[DISINFORMASI] Rela Berkorban demi Jihad Goban

SUMBER: Perrtanyaan dari pengikut FAFHH

NARASI:
@PARODIPOLITIK Mikir Loe ?
Munarman Panglima ISIS Indonesia RELA BERKORBAN DEMI JIHAD GOBAN
SEGAGAH GABAN BAYARAN GOBAN

Front Pencari Goban
Laskar Goban Indonesia

GOBAN = 50 RIBU

PENJELASAN:
Meme foto Juru Bicara (Jubir) Front Pembela Islam (FPI) Munarman membagikan amplop yang berisi uang dengan narasi rela berkorban demi jihad goban adalah penggeseran informasi. Karena menurut Munarman pembagian uang tersebut bukan untuk membayar para peserta aksi pada Jumat (4/11/2016).

“Jadi yang dibagi duit itu bukan hari Jumat itu hari Sabtu, itu orang-orang yang ketinggalan rombongan, yang kececer,” kata Munarman, Kamis (17/11/2016).

Meski begitu, Munarman menjelaskan pembagian uang itu terjadi satu hari paska aksi. Ia mengaku mendapat kabar ada rombongan yang tercecer dan tidak bisa pulang.

“Mereka itu kehabisan ongkos, terus ketinggalan sama rombongannya. Terus salah kalau saya bantu? Salah kalau mereka dikasih makan? Saya tentu merasa tanggung jawab dong,” tutur Munarman.

Munarman pun menegaskan, tudingan demo bayaran itu sangat tidak berdasar. Dirinya meminta pihak-pihak yang menuduhkan itu untuk membuktikan tuduhan itu.

“Sekarang begini, misalnya katakanlah jumlah massa 1 juta, terus saya kasih satu orang Rp 500 ribu, berarti semuanya Rp 500 miliar, kaya banget berarti yah? logikanya nggak masuk itu orang,” tegasnya.

REFERENSI:
1. https://news.detik.com/berita/d-3347967/foto-bagi-bagi-uang-ke-pendemo-viral-di-medsos-ini-kata-munarman
2. https://nasional.tempo.co/read/817936/beri-uang-ke-demonstran-fpi-untuk-transpor-yang-tertinggal

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/385238695142005/