[HOAX] Foto Makhluk Yang Menyerupai Manusia Tikus Raksasa, Akibat Durhaka Kepada Orang Tua

Sumber : Media Sosial

Penjelasan & Fakta :

Foto yang disebarkan sebagai bahan Hoax sebenarnya adalah sebuah karya patung “Leather Landscape” oleh seniman seni rupa, Patricia Piccinini pada tahun 2003.

Sepertinya ini kedua kalinya karya dari Patricia Piccinini dijadikan bahan hoax karena karya sebelumnya yang menyerupai Human-Dog yang beranak pernah menjadi viral dengan narasi yang sama. Penulis juga menemukan situs, yaitu http://hoaxes.org/weblog/comments/cursed_by_allah/P30 yang menjelaskan bahwa koran ataupun situs berita berbahasa Arab memberitakan bahwa sosok makhluk yang menyerupai manusia tikus raksasa ini adalah seorang perempuan yang durhaka pada ibunya dengan melempari Quran bahkan kabar tersebut berkembang menjadi seorang perempuan yang dikutuk oleh Allah karena menendang Quran.

Menanggapi hoax tersebut, Patricia Piccinini sebagai pembuatnya merasa terganggu sebab karya yang dibuatnya sama sekali tidak terkait dengan hal-hal yang relijius dan merasa dirugikan oleh pelaku yang telah menyebarkan karyanya ini menjadi hoax.

Referensi : http://www.patriciapiccinini.net/282/56

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/379474939051714/

 

About Levy Nasution 300 Articles
Journalist, traveller