(FRAMING) Pernyataan Afi Inayah Perihal Kitab Suci

Sumber: Media Sosial

(https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10213399723650199&set=a.4035833616873.2175935.1312691216&type=3&fref=gs&dti=177295885936288&hc_location=group)

Narasi:

Postingan foto tangkapan layar pernyataan Asa Firda Inayah (Afi Inayah) disertai narasi berikut:

Kalau gitu apa yang mutlak dek Afi? Kemana iman mu? Use your common sense please

cuma setan yang benci dalil

Ya Allah, lindungi kami dari paham KW yang merusak akidah… Allahumma aaamiinn

Penjelasan:

Tangkapan layar pernyataan Afi Inayah tidak menyertakan keseluruhan komentarnya. Ada bagian yang terpotong sehingga memunculkan makna berbeda. Berikut kutipan transkrip pada menit 44.03 dari video acara diskusi bersama Afi Inayah di Fisipol UGM:

[…]Pertama, saya mengapresiasi bahwa ada orang yang memberikan feedback baik pro ataupun kontra. Berarti kan tujuan saya untuk menulis tercapai. Karena apa, di akhir tulisan saya telah, telah menulis kita tidak harus berpikiran sama, tapi marilah kita sama-sama berpikir. dan ada orang yang mikir berarti tujuan saya tercapai.

Dan Gilang itu, kak Gilang itu, dia menulis, dia menulis dari sudut pandang satu agama. jadi, dia self proclaiming. Islam adalah agama yang paling benar karena dikatakan dalam Alquran bahwa Islam adalah agama yang paling benar karena dikatakan dalam alquran bahwa Islam adalah agama yang paling benar karena dikatakan dalam Alquran. Itu namanya logical fallacy circular reasonly, adalah kecacatan logika. Kristen adalah agama yang paling benar karena dikatakan di injil bahwa Kristen adalah agama yang paling benar karena dikatakan di Injil bahwa Kristen adalah agama yang paling benar. itu muter terus.

Nah saya berusaha, itulah yang berusaha saya gali dalam tulisan yang berjudul warisan. Iya memang kita menganut suatu kepercayaan, pasti menganggap itu benar, pasti menganggap bahwa kebenaran kitab suci itu tak terbantahkan. Ya kalau bahasa saya sih, jangan jawab pakai dalil. Karena nanti agama Budha juga bisa jawab pakai dalil, agama Islam juga bisa jawab pakai dalil. Tapi kan saya menulisnya secara universal, yang bisa dipahami oleh semua agama, gitu. Itu sih yang saya tanggapi dari tulisan kak Gilang.[…]

Berdasarkan kutipan transkrip tersebut terlihat ada bagian yang dipotong oleh akun Gilang Kazuya Shimura. Pemotongan itu merupakan framing yang dilakukan akun Gilang sehingga apa yang hendak disampaikan Afi tidak tersampaikan seluruhnya. Dengan demikian, postingan Gilang tersebut masuk kategori framing.

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/477077322624808/

https://www.youtube.com/watch?v=JXpGz382gGM&feature=youtu.be