[KLARIFIKASI] Video Narasi Disertai Potongan Foto Ahli Sosiologi Selo Soemardjan di Video Berjudul ‘RAMALAN AKHIR KASUS AHOK….’

Sumber : Media Sosial

Narasi :

Penjelasan & Fakta :

Berikut klarifikasi dari keluarga Prof Dr Selo Soemardjan ;

Saya selaku menantu almarhum Prof Dr Selo Soemardjan ingin menginformasikan kepada masyarakat tentang tayangan video hoaks di Youtube yang memuat gambar Selo Soemardjan, sosiolog, mengenakan pakaian tradisional Jawa dan seolah tengah mengemukalam suatu prediksi. Ayah mertua saya sudah lama meninggal, tidak mungkin terkait dengan kegaduhan masa kini.

Video tersebut disertai catatan berjudul “Ramalan Akhir Kasus Ahok Menurut Bapak Sosiologis Indonesia Akan Jadi Begini” dengan uraian yang katanya sosiologis metafisis dan menghasilkan dua skenario pokok. Katanya lagi, ini dipublikasikan melalui Google oleh TV rakyat, tertanggal 14 Februari 2017, dengan viewers di atas 40.000, dan dinyatakan tidak bisa dikomentari. Isinya provokatif berbau agama

Tayangan video di atas ini diikuti tayangan lain, memuat sebagian besar dari kalimat-kalimat pada tayangan di atas, yang seakan dikemukakan oleh seorang tua yang duduk di atas kursi roda dan memegang sebuah buku. Tidak jelas siapa orang itu, tetapi bukan wajah Pak Selo.

Saya tidak tahu apa niat dan tujuan pembuat kedua tayangan di atas. Hanya saja, karena hal ini dapat memengaruhi cara berpikir orang banyak, dan terutama membawa-bawa nama baik mertua saya – tanpa seizin dan sepengetahuan keluarga besar almarhum – saya hendak mengungkapkan beberapa hal berikut ini

Pak Selo tidak mungkin menyatakan hal-hal yang diutarakan di atas karena beliau telah lama meninggal. Kami tidak rela nama beliau dikait-kaitkan dengan kegaduhan yang kini tengah berlangsung di negeri kita.

Kalaupun beliau masih hidup, sebagai seorang ilmuwan sosial yang sangat berhati-hati, beliau tidak akan bersedia secara terbuka mengungkapkan “analisis metafisis” (entah apa maksudnya) dan “prediksi” seperti di atas. Suatu hal yang dapat memperuncing kehidupan bersama dan memancing kegaduhan yang pasti tidak beliau inginkan.

Almarhum adalah orang yang sangat mencintai negeri ini dan tidak ingin melihat bangsa Indonesia terpecah belah.

Saya, atas nama keluarga besar Selo Soemardjan, tidak akan mempersoalkan ulah pembuat kedua tayangan di atas, siapa pun dia. Akan tetapi, saya berharap pembuatnya menyadari sepenuhnya konsekuensi dari memuat hoaks yang telah mencemarkan nama baik seseorang yang telah berpulang menemui Tuhan Yang Mahakuasa.

ZAINOEL B BIRAN
Psikolog Sosial, Pensiunan PNS, Jalan Kebumen,
Menteng, Jakarta Pusat

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/434825130183361/

About Levy Nasution 310 Articles
Journalist, traveller