[HOAX] “Bayi Ini Lahir Dalam Keadaan Buta dan Perlu $200,000 Untuk Perawatannya Sampai Dia Bisa Melihat Kembali”

SUMBER: Pertanyaan mengenai pesan siaran (broadcast) Whatsapp.

NARASI: “Bayi ini lahir dlm keadaan buta dan perlu $200,000 untuk perawatannya smp dia bisa melihat kembali. Anda tidak perlu mendonasi satu senpun, tp pihak whatsapp akan mengumpulkan dana setiap kali gambr ini dibagikan.
Silahkan bagikan”

PENJELASAN: https://goo.gl/Dy16gU, versi terjemahan dari Whatsapp FAQ. Poin ke 4: “Konten pesan mencakup hadiah atau hadiah dari WhatsApp atau orang lain.” (“The message content includes a reward or gift from WhatsApp or another person.”), aktifitas mengumpulkan dana bisa dimasukkan ke kategori hadiah yang sesuai dengan yang sudah dijelaskan di FAQ kegiatan tersebut oleh Whatsapp dianggap penipuan.

REFERENSI: (1) https://goo.gl/Dy16gU, terjemahan FAQ Whatsapp: “Pesan tipuan
Anda mungkin telah menerima spam dari pihak ketiga yang tidak berwenang dan bukan WhatsApp.
Kami bekerja dengan tekun untuk mengurangi pesan spam yang datang melalui sistem kami. Membuat ruang yang aman bagi pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain merupakan prioritas. Namun, seperti SMS biasa atau panggilan telepon, ada kemungkinan pengguna WhatsApp lain yang memiliki nomor telepon Anda untuk menghubungi Anda. Jadi, kami ingin membantu Anda mengidentifikasi dan menangani pesan-pesan ini.
Pesan yang tidak diinginkan dari pihak ketiga yang tidak diotorisasi datang dalam berbagai bentuk, seperti pesan spam, tipuan dan phishing. Semua jenis pesan ini didefinisikan secara luas sebagai pesan yang tidak diminta dari pihak ketiga yang tidak sah yang mencoba menipu Anda dan meminta Anda untuk bertindak dengan cara tertentu.
Anda mungkin menjadi target dari skema yang menipu jika salah satu dari berikut ini menjelaskan pesan yang Anda terima, melalui WhatsApp atau email:
Pengirim mengklaim berafiliasi dengan WhatsApp.
Isi pesan berisi instruksi untuk meneruskan pesan.
Pesan tersebut mengklaim bahwa Anda bisa menghindari hukuman, seperti penangguhan akun, jika Anda meneruskan pesan.
Konten pesan mencakup hadiah atau hadiah dari WhatsApp atau orang lain.
Apa yang harus dilakukan jika saya menerima pesan ini?
Kami selalu menyarankan Anda untuk memblokir pengirim, mengabaikan pesan dan menghapusnya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemblokiran, baca artikel FAQ ini . Untuk menghindari kontak Anda dengan potensi bahaya, jangan pernah meneruskan pesan ini kepada mereka.
Untuk informasi lebih lanjut tentang pesan tipuan secara umum, silahkan baca blog kita.”
(2) https://goo.gl/a2V6Cj, FAQ Whatsapp: “Hoax messages
You may have received spam from an unauthorized third party and not WhatsApp.
We work diligently to reduce any spam messages that come through our system. Creating a safe space for users to communicate with one another is a priority. However, just like regular SMS or phone calls, it is possible for other WhatsApp users who have your phone number to contact you. Thus, we want to help you identify and handle these messages.
Unwanted messages from unauthorized third parties come in many forms, such as spam, hoax and phishing messages. All these types of messages are broadly defined as unsolicited messages from unauthorized third parties that try to deceive you and prompt you to act in a certain way.
You may be the target of a deceptive scheme if any of the following describes a message you receive, via WhatsApp or email:
The sender claims to be affiliated with WhatsApp.
The message content includes instructions to forward the message.
The message claims you can avoid punishment, like account suspension, if you forward the message.
The message content includes a reward or gift from WhatsApp or another person.
What to do if I receive these messages?
We always advise you to block the sender, disregard the message and delete it. To learn more about blocking, read this FAQ article. To avoid exposing your contacts to potential harm, please never forward these messages to them.
For more information about hoax messages in general, please read our blog.”
(3) https://goo.gl/dvEPdH, hasil pencarian Google Images.
(4) https://goo.gl/n7HqGt, salah satu situs yang membahas: “2. Donation Hoaxes
WhatsApp will not and does not make charitable donations for sharing photos or messages.
The messenger service has no way of tracking of many times a specific message has been forwarded or who it has been sent to.
Therefore, don’t fall for the request to share posts with instructions to share a photo or message to help raise money for someone in need.
While these messages generally do not have any malware attached to them, the stories are generally bogus.
So all you will be doing is helping to spread fake news.”
(5) Sebelumnya pernah dibahas di FAFHH di https://goo.gl/i5VSJB.