(KLARIFIKASI) Rombongan Anies-Sandi Ditilang dan Tak Miliki Izin Patwal di Puncak Bogor

Pemberitaan soal macetnya di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, akibat dari konvoi kendaraan rombongan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk menghadiri acara Tea Walk, Sabtu (20/10/2017), menyita perhatian masyarakat.

Banyak berita yang tersebar menyebutkan bahwa rombongan Anies-Sandi ditilang dan tidak memiliki izin dari pihak Kepolisian terkait izin konvoi kendaraan di kawasan Puncak, Bogor.

Kabar tersebut langsung dibantah dari pihak Anies-Sandi melalui tim komunikasinya Naufal Firman Yusrak selaku juru bicara Anies-Sandi.

Dikutip dari tribunnews.com dan cnnindonesia.com, Firman menyatakan tidak ada penilangan terhadap rangkaian mobil rombongan Anies saat menuju Bogor dari kawasan Puncak, usai mengikuti kegiatan Tea Walk dengan jajaran pegawai Pemprov DKI Jakarta.

Dalam perjalanan itu, Firman berujar, rombongan Anies sudah dikawal oleh Polres Bogor dan Dinas Perhubungan Bogor sejak gerbang tol Ciawi.

“Perjalanan dari gerbang tol Ciawi sudah dikawal Polres Bogor dan Dishub Bogor. Baik menuju ke Gunung Mas, hingga turun kembali melewati Cibinong, Jawa Barat, rangkaian Gubernur masih dikawal Dishub dan Kepolisian,” kata Firman dalam keterangan tertulisnya.

Firman mengungkapkan, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan juga sudah berkoordinasi dan bersurat kepada pihak kepolisian terhadap kegiatan Tea Walk tersebut.

Surat dengan nomor 5150/1.731-1 tertanggal 10 Oktober 2017 dibuat Dinas Perhubungan dan ditandatangani Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah. Surat tersebut ditujukan kepada Kakorlantas Mabes Polri dengan perihal Permohonan Bantuan Perlintasan VVIP dan Pengaturan Lalu Lintas.

“Tak hanya itu, surat tembusan ke Polres Bogor juga telah dikirim dan diterima pada tanggal 12 Oktober atas nama Nurdin (surat dan bukti tanda terima terlampir,” terangnya.

Menurutnya, panitia kegiatan Soliditas dan Solidaritas Anggota Korpri Provinsi DKI Jakarta telah berkoordinasi baik dengan pengelola kawasan dan kepolisian terkait rencana kegiatan.

Kepadatan di jalur Puncak pada akhir pekan memang kerap terjadi, ditambah dengan adanya beberapa titik perbaikan jalan.

“Pihak penyelenggara rangkaian acara Korpri Provinsi DKI Jakarta memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan di jalur menuju Puncak atau sebaliknya,” ujarnya.

 

REFERENSI:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/544797895852750/

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20171022002352-20-250020/anies-sandi-bantah-tak-tertib-lalu-lintas-di-puncak

http://makassar.tribunnews.com/2017/10/22/benarkah-anies-dan-sandi-ditilang-polisi-saat-ke-puncak-ada-bukti-ini-penjelasan-resminya?page=all