[HOAX, HASUT, & PROVOKASI] Bra Yang Berisi Cairan Penyebab Kanker Payudara

Sumber : Whatsapp dan Facebook (Akun Aswaja Garis Lurus: https://www.facebook.com/AswajaGL/?fref=ts)

Narasi :

BEGITU JAHAT MUSUH-MUSUH ISLAM

Mereka memproduksi BH diexport ke negara2 Arab, mungkin juga ke Indonesia, didalamnya ada cairan penyebab kanker payudara.

HATI2 IBU-IBU…
Coba semua BH diperiksa, caranya dg mencoblos-coblos dg jarum. Kalau keluar cairan berarti itu adalah BH yg dimaksud.

Penjelasan : Isu yang sama sudah pernah terjadi di Burkino Faso, tepatnya di paruh kedua tahun 2016. Dikutip dari media anti Hoax asal Kamerun, stopblabla.com, tanggal 22 Agustus 2017. Menurut stopblabla.com, cairan yang berada di dalam bra tersebut adalah gliserin.

Gliserin adalah cairan yang tidak berwarna, kental dan tidak berbau. Ini dibuat dengan lemak olahan, minyak colza, minyak sawit atau asam lemak gliserol; Senyawa ini digunakan sebagai pelembab kulit. Silikon terdiri dari atom silikon yang bergabung dengan atom karbon. Mereka tidak berwarna tidak berbau dan tidak larut dalam air. Viskositas mereka meningkat dengan berat molekulnya. Mereka kebanyakan digunakan di sektor kesehatan, membuat lotion, implan payudara, krim. Mereka tidak beracun untuk kulit kecuali jika terjadi alergi tertentu (sama untuk gliserin).

[…] First thing to know is that there is a wide range of bras and pads (foam, silicon, micro-beads, or gel pockets). The type concerned in the videos is the one with pockets gel. This kind of pads is often found in push-up bras. It helps, as it name suggests, push breasts up and make them feel and look more natural. In most cases, the pockets which are in polypropylene (plastic) are filled with glycerin or silicone gel (siloxane).

Glycerin is colorless, viscous and odorless liquid. It is made with modified fat, colza oil, palm oil or glycerol’s fatty acids; the compound is used as a skin moisturizing agent. Silicones are composed of silicon atoms joined with carbon atoms. They are colorless odorless and non-soluble in water. Their viscosity increases with their molecular weight. They are mostly used in the health sector, to make lotions, breast implants, creams. They are not toxic to the skin unless in the case of a particular allergy (same for glycerin).[…]

Catatan : 1. Tidak ada penelitian aktual yang menunjukkan bahwa bra yang berisi cairan ini bersifat toksik atau bersifat karsinogenik 2. Isu yang berkaitan bra dengan kanker, akan terulang.

Referensi : http://www.stopblablacam.com/…/2208-947-it-is-believed-gel-…

 

About Levy Nasution 385 Articles
Journalist, traveller