(DISINFORMASI) Foto Presiden dan Wakil Presiden Berlatar Bendera Merah

Sumber: Media Sosial

Media Sosial:

(https://mobile.facebook.com/pangbespeta10112015/posts/1821462778130131?_rdr)*

(https://www.facebook.com/suryo.prabowo.18/posts/10209751869131703)

(https://www.facebook.com/linda.soemadi/posts/1312492525438281)

(https://www.facebook.com/rizal.elbochari/posts/1349083315104762)

Narasi:

Narasi terbagi menjadi empat jenis. Berikut kutipan narasinya:

Narasi 1:

Ada apa ini semua,kok foto presiden Republik Indonesia di sebelah kanan kok bukan bendera merah putih tapi hanya bendera warnah merah saja. Tolong semua kantor pemerintah di cek hingga tingkat desa. Si Asing terus bermain main melalui antek-anteknya untuk adu domba sesama anak bangsa.

Kepada seluruh bangsa indonesia coba cek di kantor atau di wilayah jika menemukan kejanggalan di gambar RI 1 DAN RI 2. SEGERA AMBIL LANGKAH Bendera yg seharusnya merah putih tp cuma warna merah,sdh byk di temukan di kantor pemerintahan baik kecamatan maupun diintasi lainnya.terimakasih atas perhatiannya demi utk NKRI yg ttp UTUH.

Ttd

Panglima besar peta

Narasi 2:

Warna Bendera RI cuma MERAH ?

Tolong bantu dicek lagi teman !

Bila ditempat kerja, atau di ruang kelas anda masih terpasang foto presiden dan wapres yang latar belakangnya cuma berwarna merah. Supaya DICOPOT dan diganti dengan foto yang benar. Yaitu foto presiden dan wapres dengan latar belskang bendera MERAH PUTIH.

Ingat, negara kita masih INDONESIA

Ini link thn 2014 http://mobile.seruu.com/…/foto-resmi-presiden-jokowi-mulai-…

Narasi 3:

Kepada seluruh kawan sebangsa dan setanah air Indonesia. Mohon segera di cek di kantor atau di wilayah kalian jika menemukan kejanggalan di gambar RI 1 DAN RI 2.

SEGERA AMBIL LANGKAH, Turunkan foto tersebut…!!!

Bendera Indonesia kita, seharusnya berwarna merah putih tapi ini cuma warna merah..?

Bendera negara mana itu… ?!!

Ingat, ini sudah banyak di temukan di kantor pemerintahan baik kecamatan, kelurahan maupun diinstansi lainnya.

Terima kasih atas perhatiannya, gerakan demi untuk NKRI tetap UTUH.

*tak lelah mencintai Indonesia.

#save_NKRI.

Narasi 4:

Photo Presiden dan Wapres RI berlatar bendera MERAH … bukan MERAH PUTIH..

emang presiden n wapres Negara MERAH yg nyusup di sini..?

SIAPA KALIAN SEBENARNYA .???

ENTAHLAH YUANG…

Penjelasan:

Klaim dari keempat akun media sosial itu sama, yakni foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan latar bendera berwarna merah, bukan merah putih. Adapun, melalui penelusuran anggota Forum Anti Fitnah Hasut dan Hoax, Wid, diketahui bahwa foto yang dipakai dalam klaim postingan keempatnya adalam foto dari pemberitaan Detiknews tahun 2014.

Pada pemberitaan Detik tersebut, memberitakan bahwa para pedagang di Pasar Baru membuat foto Presiden dan Wakil Presiden sendiri untuk memenuhi permintaan di masyarakat yang membludak. Fatur Rahman, seorang pedagang pigura di Pasar Baru lantai dasar, mengatakan, terpaksa menjual foto buatan sendiri dan tidak menunggu rilis dari Istana Negara lantaran permintaan masyarakat. Berikut kutipan beritanya:

[…]Istana Negara belum merilis foto Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla untuk dipasang-pasang di tembok kantor-kantor. Namun, permintaan masyarakat akan foto presiden Indonesia yang baru itu begitu besar. Akibatnya, pedagang pun berkreasi dengan memproduksi sendiri.

Tingginya permintaan akan foto resmi itu diungkapkan oleh Fatur Rahman, seorang pedagang pigura di Pasar Baru lantai dasar, Jakarta Pusat. Dia mengaku kewalahan melayani pesanan.

Fatur terpaksa membuat sendiri foto Presiden dan Wapres dengan cara mengedit foto yang diambil dari internet lalu mencetaknya.

Istana Negara belum merilis foto Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla untuk dipasang-pasang di tembok kantor-kantor. Namun, permintaan masyarakat akan foto presiden Indonesia yang baru itu begitu besar. Akibatnya, pedagang pun berkreasi dengan memproduksi sendiri.

Tingginya permintaan akan foto resmi itu diungkapkan oleh Fatur Rahman, seorang pedagang pigura di Pasar Baru lantai dasar, Jakarta Pusat. Dia mengaku kewalahan melayani pesanan.

Fatur terpaksa membuat sendiri foto Presiden dan Wapres dengan cara mengedit foto yang diambil dari internet lalu mencetaknya.[…]

Berdasarkan pemberitaan tersebut, dapat diketahui bahwa foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan latar bendera merah bukanlah foto resmi yang dikeluarkan oleh Istana Negara saat itu, yakni tahun 2014. Dengan demikian, isu latar foto Presiden dan Wakil Presiden dengan bendera merah itu merupakan isu lama yang dimunculkan kembali. Dari hasil penelusuran tersebut, maka kabar yang diangkat oleh kelima akun media sosial itu masuk ke dalam kategori disinformasi.

Referensi:

https://www.merdeka.com/peristiwa/belum-ada-foto-resmi-presiden-jokowi-pedagang-cetak-sendiri.html

https://news.detik.com/berita/2727617/permintaan-foto-presiden-jokowi-membeludak-pedagang-di-pasar-baru-kewalahan

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/389346128064595/

*Catatan: postingan sudah tidak dapat dibuka.