[HOAX] Video Tabung Gas Meledak Karena Digoyang-goyangkan

Ilustrasi Tabung Gas

Beredar video di youtube yang menayangkan dua orang sedang mengutak-atik tabung gas dengan mengoyang-goyangkannya. namun saat sedang memperbaiki tabung tersebut meledak mengenai dua orang yang ada dalam video tersebut.

Tabung gas yang meledak dalam video bila diamati secara detil terlihat bahwa ledakannya adalah editan video. Sebab, kasus mengenai meledaknya tabung gas LPG biasanya bukan disebabkan adanya guncangan pada tabung tersebut ataupun ledakan dari dalam tabung.

Terjadinya ledakan pada tabung LPG lebih disebabkan oleh bocornya gas dari tabung LPG dikarenakan faktor-faktor tertentu seperti kebocoran selang gas, pemasangan regulasi yang salah, dan tidak menggunakan regulator dengan tekanan gas yang tidak sesuai.

Manager Domestic Gas Region III PT Pertamina (persero), Ari Anggoro mengungkapkan, meledaknya tabung gas bukan disebabkan oleh kualitas tabung gas yang buruk.

“Biasanya kecelakaan itu akibat dari selang dan regulator. Kalau dari tabung jarang sekali,” kata Ari saat kunjungan media ke Domestic Gas Marketing & Operation Region III, Terminal Pertamina Plumpang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/05/2014).

Ia menjelaskan, selang dan regulator yang digunakan masyarakat ada yang sesuai standar ada pula yang tidak. Menurutnya, ini penyebab banyak kejadian meledaknya tabung gas, disebabkan masyarakat tidak menggunakan selang dan regulator sesuai standar.

 

REFERENSI:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/544707702528436/

https://finance.detik.com/energi/2571241/ini-penyebab-tabung-elpiji-sering-meledak

http://www.elgas.com.au/blog/1977-how-why-would-an-lpg-cylinder-explode-lpg-cylinder-blast-propane