(HOAX) WhatSapp Dikenakan Biaya Pasca Diakuisisi Facebook

SUMBER: Pertanyaan dari pengikut Halaman (Page) MAFINDO dan siaran (broadcast) Whatsapp.

NARASI: “Mulai Hari Senin besok WhatSapp akan dikenakan bayaran (biaya) karena sekarang whatsapp sdh diakuisisi oleh Facebook. Jadi kalau anda punya kontak sekurangnya 10 org, maka kirimilah mereka pesan ini. Dengan begitu kita akan melihat bahwa anda adalah pengguna yang sangat membutuhkan whatsapp ini, dan kemudian logo anda akan menjadi biru (?) dan akan tetap gratis. (Seperti berita yang dimuat dalam koran hari ini). Whatsapp akan dikenakan biaya sebesar 0.01€ per pesan (message). Kirimlah pesan ini ke 10 org. Apabila anda mengirim pesan tsb maka warna logo anda akan menjadi biru, kalau tdk setiap penggunaan whatsapp akan dikenakan biaya. Akuisisi Facebook Terhadapiji WhatsApp Rampung | bisnis | tempo.co – https://m.tempo.co/…/akuisisi-facebook-terhadap-whatsapp-ra…

PENJELASAN: (1) Hoax lama.
(2) Sudah pernah terbongkar (debunked) di grup Indonesian Hoax Busters,
Citra Pratiwi (Group Admin): “Untuk akuisisi whatsapp oleh Facebook memang benar.
Hoax nya adalah Klaim bahwa pengenaan biaya.
Justru saya dulu langganan bayar untuk whatsapp, beberapa dollars per tahun nya (tahun pertama gratis)
Setelah diakuisisi oleh Facebook malah jadi fully free alias gratis”
Like Show more reactions · 3 · February 14 at 7:46pm

REFERENSI: (1) https://goo.gl/UaJyjC, post di Indonesian Hoax Busters
(2) https://goo.gl/653c5s, “Hati-hati, beredar hoax pesan berbayar di WhatsApp
Selasa, 8 Oktober 2013 01:47
Reporter : Dwi Zain Musofa
Whatsapp. ©2012 Merdeka.com
Merdeka.com – Dikabarkan telah beredar sebuah pesan hoax yang menyatakan jika nantinya WhatsApp akan menerapkan pembayaran pada setiap pesan yang dikirim melalui aplikasi messengernya.
Seperti dilansir Softpedia (7/10), dalam pesan yang beredar beberapa hari terakhir ini menyebutkan jika mulai sabtu pagi WhatsApp akan menjadi berbayar.
Anda harus mengirim pesan ini setidaknya ke 10 kontak. Dengan cara ini kami akan melihat bahwa Anda adalah seorang pengguna valid dan logo Anda akan menjadi biru dan akan tetap bebas biaya.
Pesan ini juga menyebutkan jika Whatsapp akan mengenakan biaya 0,01 Euro (Rp 150) per pesan nantinya jika pengguna tidak mengirim pesan tersebut ke 10 kontak lainnya.
Namun pihak WhatsApp sendiri sudah melakukan klarifikasi dan menyatakan jika pesan tersebut sepenuhnya hoax. Pihak WhatsApp sendiri menyatakan jika perusahaannya akan mengubah tarif pembayaran aplikasi mereka, pasti informasi tersebut akan disampaikan melalui website resmi mereka dan media terpercaya. [dzm]”