwa ketika diolah pada suhu 112 ° C, tekanan karena tekanan uap uap akan berkisar 52 kPa (7,5 psig), sedangkan tekanan udara akan menjadi sekitar 73 kPa (10,5 psig). Suhu dan waktu retort bervariasi, namun umumnya untuk 1/4 kaleng dingley, prosesnya selama 60 menit pada 112 ° C yang cukup untuk menghasilkan target Fo > 6 min. Retort menggunakan pemanas uap konvensional atau, sebaliknya, media pemanas dapat berupa air yang dipanaskan sebelumnya di bejana overhead dan kemudian dimasukkan ke dalam retort di bawah, di mana suhu tersebut dibawa ke suhu operasi dengan uap di bawah tekanan.
Setelah sterilisasi, kaleng dikeringkan di udara panas dan dilewatkan ke kemasan kasus otomatis atau manual untuk dimasukkan ke dalam karton. Seperti ikan sarden ala Mediterania, perlu dipegang produk jadi agar bisa “matang” dan mengembangkan sifat sensoriknya secara penuh.”
.
(4) https://goo.gl/q4iRft, artikel asli: “4.1 Sardine and Sardine-like Fish
Sardines are usually canned by one of two methods; the first is inferred to as the traditional Mediterranean method (so named because of its origin, although nowadays similar technology has been adopted elsewhere and is generally described as the “raw pack method” and the second is a method incorporating a hot smoking step, rather than in can pre-cooking. The latter method is commonly practised in Western European countries.
4.1.1 Traditional Mediterranean method
Either fresh or frozen sardines can be used to produce a good quality canned product provided that the preliminary handling conditions have protected the fish from excessive deterioration during transport and storage. The sequence in which preliminary operations are carried out varies from processor to processor, and may reflect such things as the complexities of the line, the speed of production, the degree of automation, the availability of labour and the Source and type of raw materials. One sequence for a Mediterranean style canning line is as follows: the sardines are weighed and washed and then, brined (by immersion in a saturated solution for up to 15 minutes, depending on size and fat content), graded, nobbed and packed. In an alternative sequence nobbing precedes brining so that the order of the pre-treatment operations becomes; weighing, washing, nobbing, brining (in batches, or continuously in screw conveyors, to a final salt content of between 1 and 2%) packing and washing -although a recent modification of this procedure includes direct addition of salt to filled cans, which means the brining step can be eliminated.
Sardines are fed automatically or manually to the nobbing machines in which the heads, viscera and tails are removed. The machines are set to cut the fish to standard lengths, or into cross-out pieces, so that pack uniformity is achieved. Machines are available which complete the traditional nobbing operations and then pack the fish into cans automatically. however in many cases packing remains a manual operation.
Pre-cooking of the sardines in filled cans is carried out in automatic steam cookers. The first stage is a steamer, operating at around 95 °C, through which the cans pass while held inverted on perforated conveyors to allow simultaneous entry of the steam and drainage of condensate and oil exuded from the flesh. In some pre-cookers the cans are steamed in the upright position but inverted and drained before passing to the second stage. The final phase of pre-cooking is a drying process taking place at around 130 °C. As an alternative pre-cooking method, some canners fry their sardines, but this is generally more expensive.
Cans containing pre-cooked fish pass to a liquid filling station where one of either brine, water, edible oil, sauce or marinade is added manually or automatically. For those products which have not been brined, the salt is added in solid form prior to the addition of the liquid medium, or it can be blended with the liquid. The cans are then transferred to can sealing machines for double seaming with pre-coded can ends. While adding the liquid, there is usually some overfill which can be recovered. When the outside of the cans are contaminated with oil and/or fish remnants they should be washed in water and detergent before they pass to the retort for sterilization. It is preferable that can washing be completed prior to, rather than after, sterilization so that the risks of post-process contamination are reduced. if post-process washing cannot be avoided, it is essential that it be carried out in hot water of sound microbiological quality and preferably in which there has been included a surface active agent to assist can drying -at all times extreme care should be taken to ensure that processed cans are not manually handled while still wet. Sterilization is usually in batch retorts in which the heating medium is either pure saturated steam, hot water or recirculated hot water which is pumped over the cans. Because of the large surface area, and therefore flexibility. of the traditional club, dingley and hansa style sardine cans the ends are prone to distort as a result of the internal pressure generated during processing. This can be compensated for by processing the cans under an over-pressure; but more importantly cans should be pressure-cooled, at least until the internal can temperatures have fallen. Retorting temperatures and times are selected to suit the desired textural properties and the target Fo value of the process. As a o general guide 1/4 club and dingley cans are processed for between 45 and 60 min at around 115.6 °C; although some processors choose to process at 112 °C, because they find the bone softening at these temperatures to be preferable to that achieved by a shorter process at a higher temperature.
After cooling the cans are dried in air, packed in individual cartons and then into master cartons. Before release the finished product is held to ripen in order to develop the characteristic flavour and textural properties.
4.1.2 Norwegian method
The major difference between the Norwegian and Mediterranean methods of canned sardine manufacture is that with the former the fish are not eviscerated and are usually hot smoked, whereas the Mediterranean method includes evisceration and pre-cooking. With the Norwegian method evisceration is unnecessary because the catch is held alive for at least 48 hours in nets prior to landing (the holding process is known as thronging) during which time the fish digest their feed and thereby minimize the enzymic activity which if left unchecked would lead to belly-burst, while the smoking process replaces flash pre-cooking. After thronging the fish are transported fresh to the factory for immediate use or for frozen storage. The following description is typical for the traditional Norwegian method of canned sardine manufacture.
If frozen raw material is used the blocks are thawed under running fresh water or sea water. When thawed with sea water. it is often not necessary to brine the fish; however when using fresh water. or when fresh fish are used. the sardines are flumed in a brine solution which washes them, removes scales and enables the fish to absorb from 1 to 2% salt.
The fish are automatically size graded and passed into threading machines where they are fed through a series of parallel’ plastic pipes out of which they emerge. one fish at a time. in rows. Metal rods (spits) are threaded through the eyes of the sardines. a row at a time. The spits are hung on frames and the frames are then stacked on trolleys and transported to smoking ovens.
The drying and smoking process takes place in the smoking oven. the temperature of which is set to suit the size and fat content of the fish; typical inlet temperature is between 40° and 60 °C, while normal outlet temperature is between 120° and 140 °C. The total drying and smoking process takes approximately one hour. The hot air for drying is derived from steam heated heat exchangers, while the smoke is generated by burning oak or other hardwood chips. The removal of moisture in the smoking oven prevents the release of excess water during retorting. and the addition of smoke gives the sardines their characteristic flavour. In some instances canners use artificially flavoured oil to impart the “smoked” taste. however. when this technique is used there must be an accompanying declaration on the label; in these circumstances the other stages of the process are similar to those described in the Mediterranean style production line.
In the Norwegian hot smoking process the fish are smoked, while hanging on the spits, and then passed to rotating knives where their heads are removed with a cut directly under the gillbone. The bodies fall into trays below and are transferred to the filling floor for hand packing into cans. Filled cans are automatically conveyed to an in-line oil filler from which they then pass to a can double seamer where coded ends are applied. Sealed cans are transferred, via a flaming channel, to retort baskets sitting immersed in a tank containing hot water and detergent in which contaminating oil is washed from the outside surface of the containers.
The cans are processed in counterbalanced retorts in which an overpressure is necessary to prevent deformation (caused by the high internal pressure generated in the cans during the thermal process) of the relatively large and flexible ends. Typically for 1/4 dingley cans the total pressure in the system is approximately 122 kPa (18 psig). This means that when processing at 112 °C, the pressure due to the steam vapour pressure will be around 52 kPa (7.5 psig), while that due to the air overpressure will be approximately 73 kPa (10.5 psig). Retorting temperatures and times vary, but generally for 1/4 dingley cans, the process is for 60 min at 112 °C which is sufficient to deliver a target Fo of > 6 min. The retorts use conventional steam heating or, alternatively, the heating medium can be water which is pre-heated in overhead vessels and then dropped into the retorts below, where it is brought to operating temperature with steam under pressure.
After sterilization, cans are dried in hot air and passed to automatic or manual case-packing for packing into cartons. As with Mediterranean style sardines, it is necessary to hold the finished product to allow it to “ripen” and develop fully its characteristic sensory properties.”.
.
(5) https://goo.gl/5755i4, tautan langsung ke dokumen “acta 55_4_281-290.pdf”.

 

SUMBER: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/548792328786640/