(HOAX) Pesan Berantai Lowongan Pekerjaan Sebagai Guru Baca Tulis Al Quran

Sumber: Pesan Berantai

Narasi:

DIBUTUHKAN SEGERA

50 GURU BACA TULIS AL-QURAN

Syarat-syarat:

  1. Lulusan Madrasah Aliyah;
  2. Laki-laki usia 25-35 tahun;
  3. Mahir membaca dan menulis teks al-Quran;
  4. Bersedia ditempatkan di desa-desa tertinggal di Propinsi Lampung;
  5. Lulus seleksi baca tulis al-Quran.

Fasilitas:

  1. Honor per bulan Rp 6.000.000,00 – Rp 7.000.000,00 bergantung pada jarak desa dari ibu kota kecamatan;
  2. Tempat tinggal di rumah kepala desa tempat bertugas;
  3. Transport p.p. dari tempat asal ke tempat tugas dijamin.

Barangkali ada sanak sdr yang berminat dan memenuhi syarat silakan mendaftar di Kanwil Kemenag Propinsi Lampung, Jalan A. Yani No. 22 Teluk Betung.

Contact person: Tb. H. Rifqi, Lc. (085 799 321 000)

Bantu share ya… siapa tau ada saudara kita yg membutuhkan info ini.

Penjelasan:

Beredar pesan berisikan informasi lowongan untuk posisi guru baca tulis Al Quran. Dalam pesan itu berisikan informasi yang detil, mulai dari prasyaratnya hingga narahubung. Meski begitu, Kementerian Agama Republik Indonesia Kantor Wilayah Provinsi Lampung membantah kabar tersebut.

Informasi tersebut telah ditelusuri oleh pihak Kementerian Agama. Mulai dari alamat hingga narahubungnya adalah palsu. Berikut kutipan beritanya:

[…]Kementerian Agama Republik Indonesia Kantor Wilayah Provinsi Lampung membantah adanya ikaln kebutuhan tenaga pengajar baca dan tulis Alquran sebanyak 50 orang yang ramai beredar di Whatsaap (WA).

Dalam surat edarannya Melalui Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Lampung menjelaskan, berita tersebut tidaklah benar, dimana alamat kantor yang tertulis dalam pengumuman itu, Jalan A. Yani No 22 Telukbetung adalah salah. Kantor Kanwil Kemeterian Agama Provinsi Lampung yang benar beralamatkan di Jalan Cut Mutia No 27 Telukbetung, Bandar Lampung.

Nama dan kontak person tertulis H. Rifqi, LC, Bahwa nama tersebut bukan aparat sipil negara (ASN) Kementrian Agama Provinsi Lampung.

Kanwil Kemenag juga menghibau kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan berita dan informasi yang menyesatkan. Untuk mendapat informasi dan berita yang akurat, warga dapat langsung menghubungi nomor telepon 0721-481533 atau bisa langsung cek ke website Kanwil Kemenag Provinsi Lampung www.lampung.kemenag.go.id.[…]

Berdasarkan penjelasan dan kutipan berita itu, maka pesan berantai tersebut masuk ke dalam kategori hoax. Agar tidak terjebak dengan pesan berantai lowongan pekerjaan seperti ini, ada baiknya melakukan pengumpulan informasi terlebih dahulu sebelum mengirimkan lamaran.

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/459131451086062/

http://www.jejamo.com/ramai-pengumuman-lowongan-50-guru-baca-tulis-al-quran-kemenag-lampung-hoak.html