(HOAX): Ibu Iriana Dapat Kalung dari Raja Salman dan Diserahkan ke KPK

Berbarengan dengan kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia, muncul isu mengenai pemberian cendera mata untuk Ibu Negara Iriana Jokowi.

 

Kemunculan isu ini bermula dari sebuah posting video di YouTube berjudul ‘Ini Kalung2 Berlian Pemberian Raja Salman ke Ibu Iriana Jokowi yang Diserahkan ke KPK, Benarkah?’. Video berdurasi 1 menit 8 detik itu menggambarkan kotak-kotak berisi kalung perhiasan. Kamera yang bergerak di dalam video itu juga menunjukkan penampakan karung-karung berwarna putih.

Meski menyertakan tanda tanya di dalam judul, video ini ramai diperbincangkan. Artikel sebuah situs yang merujuk pada video tersebut juga kemudian ramai di-share melalui media sosial.

 

Pada video yang telah ditonton lebih 11.000 kali itu, tampak berbagai macam perhiasan berbentuk kalung berlian, beragam bungkusan yang ditutup kain keemasan, botol-botol kristal dan belasan panci yang sudah dililit pita. Terdengar ramai pula pembicaraan dalam bahasa yang bukan Bahasa Indonesia.

 

Menanggapi informasi tersebut, Sekretaris Kabinet Pramono Anung membantah kabar istri Presiden Joko Widodo, Iriana, telah menerima hadiah kalung dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. Ia mengatakan tidak ada pemberian seperti itu.

 

“Saya kebetulan mengikuti semua acara (Raja Salman) yang berlangsung. Tidak ada itu (pemberian kalung ke Iriana). Tidak pernah ada,” ujar Pramono saat dicegat di kompleks Istana Kepresidenan, Senin, 6 Maret 2017, menjawab kabar yang marak di media sosial mengenai Raja Salman telah memberikan hadiah kalung berlian kepada Iriana Jokowi.

 

Pramono sudah mendengar mengenai isu pemberian cendera mata itu. Bahkan, menurut Pramono, ada isu serupa yang berembus sebelum Raja Salman tiba di Indonesia pada 1 Maret 2017.

“Hal itu sudah beredar sebelum Raja mendarat. Jadi kami tidak tahu itu. Tapi yang jelas bahwa ketika semua acara yang berlangsung kebetulan semua saya mengikuti, tidak ada itu. Tidak pernah ada. Memang Presiden Jokowi tidak pernah mentradisikan hal tersebut,” ungkap Pramono.

 

Hal senada disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Ia menyatakan tidak ada pertukaran hadiah bernilai besar antara Presiden Joko Widodo dan Raja Salman. Yang ada, kata Pratikno, hanyalah pemberian cendera mata dari Presiden Joko Widodo kepada Raja Salman berupa foto.

 

REFERENSI :

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/431311227201418/

https://news.detik.com/berita/3439385/isu-pemberian-cendera-mata-berlian-dari-raja-salman-untuk-iriana

http://www.bbc.com/indonesia/trensosial-39190815

https://nasional.tempo.co/read/852980/istana-bantah-iriana-jokowi-terima-kalung-dari-raja-salman