[FITNAH] Turn Back Hoax Tukang Nyebar Fitnah

SUMBER: Postingan akun Facebook Irfan Noviandana yang telah dihapus

NARASI:

“Turn Back Hoax, tukang nyebar hoax.

Ini satu pelakunya ketangkep.

Pak Hidayat Nurwahid disebarkan sholat berjamaah dengan imam syiah di Iran. Padahal setelah di teliti pola pixelnya pada bagian leher yang saya cropping fix editan.

Silahkan japri ke Agan Harahap kalo gak percaya. Ini editan anak ingusan buat sy sebagai konsultan desain komunikasi visual kek gini ibaratnya sambil merem juga udah keliatan editanya.

Ada dua pesan dalam postingan saya disini
Pertama waspadai orang2 yang menggunakan gambar Turn Back Hoax karena saya temukan mereka juga penyebar hoax, mereka pasang foto2 begitu membangun image seolah mereka anti hoax.”

PENJELASAN:
Gerakan TurnBackHoax (TBH) jangan berharap bisa berjalan mulus tanpa ada penentangan. Kali ini untuk mendemonisasi gerakan TurnBackHoax, maka Irfan melakukan gerakan unik, yaitu berburu mereka yang menggunakan twibbon TurnBackHoax atau PP-nya TurnBackHoax, dan berharap mendapatkan hoax dari mereka.

Dengan harapan “mulia”, justru yang mengusung gerakan TBH-lah yang menyebarkan hoax. Seolah kalau ada yang mendukung gerakan TBH, tapi dia ketahuan menyebar hoax, kemudian gerakan TBH menjadi invalid. Ini adalah logika lucu dan unik dari Irfan. Karena kekeliruan pendukung gerakan TBH, tidak akan mematikan spirit dari TBH itu sendiri, bahkan kita akan dengan senang hati mengingatkan kekeliruan itu.

Kemudian berburulah Irfan, dan dia merasa sangat menang, karena mendapat hasil buruan yang ia inginkan. Yaitu akun dengan PP bertwibbon TBH, mbak Suci, yang membuat status tentang Pimpinan MPR yang sholat di belakang Imam Syiah, yaitu ketua Parlemen Iran, Ali Larijani. Termasuk ada Ustadz HNW disana.

Menganggap tidak mungkin seorang HNW bermakmum kepada seorang Syi’ah, maka Irfan menulis status (yang tampaknya kemudian dihapus/dihide):


Jadi Ustadz Irfan ini menuduh:
1. Foto tersebut editan, dengan mantap mengatakan fix editan, bahkan meminta untuk japri ke Agan Harahap.

Dan menganggapnya editan anak ingusan.

Apalagi Irfan mengaku sebagai konsultan desain komunikasi visual. Yang dengan merem saja sudah kelihatan editannya.

(Saya kurang paham punya kekuatan supersaiya apa sih Syaikh Irfan ini sehingga bisa melihat editan orang hanya dengan merem saja)

2. Menuduh yang menyebarkan foto tersebut adalah penyebar hoax. Bahkan membuat judul, “Turn Back Hoax, tukang nyebar hoax.”

Fakta yang ada:
1. Pimpinan MPR memang berkunjung ke Iran 5 Des 2016, termasuk Zulfikli Hasan dan HNW.

2. Foto tersebut bukan editan, ada beberapa foto dari angle lain, termasuk foto HNW dengan Larijani dalam aktivitas yang lain.

3. Sepengetahuan saya HNW termasuk yang menilai bahwa ajaran Syi’ah adalah menyimpang, sebagaimana pandangan banyak kelompok Sunni lainnya terhadap Syi’ah.

4. Sedangkan hukum sholat berjama’ah di belakang Imam Syi’ah, itu perkara khilafiyah, ada yang menyebutkan tetap sah, selama tidak nampak kekafiran yang nyata dari yang bersangkutan.

Kesimpulan:
1. Syaikh Irfan telah memfitnah Mbak Suci dan juga gerakan TurnBackHoax sebagai penyebar hoax. Yang ketangkep basah adalah Irfan sendiri, bukan orang lain.

2. Setelah tuduhan Irfan terbukti fitnah/hoax, apakah Irfan bersedia minta maaf terhadap mbak Suci ataupun gerakan TurnBackHoax?

3. Postingan Irfan sepertinya dihapus/dihide, tanpa berusaha memberi klarifikasi. Padahal saya lihat sebelumnya sudah dishare, dan dilike oleh beberapa orang. Akhlaq apa yang ingin engkau tunjukkan wahai Ustadz Irfan?

Apakah Anda sudah merasa aman dari murka Allah SWT dengan begitu mudahnya memfitnah orang lain (yang juga muslim)?

REFERENSI:
1. http://www.tribunnews.com/…/ketua-mpr-ri-dan-parlemen-iran-…
2. http://www.rumahfiqih.com/x.php…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/385080918491116/