[KLARIFIKASI] GAMBAR ANAK ALLEPO TERLANTAR

SUMBER : MEDIA SOSIAL

NARASI :

Beredar gambar seorang anak tengah bersandar di pembatas jalan dengan klaim terjadi di Aleppo, Suriah. Gambar itu telah dibagikan 27 ribu kali.

https://web.facebook.com/photo.php…

PENJELASAN :

Tidak, gambar itu sudah dimanipulasi (diedit). Gambar asli menunjukkan bahwa anak tersebut berada di tengah jalan sambil bersandar pada pembatas jalan, dari arah berlawanan nampak beberapa motor yang kemungkinan berada di negara Asia Tenggara. Lokasi foto tidak jelas berada di negara mana, motor yang tampil dalam foto tidak terlihat flat nomor kendaraan. Foto asli sudah ada setidaknya sejak tahun 2014, klaim bahwa foto itu menunjukan anak Aleppo adalah hoax dan gambar tersebut sudah dimanipulasi (diedit).

Foto anak tersebut banyak beredar di media sosial sejak tahun 2014 sebagai ajakan kepada orang-orang agar lebih bersyukur atas apa yang kita punya. Anak tersebut adalah salah satu contoh begitu banyaknya saudara kita yang nasibnya kurang beruntung.

https://thecautiousmom.com/2014/01/24/we-help-the-helpless/

https://twitter.com/akun_KEPO/status/534677821633748994

Ketika terjadi konflik kemanusian hingga banyak jatuh korban jiwa, kita sebagai manusia yang memiliki hati nurani merasa peduli akan nasib mereka, seharusnya berbuat kebaikan bukannya menyebarkan kebohongan. Atas nama apapun tidak dibenarkan menyebar kebohongan, berani jujur dimulai dengan tidak menciptakan ataupun menyebarkan informasi palsu di media sosial.

Kebohongan tidak akan membuat manusia menjadi lebih mulia, sebaliknya dia akan terhina. Jangan mudah percaya dengan informasi apapun yang Anda lihat di media sosial, selalu tabayyun. Jika tidak mampu tabayyun lebih baik diam, karena selemah-lemahnya tabayyun adalah diam.

NB: Informasi ini jangan dijadikan senjata untuk saling menyerang pihak tertentu. Kami tidak rela jika apa yang kita lakukan murni memberantas hoax dimanfaatkan untuk saling menyerang dan menjatuhkan. Damailah Indonesiaku!

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/390672234598651/