(HOAX) Kerusuhan di Puncak, Bogor

Baru-baru ini beredar pesan berantai yang menyebutkan bahwa telah terjadi kerusuhan di Puncak Bogor, Jawa Barat. kerusuhan tersebut dipicu oleh pembongkaran warung-warung pinggir jalan di kawasan Puncak oleh pemerintah setempat.

Melalui video, informasi tersebut tergambar dengan beberapa orang pria yang membakar kayu dan benda lainnya di tengah jalan. Namun informasi tersebut adalah hoax.

Kepala Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat, AKBP Andi M Dicky Pastika Gading memastikan bahwa kabar situasi Puncak Bogor memanas, yang beredar sejak Rabu itu bukanlah terjadi di wilayahnya. “Itu hanya untuk mancing kerusuhan saja, kejadian di Cianjur, bukan di Bogor dan di sana juga sudah reda,” katanya, Kamis (12/10).

Kejadian di Cianjur tersebut merupakan aksi dari PKL yang ditertibkan. Lebih jauh AKBP Andi juga menjelaskan, meskipun di Puncak juga dilakukan penertiban PKL yang dimaksudkan untuk pelebaran jalan, namun sebelumnya telah dilakukan pendekatan sosial terlebih dahulu kepada PKL.

Ditambahkan Kepala Bagian Operasional, Polres Cianjur, Kompol Warsito bahwa pelemparan puing dan pembakaran sisa bangunan PKL di Cianjur telah berhasil diatasi. “Kami informasikan kepada masyarakat situasi di Puncak Cianjur sendiri dari kemarin sudah lancar, tidak perlu khawatir karena kami terus mengawasi,” tegasnya.

Terakhir, Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasbi Ristama menegaskan tidak ada pemberlakuan siaga 2 di Puncak, Bogor. “Tidak ada siaga-siaga apa pun karena memang tidak ada kejadian, dan masyarakat Puncak sangat kondusif,” ketusnya.

CATATAN:
Kabid Humas Polda Jabar dan Polres Bogor juga telah melakukan klarifikasi melalui akun instagram bidhumaspoldajabar dan polres bogor.

 

REFERENSI:

http://bogor.tribunnews.com/2017/10/13/info-puncak-rusuh-hoax-seperti-ini-kondisi-sebenarnya

http://nasional.inilah.com/read/detail/2410740/kapolres-kawasan-puncak-memanas-itu-hoax

http://news.liputan6.com/read/3126385/polisi-keamanan-kawasan-puncak-siaga-2-tidak-benar

https://www.suara.com/news/2017/10/13/021300/kapolres-bogor-isu-puncak-bogor-memanas-hoax

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/540171339648739/