(HOAX) Gambar Salib Pada Barang Bantuan Bencana

Sumber: Media Sosial

(https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1140961642689258&id=100003263007720)*

Narasi:

Akun Facebook atas nama Yasir Al-faizi memposting beberapa foto dengan narasi sebagai berikut:

hati hati, dan Harus teliti menerima segala bentuk bantuan korban gempa. Kami mendapatkan gambar salib di handuk bantuan yg di edarkan.

Penjelasan:

Simbol yang diklaim sebagai tanda salib sebenarnya adalah simbol gender laki-laki dan perempuan. Simbol tersebut biasa digunakan sebagai penanda laki-laki dan perempuan dalam bidang keilmuan ilmiah, khususnya biologi.

Kedua simbol itu mengambil dari ilmu astrologi dan mitologi Yunani Kuno. Lambang tanda panah ke atas (♂) mengacu kepada planet mars yang diidentikan dengan maskulinitas. Sedangkan, lambang lingkaran dengan tanda palang atau silang di bawah (♀) mengacu kepada planet venus yang diidentikan dengan feminitas. Berikut penjelasan lebih lanjut dari portal Intisari Grid:

[…]Simbol laki-laki, lingkaran dan tanda panah (♂), dihubungkan dengan maskulinitas. Misalnya, aktivitas berburu dengan membawa tombak pada manusia kuno. Sedangkan gambar lingkaran dengan tanda silang di bawahnya (♀) merujuk pada perempuan yang senang bercermin. Hal ini menunjukkan bahwa kedua simbol ini memang sudah lama digunakan untuk mewakili laki-laki dan perempuan.

Dalam bidang astrologi, simbol (♂) menunjuk planet Mars dan simbol (♀) menunjuk planet Venus. Dalam mitologi Romawi Kuno, tanda lingkaran dengan panah melekat di sekitar posisi jam dua ♂ merupakan lambang dari Mars atau dewa Ares, sang Dewa Perang. Jelas, ini menunjukkan maskulinitas, sesuatu yang juga pernah dihubungkan sejarahwan Denys Lombard dengan “machoisme zaman”. Wajarlah jika kemudian di era sekarang simbol ini ditujukan pada kaum laki-laki.

Adapun lingkaran dengan tanda silang menempel di bagian bawah (♀) berarti perlambang Venus, atau dalam mitologi Yunani disebut Dewi Aphrodite. Artinya, dewi cinta dan kecantikan, serta simbol kewanitaan. Tak heran jika kemudian simbol ini dilekatkan pada kaum hawa.[…]

Bila mengacu kepada foto yang diposting oleh Yasir Al-faizi, maka simbol gender itu digunakan untuk membedakan mana barang yang diperuntukkan untuk laki-laki dan mana untuk perempuan. Dengan demikian, klaim Yasir mengenai ada tanda salib dalam sumbangan tersebut tidaklah benar. Klaim akun Yasir tersebut dikategorikan sebagai kabar hoax.

Referensi:

http://intisari.grid.id/Techno/Science/Ihwal-Muasal-Simbol-Gender

http://www.todayifoundout.com/index.php/2015/05/origin-male-female-symbols/

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Gender_symbol

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/389063044759570/