[HOAX] Foto “Aksi 19 November” di Bundaran Hotel Indonesia

Sumber : Media Sosial

Narasi :

 

Penjelasan & Fakta :

Foto yang ada di tangkapan layar sebelah atas adalah foto kampanye Partai PDIP tahun 1999, seperti terdapat dari sumber media daring detik.com.

Dikutip dari detik.com, Jangan terjebak pada jumlah massa kampanye. Sebab, 10 orang dengan 10.000 orang nilainya sama di depan lensa.

Kalau jumlah massa ribuan, maka akan lebih mudah memotret karena gambar yang dihasilkan padat dan terdapat kesan kolosal. Anda dapat memotret overview/suasana dari sudut atas menggunakan lensa lebar. Sehingga gambar yang dihasilkan sangat menarik saat ribuan massa bercampur dengan ribuan atribut atau bernyanyi dangdut bersama-sama.

Sementara kalau peserta kampanye sedikit, dapat memotret detailnya saja. Juga bermain ekpresi, mengeksplor siluet, memadukan foreground/background atau mencampur dengan simbol/atribut kampanye.

Persitiwa sesungguhnya yang terjadi pada 19 November adalah Parade Bhinneka Tunggal Ika di Silang Monas, Jakarta Pusat, tidak hanya ramai oleh ribuan massa yang hadir. Aksi damai ini ditutup dengan arak-arakan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (19/11/2016), barisan pembawa bendera Merah-Putih raksasa mengawali parade tersebut. Di belakangnya terdapat kelompok ondel-ondel diiringi permainan angklung dari Jawa Barat.

Dalam aksi damai ini, panitia mengimbau melalui pengeras suara agar tidak merusak taman dan tidak membuang sampah sembarangan. Pawai yang seharusnya mempunyai rute Silang Monas – HI berubah ke Silang Monas – Tugu Tani – Silang Monas karena imbauan kepolisian.

Referensi : https://inet.detik.com/fotostop-tips-dan-trik/d-2527494/6-tips-jitu-hunting-foto-kampanye-parpol

https://news.detik.com/berita/d-3349217/reog-ondel-ondel-dan-barongsai-ramaikan-parade-bhinneka-tunggal-ika

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/375958522736689/

 

About Levy Nasution 385 Articles
Journalist, traveller