(HOAX) Lowongan Pekerjaan di PT Badak LNG

Sumber: Media Sosial

(https://www.facebook.com/PTBadak/?fref=ts)

Narasi:

Postingan foto lowongan pekerjaan di PT Badak LNG. Lowongan pekerjaan itu meliputi bagian pemasaran, trading, dan CS. Adapun, tingkatan lowongan itu mulai dari tingkatan dari SMK/SMA hingga S1. Dalam postingan itu dikatakan bahwa untuk melamar pekerjaan tersebut harus mengirimkan berkasnya ke domain ptbadakngl.com

Penjelasan:

Foto lowongan pekerjaan itu merupakan informasi palsu. Sebab, informasi itu berasal dari Fanpage palsu. Fanpage PT Badak LNG resmi bernama Badak LNG – Maju Bersama Masyarakat (@badaking.id).

Lalu, laman yang dicantumkan dalam informasi lowongan itu, yakni ptbadakngl.com adalah domain palsu. Domain PT Badak LNG adalah badaking.co.id.

Saat ini, lowongan yang dibuka di PT Badak LNG tidak ada bagian pemasaran, trading, dan customer service. Untuk tingkat pendidikan, PT Badak LNG hanya membuka lowongan untuk tingkat Diploma (D3) dan Sarjana (S1) dengan lowongan management trainee.

Adapun, ketika PT Badak LNG memberikan informasi lowongan tidak melalui akun Fanpage-nya. Biasanya, informasi lowongan melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Bontang dan koran lokal. Dan terakhir, PT Badak LNG tidak pernah membuka lowongan untuk tingkat SMA/K sederajat.

Berdasarkan penjelasan itu, maka dapat dipastikan informasi lowongan tersebut adalah hoax. Informasi lowongan kerja palsu sering menjadi modus penipuan. Untuk itu, kiranya bagi pencari kerja harus berhati-hati dalam mencari pekerjaan.

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/475815696084304/

https://www.facebook.com/pg/badaklng.id/posts/?ref=page_internal

http://www.badaklng.co.id/