(DISINFORMASI+FITNAH) Al Quran Dirobek Saat Sidang Ahok

Sumber: Media Sosial

Narasi:

Akun Twitter @hokWni_KW mencuitkan sebuah foto compile dari tiga foto dengan sebuah narasi. Berikut narasinya:

Al Quran disobek2 dibuang di jln saat sidang ahok…yang mungutin sampe nangis..

#JumatBarokah

Penjelasan:

Foto yang diklaim akun @hokWni_KW sebagai kejadian perobekan Al Quran saat sidang kasus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terdiri dari tiga foto yang dijadikan satu. Pertama, foto truk berwarna merah membuang robekan kertas dan dua orang perempuan berjilbab memunguti robekan kertas tersebut. Kedua, foto perempuan berjilbab memunguti kertas di jalan raya. Dan, ketiga, foto robekan kertas tersebut ternyata bagian dari Al Quran.

Setelah melakukan penelusuran, ternyata foto tersebut tidak terjadi saat sidang kasus Ahok berjalan. Bahkan, foto tersebut tidak terjadi di Indonesia bagian manapun. Foto tersebut terjadi di Malaysia.

Hal itu diketahui dari akun Fanpage Facebook Converts to Islam. Pada postingan tertanggal 27 Juni 2016, akun Fanpage tersebut memposting tiga buah foto yang sama dengan cuitan akun @hokWni_KW. Hanya saja, dalam foto postingan Fanpage Converts to Islam tidak di-compile dan tetap terpisah tiga. Selain itu, pada postingan tersebut disertai narasi yang menyatakan bahwa peristiwa perobekan Al Quran saat bulan Ramadan di Malaysia. Berikut kutipan narasinya:

[…]This happened in Malaysia, a Quran shredded in piece in this blessed month of Ramadan. These three women have travelled hundreds of metres to pick up piece by piece.

May Allah guide whoever did it and reward these young ladies. #Aameen[…]

Bila dibandingkan dengan cuitan @hokWni_KW, dapat secara jelas terlihat bahwa postingan foto Fanpage Converts to Islam adalah foto aslinya. Sebab, foto itu terbagi tiga dan tidak digabung menjadi satu. Selain itu, tanggal postingannya bulan Juni, sedangkan sidang kasus Ahok di bulan Januari 2017.

Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa cuitan @hokWni_KW adalah pemelintiran kejadian yang terjadi di Malaysia dan fitnah kepada pendukung Ahok. Adapun, berdasarkan penjelasan tersebut, maka cuitan akun @hokWni_KW termasuk kategori disinformasi dan fitnah.

Referensi:

https://www.facebook.com/Islamforallhumanity/posts/1036837989686471

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/400975260235015/