[DISINFORMASI] Video Jokowi Diolok-Olok Di Arab Saudi

Sumber : Media Sosial

Narasi :

Penjelasan & Fakta :

Sebuah postingan dari akun facebook Rizal Muhammad yang menyatakan Presiden Indonesia di “bully” di Arab Saudi baik itu di media massa setempat atau media sosial. Jumlah like mencapai 2,3 K dan 4,9 K share.

Dan dia menginformasikan bahwa menerima video tersebut dari Whatsapp. Kemudian postingan tersebut di share juga ke salah satu grup facebook dan juga langsung mendapat ratusan Like & Share, mungkin postingan video di dalam akun tersebut juga bertebaran di linimasa.

Bahwa untuk video tersebut benar adanya dimana Presiden Joko Widodo menyampaikan hal itu ketika mengunjungi Pondok Pesantren Buntet Cirebon Jawa Barat
Link :
https://youtu.be/QPUM7xtY0zs

Belum ditemukan bahwa video tersebut jadi topik pemberitaan negatif dimedia massa Arab Saudi. Sebagai bahan refrensi saya lampirkan link portal berita yang cukup terkenal di Arab Saudi.

http://www.arabnews.com/

http://okaz.com.sa/

http://www.aljazeera.com/

Dari tiga media tersebut, tidak ditemukan video tersebut menjadi pemberitaaan negatif. Barang kali ada rekan disini yang menemukan berita pemberitaan negatif tentang video tersebut bisa dishare. Tentu saya harap sumber linknya dari media setempat yang cukup kredibel juga. Jangan pakai sumber blogspot,wordpress,etc

Setelah menelusuri akun IG King Salman, yang dimana foto Presiden Joko Widodo memayungi King Salman.

Sumber link :

https://www.instagram.com/p/BRGzDRaBcQB/

5. Video tersebut memang viral tapi sejauh pencarian saya dari kemarin viraln tentang pemberitaan negatifnya di Indonesia

Sumber link :

http://islammushola.blogspot.co.id/…/memalukan-video-jokowi…

http://www.portal-islam.id/…/memalukan-video-jokowi-ngeluh-…

http://www.mediabangsaku.com/…/malu-maluin-keluhan-jokowi-p…

http://portalislam24jam.blogspot.co.id/…/keluhan-presiden-j…

6. Hampir semua situs di atas (poin 5) bahwa Presiden Joko Widodo mengeluh dan menjadi pemberitaan negatif di media asing. Namun situs situs tersebut merujuk dari pemberitaan dari situs The Star online.

Sumber link :

http://www.thestar.com.my/…/jokowi-i-held-up-umbrella-for-…/

7. Seperti yang kita tahu bahwa The Star Online itu bukan lah media barat melainkan media Malaysia dan saya tidak menemukan berita mengarah penggiringan opini negatif didalamnya.

https://en.m.wikipedia.org/wiki/The_Star_(Malaysia)

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/457475641251643/

About Levy Nasution 298 Articles
Journalist, traveller