(HOAX) Mie Instan Palsu

SUMBER: (1) Pertanyaan dari salahsatu pengikut Laman MAFINDO.
(2) https://goo.gl/JNhnoa < situs “INGAT ALLAH SWT”.
(3) https://goo.gl/h9U8WF < tap atau klik untuk melihat akun-akun yang menyebarkan (public posts).

NARASI: “1X ANDA SEBARKAN BERARTI ANDA SUDAH MENYELAMATKAN RIBUAN NYAWA.,?? MIE GORENG BERUJUNG MAUT,!! HIMBAUAN UNTUK SELURUH MASYARAKAT??
Diposting oleh muslim berbagi di 03.07
Himbauan Untuk Semua Penduduk!!! Mohon Bantu Sebarkan!! Hati-hatilah, Sudah Mengedar Mie Instan Palsu Yang Mengancam Kesehatan serta Keselamatan Anak Kita!!
Info ini lewat cara cepat menyebar lewat social media. Info yang didapat dari satu diantara account facebook Gustarika Lanny. Informasi yang ia dapatkan berdasarkan pada pengalaman serta keanehan yang ia temui waktu mengkonsumsi dua mi instan yang dibelinya di warung serta disupermarket.
Curiga dengan rasa yang aneh itu, Gustarika pernah mengabadikan photo serta cobalah saksikan perbedaan pada paket dua mi instan itu. Ada ketidaksamaan serta ciri yang di uraikan dalam status facebooknya sebagai berikut :
Guys.. Mengedar indomie goreng palsu dipasaran, saya ngalamin sendiri pada indomie goreng yang beli dipasar/warung serta yang beli di g*ant. Perbedaannya :
Asli :
– Ketikan CKR nya semakin besar dan kaya ketikan
– plastik bumbu minyak, saos dan kecapnya ada tulisannya
– urutan bumbunya tidak sama
– rasanya lebih enak yang asli hahaha
Palsu :
– Ketikan CKR nya lebih kecil
– plastik Bumbu minyak, saos n kecapnya polos
– urutan bumbunya tidak sama
– rasanya tak seenak aslinya
Siapa sih yang tidak tahu dengan Indonmie atau makanan instan yang satu ini, pastinya semua paham apabila masihlah ada di Negeri Indonesia tercinta ini. Ini yakni makanan pengganti makanan pokok seperti nasi biasanya. Biasanya makan yang dikenal dengan indomie ini jadikan hidangan apabila dalam keadaan kepepet lapar.Tetapi siapa kira bila telah banyak ditemukan dipasaran telah banyak kembarannya (indomie palsu bukanlah asli) yang diperjual belikan secara ilegal tanpa ada
sepengetahuan
customer atau customer. Mereka mengambil keuntungan dengan mengorbankan konsumen indomie untuk jadikan ladang pendapatannya.
Indomie palsu ini di buat oleh oknum yg tidak bertanggung jawab untuk meraih keuntungan sebanyak mungkin, mereka memakai mie instan merk Indomie jadikan sebagai merk palsunya, bahkan juga bukanlah mustahil hal ini bakal bikin customer terancam kesehatannya lantaran yang tentu indomie palsu ini tidak penuhi standar makan di Indonesia seperti pada product indomie aslinya, bahkan kehalalannyapun mesti dipertanyakan.
Yang tentu perbedaan pada mie asli vs palsu salah satunya sebagai berikut : bungkus bumbu asli ada tulisan asli dari pabrik, sedang mie palsu tidak ada tulisannya, mie palsu tulisan saat berlaku gunakan stemp bukanlah asli tulisan dari pabrik dan, terdapat beberapa lagi perbedaan yang bisa anda simak di dalam paket mie palsu ini.
Kesehatan Mei Palsu
Mie palsu demikian serupa dengan mie Indomie asli biasanya apabila kita siaga dalam menyimak saat beli mie jadi bukanlah mustahil anda bakal terkecoh serta pilih konsumsi mie palsu ini. Kemiripan yang pasti sudah seperti mie aslinya walau demikian dalam persoalan kesehatan telah barang tentu mie indomie palsu tidak terjamin bakal kehigienisan, dan bakal demikian memiliki resiko apabila anda terlanjur mengkonsumsinya lantaran indomie palsu tidak peroleh izin dan tidak terverifikasi oleh tubuh kesehatan bahkan kehalalannyapun butuh dipertanyakan.
Dari pernyataan di atas, saya anjurkan agar semua orang-orang Indonesia dan semua saudara-saudara kami di manapun anda ada, saya berharap siaga dalam tentukan mie instan dan atau apa saja yang inginkan anda beli dan konsumsi sampai kita semua selamat, sehat dan jauh dari banyak hal yang tidak sama sekali kita kehendaki. Semoga kita selamat dunia akhirat, Aamiin…
Himbauan Untuk Masyarakat Semuanya.. BERHATI~HATILAH..!!!”

PENJELASAN: Hoax daur ulang, sudah terklarifikasi di 2015.
(1) https://goo.gl/ziz2BW < sudah diklarifikasi oleh akun yang membuat status: “Guys…sori ternyata TIDAK BEREDAR indomie goreng palsu. Tadi siang sya abis ketemuan sama pak Stefanus selaku GM corporate communications n Pak Naiktua selaku BPDQC Manager n PR-nya di po*olo cafe untuk klarifikasi ttg upload-an sya bbrp hari lalu. Sya diksh liat mesin cetak utk tlsn Expirednya. Dan knp ada kemasan yg berbeda utk minyak,saos n bawangnya. Untuk rasa mgkn efek penyimpanan. Soo..don’t worry ya guys utk indomie goreng yang beredar dipasaran,aman kok hehe..alhasil sya dibekelin indomie sekantong,mayan dah yaa hahaha..buat temen-temen yang mau menyuarakan usulannya silakan kunjungi websitenya aja yaa..semoga indomie semakin enak kedepannya hehe..thx” (Gustarika Lanny @ August 27, 2015).
(2) https://goo.gl/xgae82 < sudah diklarifikasi juga oleh akun yang statusnya sama yang menyebarkan sebelum akun di atas: “KONFIRMASI atas POST INDOMIE yang saya buat beberapa hari lalu.
1. Mohon maaf atas keresahan yang ditimbulkan, tidak sedikitpun saya mengatakan bahwa ada Indomie Palsu. Posting saya digunakan oleh beberapa pihak untuk kepentingan mereka.
2. Pihak Indomie memberikan penjelasan pada saya mengenai beberapa hal yang saya pertanyakan di status saya, hal itu sebagai berikut:
a. Kedua produk Indomie tersebut memang sama2 produk yang diproduksi Indofood, dan TIDAK PALSU, karena kode produksi yang tertera di kemasan tercatat dalam agenda produksi.
b. Perbedaan jenis penanggalan (tinta print atau stampel) terjadi karena PERBEDAAN TINTA yang digunakan serta PERBEDAAN MESIN. Beberapa mesin lama tetap diberdayakan oleh perusahaan untuk meminimalkan biaya. Sehingga timbul perbedaan antara produk yang satu dengan produk yang lain.
c. Kedua tata letak bumbu yang berbeda sama-sama diproduksi Indofood. Perubahan tata letak itu terjadi untuk MENGHINDARI MASALAH mesin produksi, sehingga mengurangi cacat produk. Perbedaan terjadi karena mesin produksi Indofood yang tidak seragam (lagi-lagi pemberdayaan mesin lama, dan penggunaan mesin baru yang berbeda)
d. Indomie Goreng yang awal diproduksi adalah Indomie goreng dengan cabai bubuk, namun inovasi produk dilakukan dengan menciptakan Indomie goreng SPESIAL, yaitu menggunakan saos sambal . Saos sambal ini lebih diterima di Pulau Jawa, sedang di Luar Pulau jawa lebih menyukai rasa orisinil Indomie Goreng.
Terima kasih Indomie atas feed back yang diberikan!!!
Terima kasih untuk sharing yang dilakukan oleh pihak indomie yang membuka wawasan saya, sehingga saya mengenal Indomie lebih…
INDOMIE, memang SELERAKU..
——————————————–
Mohon penjelasannya dan informasi lebih jelas mengenai hal ini…
Hanya ingin share pengalaman teman saya.
Teman saya membeli Indomie goreng di warung depan kos2an karena malas jauh-jauh. Setelah dimasak di kos, ada sesuatu yang janggal dari rasa Indomie tersebut. Karena penasaran, teman saya ingin membuktikan..
Akhirnya teman saya membeli Indomie goreng di Indomaret dan memasaknya, ternyata rasanya sama seperti rasa yang slama ini dikenal..
Sebelum membuang bungkusnya, teman saya membeli indomie kembali di warung tadi..
Ternyata memang ada perbedaan dari kedua produk tersebut..
Bungkusnya memang nampak sama, namun kode produk yang tertera berbeda.. begitu pula dengan kemasan bumbu.. dan yang paling penting rasanya berbeda…
Berikut beberapa dokumentasinya…” (Lydia Loahardjo @ August 20, 2015).

REFERENSI: https://goo.gl/ogT42A < penjelasan dari Indofood,
“Soal Indomie Goreng Palsu, Ini Penjelasan Indofood
YOGA SUKMANA
Kompas.com – 26/08/2015, 14:30 WIB
Isu Indomie Goreng Palsu(Facebook)
JAKARTA, KOMPAS.com — Sejak beberapa hari lalu, isu Indomie goreng palsu merebak di media sosial Facebook. Seorang netizen media tersebut mengunggah foto yang menunjukkan dua kemasan Indomie goreng yang dinilainya memiliki kemasan yang berbeda, urutan bumbunya berbeda, dan memiliki rasa yang berbeda pula setelah dimakan.
Menanggapi isu tersebut, Indofood selaku perusahaan yang memproduksi Indomie angkat bicara. Perusahaan mengatakan bahwa isu Indomie goreng palsu itu tidak benar.
“Itu tidak benar itu, sudah ada klarifikasi juga dari (pengguna) akun Facebook-nya itu. Kan mesin itu kan suka beda variasinya kan, tetapi itu memang produksi kami, jadi enggak palsu,” ujar General Manager Corporate Communication PT Indofood Sukses Makmur Tbk Stefanus Indrayana saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Rabu (26/8/2015).
Menurut dia, mesin produksi di perusahaan memang memiliki variasi sehingga ada perbedaan dalam pencetakan kemasan Indomie. Hal itu, kata Stefanus, juga menyebabkan urutan bumbu pada Indomie menjadi berbeda-beda.
“Jadi, itu produk kami. Kalau berbeda, memang ya karena biasa kan, ada varian, atau lain produksi, jadi mungkin capnya enggak sama. Biasalah. Ini termasuk soal itu juga (perbedaan letak bumbu),” kata dia.
Terkait rasa yang berbeda, Stefanus menduga bahwa hal itu hanya persepsi dari konsumen. Pasalnya, konsumen tersebut, kata dia, membeli Indomie dari dua tempat yang berbeda.
“Mungkin itu konsumennya punya persepsi saja karena yang satu beli di minimarket, dan satu lagi beli di warung, terus rasanya beda. Ya biasalah anak-anak, netizen. Jadi konfirm, isu itu tidak benar,” ucap Stefanus.”