[HOAX] “Banser NU Jatim Siap Jadi Relawan ke Myanmar”

SUMBER: (1) https://mobile.twitter.com/ustadtengku…/…/904940837536129024, sudah di-tweet ulang 133 kali ketika tangkapan layar dibuat
(2) http://news.beritaislamterbaru.org/…/allahu-akbar-peduli-ro…

NARASI: @ustadtengkuzul: “SALUT dan Mendukung Sepenuhnya Gerakan Banser NU Jawa Timur. NKRI Perlu Kesatria2 Bangsa yg Lurus dan Berani. Sayang Banyak yg Blm MELEK…”

PENJELASAN: (1) Sumber foto tweet dari situs beritaislamterpadu.org
(2) Situs tersebut mengambil dari foto acara “Peringati Hari Pancasila, Ribuan Banser Apel di Cirebon”, salahsatu situs yang memberitakan › https://daerah.sindonews.com/…/peringati-hari-pancasila-rib…
(3) Sudah kami konfirmasi langsung ke Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) selaku Ketua Umum PP GP Ansor/Panglima Tertinggi Banser NU, pernyataan dari beliau:
“Yaa nggak mungkin lah banser kayak omongannya tengku..”
“Tidak ada instruksi apapun dr Pimpinan Pusat utk kerahkan banser ikut menjadi relawan di rohingya”
“Kami punya pertimbangan dan analisa situasi terkait rohingya”
“Jadi mggak mungkin kirim2 banser ke sana”

CATATAN: (1) Akun Twitter @ustadtengkuzul BELUM TERVERIFIKASI, sikapi informasi ini DENGAN BIJAK
(2) Selain dimuat di situs-situs media TIDAK kredibel, berita “Banser NU Jatim Siap Jadi Relawan ke Myanmar” dimuat juga di situs media kredibel Okezone (https://news.okezone.com/…/peduli-rohingya-banser-jatim-sia…). Semoga bisa menjadi pertimbangan untuk koreksi.

EDIT: informasi dari rekan wartawan Jawa Pos Gunawan Sutanto: “Saya Gunawan jurnalis Jawa Pos. Kebetulan saya yang menulis beberapa artikel di rubrik hoax atau bukan di Jawa Pos. Nah, untuk informasi ini sepertinya Okezone tidak salah mas. Karena mereka menulis soal persiapan pengiriman relawan. Sekedar persiapan saja. Saya tadi sdh kontak Gus Yaqut juga, beliau mengatakan memang tdk ada rencana pemberangkatan relawan. Tp yang diberitakan Okezone benar adanya. Itu waktu ada acara di PWNU Jatim. Saya sdh kontak Gus Abid, satkorwil banser Jatim. Beliau mengatakan yang memberikan statemen memang mengatakan demikian. Siap dengan relawan jika dibutuhkan. Trm ksh”
“Saya tadi kontak Gus Abid, Satkorwil Banser Jatim mengatakan berita okezone itu tidak keliru mas. Memang saat ada acara di PWNU itu ada statemen soal persiapan relawan, tp semuanya menunggu petunjuk dari pusat. Dan Gus Yaqut sendiri telah menegaskan tidak ada pemberangkatan relawan.”
Mohon maaf kepada Okezone atas kurang telitinya kami. Terima kasih.