(DISINFORMASI+FITNAH) Foto Munas Partai Hanura ada Ahok

Sumber: Media Sosial

(https://www.facebook.com/alto.luger?hc_location=group_dialog)*

Narasi:

Di foto ini pada acara Munas Partai Hanura beberapa hari yang lalu di Bali. Perhatikan di foto ini yang paling kiri pasti ada yang kenal? Hmmmm luar biasa.

Penjelasan:

Foto tersebut bukanlah foto pada Munas Partai Hanura beberapa waktu lalu di Bali. Foto tersebut diambil dari portal daring Republika pada berita tertanggal 22 Februari 2017. Foto itu digunakan untuk menyebarkan kabar bahwa Basuki Tjahaja Purnama bebas berkeliaran pasca putusan penahanan di Mako Brimob.

Pada berita tertanggal 22 Februari 2017 itu berisi tentang berita foto kegiatan Presiden Joko Widodo dalam acara Pelantikan Pengurus Partai Hanura. Jadi, foto itu tidak ada hubungannya dengan Munas Partai Hanura di Bali.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka klaim isu Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok hadir di Munas Partai Hanura tidak tepat. Dengan demikian, kabar tersebut masuk kategori disinformasi dan fitnah kepada Ahok.

Referensi:

http://www.republika.co.id/berita/inpicture/nasional-inpicture/17/02/22/ols7of375-presiden-jokowi-hadiri-pelantikan-pengurus-hanura