(HOAX): Situs KPU diretas Hacker

Memasuki masa penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 membuat pasokan berita hoax seolah menemui ‘tema’ baru. Seperti belakangan terjadi, melalui pesan berantai situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) dikabarkan diretas.

Sejumlah pesan berantai muncul melalui aplikasi pesan instan WhatsApp dan media sosial yang menyebutkan bahwa situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) diserang oleh hacker. Setelah ditelusuri kabar itu ternyata berita palsu atau hoax.

Seperti postingan salah satu pengguna facebook ini yang menyebutkan bahwa situs KPU telah diretas oleh hacker yang berbasis di Australia.

(FAKTANYA):

Setelah melakukan penelusuran, yang diklaim sebagai IP address KPU itu adalah salah. 103.21.22.225 itu adalah IP address milik perusahaan Fiber Vision Networks di Australia. Bukan milik KPU.

Harry Sufehmi, salah satu konsultan IT KPU dari Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusilkom) UI, membantah fitnah yang menyebut situs KPU dijebol oleh hacker China, sehingga suara ahok menjadi naik.

“Faktanya adalah yang sah secara hukum adalah perhitungan (rekapitulasi suara) manual. Website KPU hanya sarana untuk menampilkan informasi. Bukan alat hitung suara yang sah secara hukum,” jelasnya, kepada CNNIndonesia.com.

Dia menambahkan sejauh ini sama sekali tidak ada indikasi hacking oleh hacker China, yang ditampilkan di posting pesan berantai sejauh ini justru IP address di Amerika, dan cuma tampilan tanpa makna, bukan bukti hacking.

Saat ini yang menjadi concern pihaknya adalah bagaimana membuat situs KPU bisa diakses oleh pengunjung untuk mendapatkan informasi akurat tentang hasil rekapitulasi suara Pilkada serentak 2017.

“Sejak tengah malam sih situs KPU sudah cepat, pageload kisaran 3 detik saat ini lagi agak lambat, karena ada beberapa server yang overload karena ramai. Kami sedang melakukan tindakan, mudah-mudahan beberapa menit lagi sudah ada hasilnya,” tandasnya.

CNNIndonesia.com mencoba meminta komentar dari komisioner KPU Ferry Kurnia dan Hadar Gumay, namun belum mendapatkan respon.

 

 

REFERENSI:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/421885024810705/

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170216143806-185-193996/situs-kpu-diretas-hacker-itu-hoax

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170217091826-185-194162/ahli-keamanan-it-tidak-ada-indikasi-situs-kpu-diretas