(HOAX): Nikah Gratis di Hotel Trans Bandung

Beredar sebuah pesan berantai melalui WhatsApp, BBM, Facebook juga jejaring sosial yang lain terkait “NIKAH GRATIS DI HOTEL TRANS BANDUNG”. Berikut isi daripada pesan berantai tersebut yang beredar di facebook :

Fanspage Asma Nadia 8 Maret 2017

NIKAH GRATIS DI HOTEL TRANS BANDUNG
Tgl 25 Nopember 2017
Untuk 300 pasang pengantin
Fasilitas : Mas Kawin, R?Rias Pengantin, B?Biaya Pendaftaran Nikah ke KUA,Uang Saku, Jamuan Hidangan Rp. 700.000/porsi.
Semua biaya ditanggung oleh Tabarru dr Kuwait.
Bagi yg berminat segera daftar ke Masjid Trans Studio, Jl. Gatot Subroto Bdg, dg membawa Fotocopy KTP & KK, hubungi Bpk H. Maman (tolong sebarkan, barangkali ada sanak saudara /tetangga yg membutuhkannya) Jazakumulloh khoiron katsiron

Sumber: https://mobile.facebook.com/AsmaNadia.Penulis/posts/10158414881080422?_rdc=1&_rdr

Tertanggal 16 Juni 2017 Akun atas nama Kang Uya mengirim postingan di group Sumedang Tandang :

NIKAH GRATIS DI HOTEL TRANS BANDUNG
25 November 2017
Untuk 300 pasang peng,antin
Fasilitas :
Mas Kawin,
Rias Pengantin,
Biaya Pendaftaran Nikah ke KUA:
Uang Saku,
Jamuan Hidangan
Semua biaya ditanggung oleh Tabarru dr Kuwait.
Bagi yg blm punya pasangan akan d sediakan.
Bagi yg berminat segera daftar ke Masjid Trans Studio, Jl. Gatot Subroto Bdg, dg membawa Fotocopy KTP & KK, hubungi Bpk H. A Harinto
(tolong sebarkan, barangkali ada sanak saudara /tetangga yg membutuhkannya) Jazakumulloh khoiron katsiron
Cc:
@+62 858-0333-3237
@+62 811-1555-175
@+62 822-5056-9648
Siapa tau bermanfaat

Sumber: https://mobile.facebook.com/groups/58405867126?view=permalink&id=10154384159332127&_rdc=1&_rdr

Untuk postingan Asma Nadia CP Bpk H. Maman dan Untuk postingan kiriman Kang Uya CP Bpk H. A Harinto Lengkap dengan nomor telfon.

Menanggapi pesan berantai tersebut, berikut beberapa klarifikasinya :

Assalamualaikum Wr. Wb.
Bismillahirrahmanirrahim.
Sehubungan dengan beredarnya informasi WA Blast dan di medsos lain tentang NIKAH MASSAL GRATIS Tanggal 25 November 2017, kami atas nama Yayasan Baitul Al-Khairiyah (Penyelenggara), MUI Kota Bandung, dan DKM Masjid Agung TSB pada hari Senin, 27 Maret 2017 telah mengkaji dan menyikapi berita tersebut. Kami menyatakan bahwa informasi tesebut adalah HOAX, dan bukan informasi resmi dari kami. Kami nyatakan acara tersebut baru dalam proses pembahasan yang harus dimusyawarahkan dengan pihak-phak terkait. Kami belum menentukan waktu, biaya, dan sebagainya. Kami mohon kepada masyarakat untuk mengabaikan dan tidak menyebarkan berita tersebut sebelum ada informasi resmi dari kami. Demikian klarifikasi disampaikan. Wassalamualaikum Wr. Wb.
Bandung, 27 Maret 2017.
– YAYASAN BAITUL AL-KHAIRIYAH
– MUI KOTA BANDUNG
– DKM MASJID AGUNG TSB

Sumber: http://www.masjidagungtransstudiobandung.com/…/klarifikasi…/

Fanspage Masjid Agung Trans Studio Bandung tertanggal 17 Juni 2017 memberikan klarifikasi yang juga melampirkan capture foto sebuah surat kabar Sekilas Bandung

[PERHATIAN]
.
Bismillahirrahmanirrahiim
.
Sehubungan dengan menyebar kembali berita tentang nikah masal yang diadakan DKM dan Yayasan Bait Al Khairiyah, perlu kami klarifikasi bahwa acara tersebut dibatalkan oleh penyelenggara yaitu Yayasan Bait Al Khairiyah.
.
Adapun berita yang sudah tersebar adalah hoax karena banyak kebohongan dalam info tersebut.
.
Dan kami mohon kepada sahabat dan jama’ah Masjid Agung TSB untuk tidak lagi menyebar luaskan berita tersebut.
.
Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Sumber :
https://mobile.facebook.com/story.php…

Berikut saya tulis ulang beberapa point tulisan dari capture foto surat kabar Sekilas Bandung tersebut

BANDUNG – Atas sesuatu dan lain hal, acara nikah massal yang diselenggarakan Yayasan Baitul Al Khariyah, ditiadakan hingga ada pemberitahuan lebih lanjut. Semula, acara akan digelar 25 November 2017 di Masjid Agung Trans Studio Bandung. Kepastian itu diungkapkan Ketua Yayasan Baitul Al Khariyah, Nadya Bawazir, di Masjid Trans Studio, Jumat (12/5/2017). Dengan sanga terpaksa, kami nyatakan kegiatan itu ditiadakan dan mohon maaf kepada berbagai pihak yang merasa kurang berkenan. Kami tegasln bahwa dalam rencana kegiatjn itu, kami tak pernah menjanjikan soal hidangan makanan yang nilainya mencapai Rp 700.000 per porsi seperti yang beredar di medsos,” ujar Nadya. Hal senada diungkapkan Ketua DKM Masjid Agung TSB Nazarudin. “Kami mohon kepada warga untuk mengabaikan soal undangan nikah massal gratis ini. Jangan menyebarkan berita di medsos sebelum ada informasi resmi dari kami.”

KESIMPULAN:
HOAX Sebagaimana klarifikasi diatas bahwa pesan berantai terkait NIKAH MASSAL GRATIS Tanggal 25 November 2017 bukan merupakan informasi resmi dari pihak terkait. Disebutkan, Yayasan Baitul Al-Khairiyah (Penyelenggara), MUI Kota Bandung, dan DKM Masjid Agung TSB pada hari Senin, 27 Maret 2017 telah mengkaji dan menyikapi berita tersebut dan menyatakan bahwa informasi tesebut adalah HOAX. Soal hidangan makanan yang nilainya mencapai Rp 700.000 per porsi seperti yang beredar juga tidak benar.

Pesan Ketua DKM Masjid Agung TSB Nazarudin. “Warga dimohon untuk mengabaikan soal undangan nikah massal gratis tersebut. Jangan menyebarkan berita di medsos sebelum ada informasi resmi dari pihak yang bersangkutan.

 

REFERENSI:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/496652474000626/