[HOAX] [DISINFORMASI] [FAKTA] [CAMPURAN] “23 KEBETULAN ITU”

SUMBER: Siaran (broadcast) Whatsapp

NARASI: “PKI perjuangan
23 KEBETULAN ITU
Sederet kebetulan yang MENYEDIHKAN melanda negeriku NKRI tercinta.
1. Kebetulan logo uang baru mirip palu arit
2. Kebetulan bentuk atau coraknya mirip Yuan
3. Kebetulan logo dan nama Resimeb Cakrabirawa penculik jenderal2 mirip satgas Cakrabuana PDIP
4. Kebetulan penulis buku Aku Bangga Jadi Anak PKI jadi ketua komisi IX fraksi PDIP
5. Kebetulan warga asing bisa mendirikan ormas atau LSM Di indonesia
6. Kebetulan ada warga China berseragam mirip Polisi
7. Kebetulan si anu demen banget pinjam hutangan dri china
8. Kebetulan hampir semua mega proyek dikasihkan ke china
9. Kebetulan pekerja dan bahan untuk proyek hampir seluruhnya didatangkan dri china
10. Kebetulan pemerintah kita membebaskan VISA pada China dan sejumlah negara lainnya
11. Kebetulan China dan warga asing sekarang bisa memiliki hak milik tanah dan lainnya di indonesia
12. Kebetulan Pemerintah kita sekarang membuka pendaftaran secara online kepada Warga china yng ingin jadi Warga indonesia
13. Kebetulan Warga china banyak punya ktp atau SIM indonesia
14. Kebetulan banyak orang yang berani memakai baju lambang komunis
15. Kebetulan banyak warga china berbondong bondong menyerbu Indonesia
16. Kebetulan waga china ilegal bisa menanam cabe dan padi berbakteri di Indonesia
17. Kebetulan para aktivis yang menyuarakan kekhawatiran2 kondisi bangsa saat ini ditangkapi
18. Kebetulan situasi sekarang mirip 60an ketika orang PKI masuk jd penasehat Presiden
19. Kebetulan sering ada berita pengibaran bendera china di sejumlah wilayah Indonesia
20. Kebetulan mobil berplat asing bisa masuk Indonesia
21. Kebetulan tiang pancang pulau reklamasi dri china yang dibredel BNN ternyata isinya Narkoba
22. Kebetulan Jalaludin Rahmat gembong Syiah bisa jd anggota DPR melalui PDIP
23. Kebetulan Musdah Mulia pendukung LGBT dri PDIP
Ah capek nulis banyak kebetulan2, silakan tambahi sendiri lah kebetulannya.
Tapi,, apa mungkin hal sebanyak itu terjadi hanya karna kebetulan?
:joy::grimacing:
Ayo di share biar pada tau dgn apa yg terjadi di negeri ini !!!:sunglasses::cry::sweat::sob::-1:
!!!!!!!”

ANALISIS: (1) Klaim: “Kebetulan logo uang baru mirip palu arit”.
Penjelasan: “Rectoverso adalah suatu teknik cetak khusus pada uang kertas. Teknik mencetaknya pada posisi yang sama dan saling membelakangi di bagian depan dan bagian belakang. Ornamen khusus tersebut seperti gambar tidak beraturan.” https://goo.gl/6YZi6v.
Kesimpulan: HOAX.
.
(2) Klaim: “Kebetulan bentuk atau coraknya mirip Yuan”.
Penjelasan: “Jika dilihat secara singkat, desain rupiah baru sangat berbeda dengan mata uang negara lain. Kalau dari pemilihan warna, rupiah baru lebih mirip Euro, mata uang Uni Eropa. Para pahlawan yang terpampang di uang rupiah juga bervariasi, berbeda dengan Yuan yang hanya menampilkan Mao Zedong. Sementara Riyal Arab Saudi justru lebih mirip Yuan dengan menampilkan sedikit tokoh, yaitu para anggota kerajaan.” https://goo.gl/bJDyaB.
Kesimpulan: HOAX.
.
(3) Klaim: “Kebetulan logo dan nama Resimeb Cakrabirawa penculik jenderal2 mirip satgas Cakrabuana PDIP”.
Penjelasan: “Pembentukan Tjakrabirawa dilakukan Soekarno bertepatan dengan ulang tahunnya dengan mengeluarkan SK No 211/Pit/1962 tentang pembentukan resimen khusus yang bertanggung jawab penuh menjaga keselamatan presiden dan keluarganya. Karena Soekarno hemar melihat pertunjukan kulit, Pasukan tersebut diberi nama Tjakrabirawa. Dalam dunia pewayangan, Tjakrabirawa adalah senjata pamungkas yang sangat ampuh milik Batara Krisna. Senjata Tjakrabirawa adalah penumpasan semua kejahatan dalam lakon wayang purwa.” https://goo.gl/KDkKoG.
“Sayang, tak seperti harapan Soekarno , Tjakrabirawa tak berumur panjang. Sebagian kecil pasukan elite ini kemudian terlibat penculikan para jenderal dalam peristiwa G30S. Tak semua terlibat, hanya sekitar 60 orang di bawah pimpinan Letkol Untung yang mengikuti aksi itu. Namun semua terkena imbasnya. Umur resimen Tjakrabirawa hanya seumur jagung. Dibubarkan jenderal Soeharto di senjakala kekuasaan Soekarno yang makin meredup. Seperti kata pepatah, karena nila setitik hancur susu sebelanga.” https://goo.gl/avNbnK.
“Kepala Satgas Nasional PDIP Cakra Buana, Komarudin Watubun menyatakan, dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) Cakra Buana selain menjadi garda bangsa sebagai upaya mendukung penguatan organisasi ketahanan negara, juga untuk menjaga masa persiapan kampanye.” https://goo.gl/s1VUmj.
“Dalam pewayangan senjata Cakra digambarkan berbentuk roda dengan gigi-gigi yang menyerupai mata tombak. Pada Wayang Kulit Purwa dan Wayang Orang, senjata Cakra dirupakan sebagai mata panah (nyenyep, bhs. Jawa), sedangkan dalan penggambarannya di beberapa dinding candi serta di komik-komik yang diterbitkan di Jawa Barat, Cakra dilukiskan berbentuk semacam cakram yang tepinya bergerigi.” https://goo.gl/S8Ey9P
Kesimpulan: DISINFORMASI, kesamaan logo yang dituding sepertinya karena ada persamaan konsep mengenai Cakra (senjata dalam dunia pewayangan).
.
(4) Klaim: “Kebetulan penulis buku Aku Bangga Jadi Anak PKI jadi ketua komisi IX fraksi PDIP”.
Penjelasan: “Ribka Tjiptaning Proletariyati lahir di Yogyakarta pada 1 Juli 1959. Saat ini ia merupakan Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Di komisi IX, ia mengetuai komisi yang memperhatikan masalah-masalah di bidang tenaga kerja dan transmigrasi, kependudukan, dan kesehatan. Di DPR, ia juga merupakan anggota dari Badan Urusan Rumah Tangga (DPR RI) DPR RI.” https://goo.gl/gzcGjE.
Kesimpulan: FAKTA, Ribka Tjiptaning Proletariyati penulis buku “Aku Bangga Jadi Anak PKI memang Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDIP.
.
(5) Klaim: “Kebetulan warga asing bisa mendirikan ormas atau LSM Di indonesia”.
Penjelasan: “Sekretaris Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) di Kementerian Dalam Negeri, Budi Prasetyo, mengungkapkan bahwa PP tersebut memuat kebijakan yang selektif. Oleh karena itu, dia membantah jika aturan tersebut dinilai akan mempermudah pendirian ormas asing. “PP ini bukannya mempermudah, justru memperketat persyaratan WNA mendirikan ormas di Indonesia. PP ini tak membebaskan begitu saja adanya ormas asing,” kata Budi di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara 7, Jakarta Pusat, Rabu, 21 Desember 2016.” https://goo.gl/Fcb73C.
Kesimpulan: DISINFORMASI.
.
(6) Klaim: “Kebetulan ada warga China berseragam mirip Polisi”.
Penjelasan: “Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting, mengatakan ke sembilan orang tersebut memang mengunakan seragam satuan Brimob. “Benar memang seragam yang digunakan tersebut milik Polri,” katanya, Senin (19/12/2016). Namun katanya, ke sembilannya adalah warga sipil yang mahir menggunakan peralatan musik dan tergabung dalam Korps Musik (Korsik) Brimob Polda Sumut. “Mereka adalah orang sipil yang menggunakan seragam polisi,” katanya. Menurutnya, mereka hanya menggunakan seragam pada moment tertentu di Polda Sumut. Dan mereka hanya tampil khusus untuk membawakan musik. Namun, mantan Kapolres Binjai ini mengaku heran dengan kembali beredarnya foto tersebut. Dia mengatakan foto tersebut didokumentasikan pada tahun 2006.” https://goo.gl/e9xrne.
Kesimpulan: DISINFORMASI, warga sipil tersebut memang menggunakan seragam Brimob untuk sebuah acara tertentu yang diadakan oleh Polda Sumut.
.
(7) Klaim: “Kebetulan si anu demen banget pinjam hutangan dri china”.
Penjelasan: “Menteri BUMN Rini Soemarno pekan ini meneken perjanjian kerjasama bantuan pendanaan terhadap sejumlah BUMN di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, nilai pinjaman yang diboyong Rini mencapai US$ 40 miliar, atau sekitar Rp 520 triliun. “Saya katakan kepada BOC (Bank of China) Aviation tadi, saya juga kemarin baru saja dari Beijing. Kami sudah mempunyai kesepakatan pembiayaan US$ 40 miliar dari China Development Bank dan ICBC,” kata Rini, usai menghadiri penandatanganan perjanjian antara Garuda Indonesia dengan BOC Aviation, di sela-sela Paris Air Show 2015, Le Borguet, Perancis, Selasa (16/6/2015).” https://goo.gl/DP8nb2.
“Sebagai perbandingan pada 2014, posisi utang Indonesia ke Cina hanya 7,869 miliar dolar. Bahkan pada 2010 utang Indonesia ke Cina hanya 2,488 miliar dolar AS. Adapun dari 2014 sampai Mei 2017 jumlah utang Indonesia meningkat sekitar 7,622 miliar dolar AS atau naik hampir dua kali lipatnya. Sejumlah pengamat mengingatkan Indonesia, tentang utang yang menjerat Sri Lanka. Akibat utang ke Cina, Sri Lanka terpaksa menjual pelabuhannya. Namun pemerintah Indonesia berulangkali meminta agar masyarakat tak perlu khawatir. Menku Sri Mulyani menegaskan pengelolaan utang Indonesia dilakukan secara hati-hati.” https://goo.gl/qeKAYa.
“Sampai saat ini, Indonesia masih memiliki pinjaman luar negeri. Per Januari 2017, utang luar negeri pemerintah Indonesia (baik bilateral maupun multilateral) tercatat Rp 728,15 triliun, naik tipis dari akhir 2016 yang sebesar Rp 728,08 triliun. Secara bilateral, Jepang, Prancis, dan Jerman masih menjadi kreditur terbesar utang Indonesia. Sementara secara multilateral, Indonesia masih meminjam dari Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia (ADB), dan Bank Pembangunan Islam (IDB).” https://goo.gl/dSqHbG.
Kesimpulan: DISINFORMASI, hutang luar negeri Indonesia tidak hanya berasal dari China.
.
(8) Klaim: “Kebetulan hampir semua mega proyek dikasihkan ke china”.
Penjelasan: “Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat Amerika Serikat masuk daftar lima besar investor yang menanamkan modal ke Indonesia sepanjang triwulan pertama 2017. Realisasi investasi Amerika menempati posisi ke empat dengan capaian US$ 587,4 juta pada periode Januari-Maret 2017. “Investasi dari Amerika cukup besar. Saya menganggap Amerika selalu menjadi minimal top 7,” kata Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong di Jakarta, Rabu, 26 April 2017.” https://goo.gl/JRbcng.
“Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis, menyampaikan Singapura merupakan investor terbesar di 2016 dengan nilai investasi US$ 9,2 miliar. Disusul Jepang di posisi ke-2 US$ 5,4 miliar, dan China di urutan ke-3 US$ 2,7 miliar.” https://goo.gl/XaZi8d.
“Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), yang dikutip detikFinance, Rabu (26/7/2017), realisasi terbesar berasal dari Singapura US$ 1,6 miliar (19,5%) dengan 3.045 proyek. Di bawahnya ada Jepang dengan US$ 1,4 miliar (17,5%) dengan 1.840 proyek dan China sebesar US$ 1,3 miliar dari total 763 proyek.” https://goo.gl/JdtMvj.
“Deputi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis, mengatakan dari realisasi tersebut Singapura menjadi negara asal investasi terbesar di Indonesia. Dengan nilai USD 1,6 miliar pada triwulan II-2017. Disusul Jepang dengan nilai USD 1,4 miliar), China dengan nilai USD 1,3 miliar, Hongkong dengan nilai USD 0,6 miliar, dan Korea Selatan dengan nilai USD 0,5 miliar.” https://goo.gl/Kbuqdw.
Kesimpulan: DISINFORMASI.
.
(9) Klaim: “Kebetulan pekerja dan bahan untuk proyek hampir seluruhnya didatangkan dri china”.
Penjelasan: “Kementerian Ketenagakerjaan mencatat jumlah tenaga kerja asing yang ada di Indonesia per November 2016 adalah 74.183 orang. Dan Cina, dengan 21.271 tenaga kerja, menjadi negara yang paling banyak mengirimkan tenaga kerjanya ke Indonesia, dan Jepang berada di posisi kedua dengan jumlah 12.490 tenaga kerja. Mereka banyak terbanyak tersebar di sektor perdagangan dan jasa. Menakertrans Hanif Dhakiri mengatakan bahwa kementeriannya pada 2016 sudah memulangkan 700 tenaga kerja asing ilegal.” https://goo.gl/D6jZv3.
“”Pada era persaingan, kita siap tidak siap, orang asing berdatangan. Dari dulu saya sudah katakan kepada para peserta (pameran), ‘Hati-hati, produk China dan Malaysia masuk banyak sekali,'” ujar Presiden Direktur PT Debindo-ITE Effi Setiabudi kepada Kompas.com, di Jakarta, Kamis (18/2/2016). Barang-barang asing yang masuk, kata Effi, bukanlah barang baru. Terlebih lagi, benda-benda ini justru diproduksi juga oleh industri lokal. Sebagai contoh, pegangan (hendel) pintu dan toilet yang diproduksi China dan Malaysia menjadi salah satu barang yang dijual di Indonesia. Tidak hanya itu, harganya pun dibanderol cukup terjangkau.” https://goo.gl/JsTQd1.
Kesimpulan: DISINFORMASI.
.
(10) Klaim: “Kebetulan pemerintah kita membebaskan VISA pada China dan sejumlah negara lainnya”.
Penjelasan: “Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli telah berkoordinasi dengan seluruh Kementerian/Lembaga terkait dan sepakat membebaskan visa bagi turis asal 84 negara lagi. Kebijakan ini dikeluarkan setelah mengevaluasi dampak positif pembebasan visa 47 negara tiga bulan lalu. “Jadi ada 84 negara baru yang dibebaskan visanya ke Tanah Air. Totalnya sudah 174 negara bebas visa,” ungkap Rizal saat ditemui dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (21/12/2015). Ia mengatakan, hampir seluruh negara sahabat memperoleh fasilitas pembebasan visa dari pemerintah Indonesia. Negara itu di antaranya Brasil, China, Australia, Eropa Timur, Ukraina, Uzbekistan, Bangladesh, Kamerun, Palestina, Uruguay, Costarica, Israel, Madagaskar, Georgia, Guetemala, Bolivia, Jamaica, dan Paraguay.” https://goo.gl/9hML9i.
Kesimpulan: DISINFORMASI, pembebasan bukan hanya untuk China.
.
(11) Klaim: “Kebetulan China dan warga asing sekarang bisa memiliki hak milik tanah dan lainnya di indonesia”.
Penjelasan: “Dalam PP ini juga dijelaskan jenis rumah tinggal yang dapat dimiliki oleh orang asing. Pertama adalah rumah tinggal di atas tanah yakni hak pakai atau hak pakai di atas hak milik yang dikuasai berdasarkan perjanjian pemberian hak pakai di atas hak milik dengan akta pejabat pembuat akta tanah. Kedua, satuan rumah susun (Sarusun) yang dibangun di atas bidang tanah hak pakai. Ada jangka waktu hak pakai bagi orang asing terhadap rumah tinggalnya, yakni selama 30 tahun dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu 20 tahun lagi. Jika jangka waktu perpanjangan berakhir, hak pakai tersebut masih bisa diperbaharui untuk jangka waktu 30 tahun ke depan. Sedangkan rumah tinggal di atas tanah hak pakai di atas hak milik yang dikuasai berdasarkan perjanjian diberikan hak pakai untuk jangka waktu tak lebih dari 30 tahun. Hak pakai dapat diperpanjang untuk jangka waktu paling lama 20 tahun sesuai kesepakatan dengan pemegang hak atas tanah, dan dapat diperbaharui untuk jangka waktu paling lama 30 tahun sesuai kesepakatan dengan pemegang hak atas tanah. “Perpanjangan dan pembaharuan sebagaimana dimaksud dilaksanakan sepanjang orang asing masih memiliki izin tinggal di Indonesia,” demikian bunyi Pasal 8 PP.” https://goo.gl/VSyoDC.
Kesimpulan: DISINFORMASI.
.
(12) Klaim: “Kebetulan Pemerintah kita sekarang membuka pendaftaran secara online kepada Warga china yng ingin jadi Warga indonesia”.
Penjelasan: “Siapa pun yang ingin mengajukan kewarganegaraan Indonesia termasuk di luar negeri kini dipermudah dengan sistem aplikasi baru yang akan diluncurkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Aplikasi ini disebut memudahkan akses pemohon dan memberi kepastian pelayanan. “Aplikasi ini tujuannya untuk menghilangkan yang manual menjadi online. Jadi selama ini kan keluhan masyarakat kita sukar mengakses harus datang ke KJRI sementara jaraknya jauh, bagi yang kawin campur (WNI dan WNA) padahal dia cuma mau ngurus keterangan permohonan untuk anaknya,” ujar Dirjen l Administrasi Hukum Umum (AHU) Freddy Harris saat berbincang, Minggu (27/11/2016).” https://goo.gl/vuVD6Z.
Kesimpulan: DISINFORMASI, aplikasi ini tidak hanya berlaku untuk warga China, melainkan seluruh WNA yang ingin menjadi WNI.
.
(13) Klaim: “Kebetulan Warga china banyak punya ktp atau SIM indonesia”.
Penjelasan: “Data Ditjen Imigrasi Kemenkumham (Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM) mencatat selama periode Oktober 2016 terjaring 2.698 WNA, sekitar 700 di antaranya melanggar aturan imigrasi antara lain overstay, tidak dapat menunjukkan paspor, penyalahgunaan izin tinggal, dan sebagainya. Sebagian besar WNA yang melanggar berasal dari China 207 orang, sementara dari Nigeria 74, India 72, Filipina 54, dan Malaysia 40 orang. Dalam kaitan penegakan hukum keimigrasian tersebut,petugas Kantor Imigrasi Surakarta menangkap seorang warga negara Korea Selatan yang melanggar aturan imigrasi. Selain menyita paspor WNA ini, petugas juga menemukan Kartu Tanda Penduduk atau KTP dan SIM domisili Tangerang milik WNA asal Korea Selatan tersebut.” https://goo.gl/Y4qddR.
Kesimpulan: DISINFORMASI, memang terjadi pelanggaran penggunaan KTP dan SIM oleh WNA. Mayoritas memang berasal dari warga China, namun ada juga WNA dari negara lain.
.
(14) Klaim: “Kebetulan banyak orang yang berani memakai baju lambang komunis”.
Penjelasan: “Saat diinterogasi, Mahisarani mengakui tidak mengetahui makna gambar tersebut. Kaus yang dipakai pemberian suaminya, Nauli, yang baru pulang dari kampung halamannya di Padang Lawas, Sumatera Utara. Baju itu dibeli suaminya di Pasar Binanga, Padang Lawas. Suaminya pun tidak mengetahui makna dari lambang palu-arit itu. “Tujuan suaminya membeli baju dimaksud hanya untuk dipakai sehari-hari di rumah,” kata Edy. Berdasarkan hasil penyelidikan kata Edy, tidak ditemukan unsur kesengajaan membeli atau memakai baju berlambang paham komunis yang menentang ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemakai baju tersebut tidak mengetahui maksud suatu gambar pada baju kaus yang dibelinya. “Ia membeli baju tersebut karena ketertarikan pada gambar masjid dan kubah pada baju kaus tersebut,” ujarnya.” https://goo.gl/NXV46A (tidak sengaja).
“Puteri Indonesia 2015, Anindya Kusuma Putri akhirnya melakukan klarifikasi terkait foto kaos palu arit PKI yang diunggahnya di Instagram. Menurut Anin, sapaan akrabnya, hal itu dilakukan tanpa maksud tertentu mendukung komunisme. Ketika berita itu heboh, Anin langsung dengan sigap menghapus foto tersebut. Pasalnya, banyak komentar negatif yang muncul sejak dirinya didaulat sebagai Puteri Indonesia 2015 baru-baru ini.” https://goo.gl/TA3kpb (tidak sengaja).
“”Untuk di NTT kita baru temukan satu orang yang memakai baju berlambangkan PKI dan langsung diamankan oleh anggota Kodim Kupang,” kata Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Heri Wiranto usai mengantar kebarangkatan Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko yang berkunjung ke NTT selama dua hari di Kupang, Kamis.
“Ia menjelaskan, saat diamankan yang bersangkutan mengaku tidak mengerti arti dari lambang palu arit tersebut. Belum diketahui identitas pria itu. Namun ia menegaskan, hal-hal yang berbau Komunis akan diberantas jika memasuki provinsi berbasis kepulauan tersebut.” https://goo.gl/j1eazQ (tidak sengaja).
“Sebelumnya, kelima mahasiswa ini diamankan oleh pihak Kodim 1501 kota Ternate. Polisi menangkap K, yang menggunakan kaos tersebut di kawasan kota Ternate Utara, kemudian polisi mengembangkan penyelidikannya hingga akhirnya menahan AF, MY, SS dan MY. Dari tangan kelimanya, aparat berhasil mengamankan delapan kaos, di mana empat kaos bergambar palu dan arit, serta buku-buku bacaan yang menjurus ke paham komunisme. Usai menjalani pemeriksaan di Kodim 1508, empat dari lima mahasiswa, serta barang bukti diserahkan ke Polres kota Ternate, guna pemeriksaan lebih lanjut. Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Zulkarnain, usai menengok tersangka di Mapolres Ternate, mengaku bahwa benar Polres Ternate mendapat penyerahan dari Kodim 1501 Ternate, terkait warga yang statusnya mahasiswa menggunakan pakaian bergambar PKI.” https://goo.gl/nLLnkZ (sengaja).
“”Kan toko kami jual kaus-kaus musik beraliran metal. Lalu, kami lihat di internet soal grup band Kreator, dari situ kami lihat cover kasetnya juga kan, lalu kami pesan kaus di Bandung untuk disablon dengan cover Kreator itu, lalu diorder. Selain kaus itu, kami juga jual kaus grup band metal luar negeri lainnya,” ujar Yosvita. Kreator merupakan band thrash metal dari Jerman yang sudah berdiri sejak 1982. Hingga kini, band yang menjadi salah satu kiblat dari musik thrash metal itu sudah memiliki 12 album. Adapun kaus yang memiliki gambar palu arit itu merupakan cover dari album tur mereka pada tahun 1990, “At The Pulse of Kapitulation”.” https://goo.gl/LXQpmh (salah persepsi).
Kesimpulan: CAMPURAN DISINFORMASI DAN FAKTA, beberapa kasus penggunaan baju berlambang komunis adalah ketidaksengajaan dan ketidaktahuan, ada yang memang sengaja mengenakan baju berlambang komunis, ada yang salah persepsi (lambang palu arit adalah bagian dari gambar dari band thrash metal).
.
(15) Klaim: “Kebetulan banyak warga china berbondong bondong menyerbu Indonesia”.
Penjelasan: “Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menilai, ada upaya sistematis yang ingin mengacaukan kondisi keamanan dalam negeri. Salah satunya dengan menyebar isu membanjirnya tenaga kerja asing asal China dan kebangkitan paham komunis di Indonesia. “Isu tentang tenaga kerja asing asal China 10 juta itu hoax. Presiden mengatakan, dari Tiongkok itu hanya 21 ribu, sangat kecil sekali,” kata Gatot saat menjadi pembicara pada seminar bertajuk ‘Meruwat Indonesia, Merawat NKRI’ di Kantor PP Muhammadiyah, Rabu (28/12/2016).” https://goo.gl/F2RgHN.
(16) Klaim: “Kebetulan waga china ilegal bisa menanam cabe dan padi berbakteri di Indonesia”.
Penjelasan: “Empat warga negara asing asal China ditangkap petugas imigrasi lantaran aksi tanam ilegal memakai paspor wisata di kampung gunung Leutik, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa-Barat. saat dilakukan penangkapan, keempat wna itu terbukti tengah menanam benih cabai beracun untuk mengganggu tanaman tanaman lain milik petani setempat.” https://goo.gl/fsqqbd.
Kesimpulan: DISINFORMASI.
(17) Klaim: “Kebetulan para aktivis yang menyuarakan kekhawatiran2 kondisi bangsa saat ini ditangkapi”.
Penjelasan: “Seolah membuktikannya, bertepatan dengan aksi doa bersama 2 Desember, Polri melalui Polda Metro Jaya menangkap 10 orang atas tuduhan pemufakatan jahat berupa rencana makar, penghinaan terhadap penguasa dan pelanggaran UU ITE. Mereka semua ditangkap di tempat berbeda. “Ada pemufakatan jahat untuk makar. Kenapa dituduhkan pasal tersebut, ini penyidikan informasi dari berbagai sumber dan jangka waktunya hampir satu bulan lebih informasi keterangan lainnya,” ujar Karopenmas Divisi Humas Polri, Kombes Rikwanto di Mabes Polri.” https://goo.gl/zLb2pJ.
“Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Komisaris Besar Rikwanto, membenarkan pihaknya menangkap dan melakukan pemeriksaan terhadap sepuluh orang. Para tersangka ditangkap atas jeratan pasal yang berbeda-beda. Intinya mereka semua diduga merencanakan sekaligus berkolaborasi melakukan makar terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo. “Delapan orang di antaranya dikenakan pasal 107 junto 110 jo pasal 87 KUHP berkaitan masalah makar,” ujar Rikwanto dalam konferensi pers di Markas Besar Polri. Sementara itu dua tersangka lain dikenakan pasal UU ITE pasal 28.” https://goo.gl/X9sDb4.
Kesimpulan: DISINFORMASI.
.
(18) Klaim: “Kebetulan situasi sekarang mirip 60an ketika orang PKI masuk jd penasehat Presiden”.
Penjelasan: “Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki melayangkan somasi kepada salah satu dosen Universitas Muhammadiyah Profesor Dr Hamka bernama Alfian Tanjung. Somasi itu terkait pernyataan Alfian bahwa Teten Masduki adalah kader Partai Komunis Indonesia ( PKI) dan sering menggelar rapat PKI di Kompleks Istana Presiden pada malam hari. Pernyataan itu viral di media sosial YouTube sejak beberapa pekan terakhir. “Saya sudah kirim somasi sejak dua minggu lalu. Kami meminta Saudara Alfian menarik ucapannya dan meminta maaf,” ujar Teten di Kompleks Istana Presiden, Selasa (24/1/2017). “Tidak benar setiap jam 20.00 WIB ada rapat PKI. Saya juga bukan kader PKI. Ini fitnah yang harus dia pertanggungjawabkan,” lanjut dia.” https://goo.gl/VrcocB
“Melalui proses hukum, Teten akan memaksa Alfian untuk membuktikan bahwa dirinya dan sejumlah nama lain merupakan kader PKI. Selain itu, Teten juga akan memaksa Alfian membuktikan pernyataannya bahwa Istana menjadi tempat rapat PKI.” https://goo.gl/J8jQ7m.
Kesimpulan: DISINFORMASI.
.
(19) Klaim: “Kebetulan sering ada berita pengibaran bendera china di sejumlah wilayah Indonesia”.
Penjelasan: “Bendera negara China sempat berkibar di pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, saat peresmian smelter PT Wanatiara Persada, Jumat (25/11/2016).
Pengibaran bendera ini diketahui oleh anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang kemudian memaksa agar bendera itu diturunkan.” https://goo.gl/JWpxsH.
“Menurut Kapolres Banyuasin, AKBP Andri Sudarmadi, polisi langsung mengecek ke areal perkantoran tersebut pada Jumat, 20 Januari 2017. Dan ternyata memang benar adanya pengibaran bendera China yang berdampingan dengan bendera Merah Putih. “Kita langsung menegur pihak perusahaan agar mengibarkan bendera China dan bendera Merah Putih harus sejajar. Jangan sampai bendera kita lebih rendah posisinya dari bendera China,” ujar dia kepada Liputan6.com, Sabtu, 21 Januari 2017.” https://goo.gl/igeU6x.
Kesimpulan: DISINFORMASI.
(20) Klaim: “Kebetulan mobil berplat asing bisa masuk Indonesia”.
Penjelasan: Sudah pernah dibahas oleh Indonesian Hoax Busters, “Kesimpulan penggunaan Nopol kendaraan asing tersebut di gunakan oleh para penyuka modifikasi mobil, bukan orang asing, dan menurut sebagian besar klaim bahwa itu Plat Nomor Tiongkok pun tidak benar, itu tulisan Kanji dan Hiragana Jepang.” https://goo.gl/iFsBgn.
Kesimoulan: DISINFORMASI.
.
(21) Klaim: “Kebetulan tiang pancang pulau reklamasi dri china yang dibredel BNN ternyata isinya Narkoba”
Penjelasan: “Badan Narkotika Nasional (BNN) menegaskan bahwa sabu dalam tiang pancang asal Tiongkok tidak terkait dengan proyek reklamasi sebagaimana disebut dalam pesan berantai yang beredar di masyarakat. “Kasus ini tidak ada kaitannya dengan proyek reklamasi Jakarta dan total barang bukti seberat enam ton yang beredar pada pesan berantai adalah salah,” ujar Kabag Humas BNN Kombes Slamet Pribadi dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Kamis (17/11/2016).” https://goo.gl/TjZhfa.
Kesimpulan: DISINFORMASI.
.
(22) Klaim: “Kebetulan Jalaludin Rahmat gembong Syiah bisa jd anggota DPR melalui PDIP”.
Penjelasan: “KH Jalaludin Rakhmat dikenal sebagai cendekiawan muslim sekaligus tokoh Syiah. Semenjak ia menduduki kusi Senayan, menjadi masalah pro dan kontra bagi sebagian kaum muslim di Indonesia yang anti-Syiah. Perjalanan karir selain pernah menjadi Dosen di UNPAD dan UIN, ia merupakan penulis buku produktif beberapa cabang ilmu, diantaranya adalah tashawuf, kandungan al-Quran dan Hadits, sosial, komunikasi, fikih, dan lain sebagainya.” https://goo.gl/riFwqp.
“Secara fikih dan akidah, saya sekarang Syiah,” kata Jalaluddin Rakhmat dalam wawancara khusus dengan wartawan BBC Indonesia, Heyder Affan, di Jakarta, di sebuah pagi pada pertengahan Juli 2013 lalu.” https://goo.gl/PRzj44.
“Refleksi dan perjalanan hidupnya itu mengilhami Kang Jalal untuk membangun jembatan ukhuwah sesama Muslim, apapun mazhabnya. Meski sejak awal berdiri Yayasan dan SMU Muthahhari yang dicurigai sebagai pelopor gerakan Syiah di Indonesia, kurikulumnya justru justru mengajarkan pemikiran seluruh mazhab dan menjadi pelopor pembaharuan metode pendidikan-pengajaran di Indonesia. “Saya tidak mengajak orang masuk Syiah. Di sini kami mengajarkan keterbukaan untuk menghargai perbedaan di antara berbagai mazhab,” jelasnya. Dan puncak dari ikhtiar Kang Jalal dalam menjembatani ukhuwah sesama kaum muslimin adalah ketika menjadi pengusung dan pencetus Majelis Ukhuwwah Sunni Syiah Indonesia (MUHSIN). Bersama pengurus pusat Dewan Masjid Indonesia, H. Daud Poliradja, Kang Jalal mendeklarasikan MUHSIN pada tanggal 20 Mei 2011 di masjid Akbar Kemayoran Jakarta.” https://goo.gl/VW3E95.
Kesimpulan: FAKTA.
.
(23) Klaim: “Kebetulan Musdah Mulia pendukung LGBT dri PDIP”.
Penjelasan: “Kedua, kata Basarah, Siti Musdah Mulia selama ini belum pernah memiliki Kartu Tanda Anggota PDI Perjuangan sehingga pernyataan-pernyataannya tidak dapat dikategorikan sebagai sikap politik PDI Perjuangan secara institusional.” https://goo.gl/MgcWoj
Kesimpulan: DISINFORMASI, Siti Musdah Mulia memang direktur eksekutif di Megawati Institute namun bukan kader PDIP.

CATATAN: 1. Tidak semua poin yang ada di atas merupakan HOAX, ada yang memang FAKTA namun ditulis dengan narasi yang “meledek” atau “menyindir.”
2. Sebagian berasal dari kabar dari beberapa tahun lalu yang kemudian diolah pada momentum saat ini. Hal itu lantaran isu PKI tengah marak diangkat di berbagai media karena bertepatan dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada tanggal 30 September 1965.

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/534590066873533/