(HOAX) Year End Fun Walk Lippo Karawaci Terkait Aksi Tandingan 411

Sumber: Media Sosial

(https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10209641838461005&set=a.10206870547300458.1073741826.1180308793&type=3&theater)

Narasi:

Akun Facebook atas nama Suryo Prabowo memposting sebuah foto dokumen dengan kop surat RS Siloam disertai narasi. Berikut narasinya:

Udah MAKIN JELAS kan ?

Tidak hanya rakyat, …..

TNI, Polri, Satpam, PNS, Ormas, Parpol plat merah, Karyawan dan keluarganya, perusahaan, bahkan Rumah Sakit pun DIPAKSA REPOT karena DIWAJIBKAN oleh penguasa untuk ngikut Aksi 412.

Bahkan rakyat yang sedang berolahraga bersama keluarga pun ditunggani untuk menggandakan jumlah peserta Aksi 412 agar terlihat masif.

Ada yang tau maksudnya gak ya ?

Penjelasan:

Akun Facebook atas nama Suryo Prabowo mengklaim bahwa acara yang diadakan oleh RS Siloam merupakan bagian dari aksi KitaIndonesia atau Parade Kebudayaan, yang diklaim sebagai aksi tandingan dari aksi 4 November 2016 yang diinisiasi oleh sekelompok ormas Islam. Nyatanya, hal tersebut tidaklah benar.

Grup Rumah Sakit Siloam membantah bahwa acara Year End Fun Walk Lippo Karawaci yang akan diadakan saat Car Free Day merupakan bagian dari aksi KitaIndonesia. Humas Group Siloam Hospital, Heppi Nurfianto, mengatakan, acara tersebut tidak ada kaitannya dengan KitaIndonesia. Sebab, acara yang diadakan oleh Siloam merupakan bagian dari Lippo Grup dan jalan sehat diadakan mulai dari Plaza Semanggi hingga Bundaran HI. Berikut kutipan beritanya:

[…]Grup Rumah Sakit Siloam membantah bila kegiatan seluruh karyawan dan unit di RS Siloam di acara Year End Fun Walk Lippo Karawaci yang diadakan di kawasan Car Free Day kawasan Semanggi menuju Bundaran Hotel Indonesia dikaitkan untuk menggalang massa di aksi KitaIndonesia atau Parade Kebudayaan, Ahad (4/12) besok.

Humas Group Siloam Hospital, Heppi Nurfianto mengatakan acara Year End Fun Walk Lippo Karawaci bersama karyawan RS Siloam itu tidak ada kaitannya dengan acara KitaIndonesia atau Parade Kebudayaan. “Acara kita tidak ada kaitannya dengan yang di Bundaran HI,” kata dia kepada Republika.co.id, Sabtu (3/12).

Terkait memo internal, ia tidak menampik memang itu diperuntukkan bagi karyawan Lippo Grup. Tapi ia menegaskan acaranya berbeda dan terpisah, yang diselenggarakan oleh Siloam Hospital itu terkait dengan grup Lippo. “Acara kami Lippo Grup mulai dari Plaza Semanggi menuju Bundaran HI, tapi gak sampai Bundaran HI,” ujarnya.

Acara yang akan digelar nanti hanya Fun Walk biasa dari Semanggi kurang lebih dua kilometer, dan Siloam Hospital hanya bagian dari Lippo Grup yang ikut dalam acara nanti. Jadi ia menegaskan acara Lippo Grup di mana Siloam menjadi bagian di dalamnya, tidak ada kaitannya dengan acara KitaIndonesia atau Parade Kebudayaan yang digelar di kawasan Sudirman Thamrin.

Dalam surat internal memo Siloam Hospitals Group yang beredar di media sosial termuat undangan bagi seluruh karyawan kantor pusat dan unit-unitnya untuk mengikuti acara Year End Fun Walk Lippo Karawaci, pada Ahad (4/12) pagi dengan rute Semanggi-Bundaran HI. Peserta diminta untuk mengenakan pakaian atasan berwarna putih.[…]

Berdasarkan kutipan berita itu maka jelas bahwa acara YearEnd Fun Walk Lippo Karawaci tidak terkait dengan aksi KitaIndonesia yang dikatakan sebagai aksi tandingan 411. Dengan demikian, kabar yang disebarkan oleh akun Suryo Prabowo tersebu adalah hoax.

Referensi:

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/12/03/ohlvpx383-siloam-grup-bantah-fun-walk-lippo-dikaitkan-dengan-aksi-412

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/383121355353739/