[HOAX] KH Maimoen Zubair Doakan yang Tidak Baik untuk Ahok

SUMBER: Media Sosial

NARASI:
“DOA SYAKHINA KH. MAIMOEN ZUBAIR UNTUK AHOK SI PENISTA ALQURAN AHOK LAKNAT”

PENJELASAN:
Setelah diminta klarifikasi kepada orang terdekat KH Maimoen Zubair atau Cucu Beliau. Ternyata selebaran tesebut adalah hoax. Berikut klarifikasinya:

“Sejak dua hari yang lalu ada beberap inbok yang mempertanyakan validitas doa laknatan untuk Ahok yang katanya dari Mbah Moen, apa benar? Saya jawab, “Setidaknya acara di Semarang itu ada dua kontroversial, sama-sama mengaku sumbernya Mbah Moen dan sama-sama juga menyebut Habib Luthfi bin Yahya sebagai saksinya. Yakni doa seperti di atas dan statemen/tulisan yang dialamatkan ke Gusti Nuril Arifin tentang nasab Mbah Moen yang sangat keliru.”

Lalu saya menjelaskan apa adanya, karena malam itu ada kabar bahwa acara tersebut live di TVRI. Hanya saja saya dapat kabar terlambat saat jam tayang sudah berakhir. Sedangkan dokumentasi yang saya punya hanya Ceramah Abah Habib Luthfi bin Yahya (bisa dilihat di YouTube Syaoroni As-Samfuriy New) dan penampilan Habib Bidin Assegaf. Doa Mbah Moen dan Mbah Munif tidak punya.

PENJELASAN:
Pertama, doa Mbah Moen di atas tidak benar. Sumber klarifikasi: Gusa Najih Ramadhan, Mbah Wali Kanthongumur, dll. Kedua, belum ada kabar lebih lanjut. Hanya dari pihak Santri Sarang yang sudah membantah tulisan itu. Namun dari pihak Gus Nur Muril belum dapat kabar terbarunya. Saya pantengin terus dari santri-santri Gus Nuril seperti Qobol Mania, Saleh Tegal, Sukma Adi, dll, namun belum ada klarifikasi.

Entah siapa yang pertamakali menyebarkan dan membuat doa ini, yang pasti dua contoh dalam screenshoot hanyalah lanjutan dari pihak pertama yang telah membuat hoax. Semoga jadi pelajaran berharga buat kita semua. Sekian dan mohon maaf.

RFERENSI:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1831870880400676&id=100007333444605

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/420085801657294/